Berbagai Manfaat Bawang Merah Yang Perlu Kamu Ketahui

Asalasah ~ Bawang menjadi primadona di dapur, digunakan di seluruh dapur dunia sehingga di akui secara  internasional. Bawang merah terkenal sebagai salah satu bumbu yang digunakan untuk membuat masakan menjadi lebih enak. Biasanya sih diiris tipis-tipis lalu dicampurkan ke dalam makanan yang sedang dimasak atau digoreng kering pun tetap saja nikmat.


Kalau biasanya bawang merah dikupas terlebih dahulu baru diolah, nah sekarang kamu nggak perlu melakukan hal itu lagi karena ternyata kulit bawang mengandung senyawa yang sudah terbukti memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan manusia.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Vanesa Benitez, peneliti dari Departemen Kimia Pertanian Univeritas Madrid, Spanyol, seperti dikutip dari Times of India, Minggu (10/5), bawang merah mengandung senyawa sulfur dan fructan, sedangkan kulitnya kaya akan serat, terutama serat yang sulit larut, serta senyawa fenolik seperti quertecin, flavonoid serta  metabolit lain yang memiliki sifat sebagai antibiotik, bahkan di dua lapisan terluar dari kulit bawang.

Seperti diketahui, tubuh kita sangat memerlukan serat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, keluhan gastrointestinal, kanker usus, diabetes tipe dua, dan juga obesitas.

Senyawa fenolik sendiri, menurut Benitez, sangat ampuh untuk mencegah penyakit jantung koroner, serta sifatnya yang sebagai antikarsinogenik menunjukkan bahwa kulit bawang merah mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Kalau begitu mulai sekarang jangan buang kulit bawangnya ya?. 

Asalasah | Sumber: http://www.brilio.net/life/manfaatnya-segudang-mulai-sekarang-jangan-buang-percuma-kulit-bawang-manfaat-kulit-bawang-150510h.html