Lebih 400 Pengungsi Rohingya Diselamatkan Nelayan Aceh

Asalasah ~ BANDA ACEH: Setidaknya 430 migran Rohingya dari Myammar termasuk 70 anak-anak dan bayi diselamatkan nelayan lokal di luar pantai Aceh awal Kamis pagi.

Tim penyelamat dan kelompok nelayan yang bertindak atas dasar perikemanusiaan itu membantu warga asing yang dipecah menjadi dua kelompok.
http://asalasah.blogspot.com/2015/05/lebih-400-pengungsi-rohingya.html

Juru bicara agensi pencari dan penyelamat, Khairul Nova mengatakan, kelompok pertama sebanyak 102 orang dibawa ke pantai sekitar pukul 2 pagi (waktu setempat) dan dikirim ke sebuah desa di timur daerah Aceh dan beberapa jam kemudian kelompok berikutnya dibawa ke pelabuhan di timur Aceh.

AFP melaporkan, perahu kayu hijau dinaiki pendatang asing itu adalah perahu yang hilang sejak beberapa hari setelah diusir dari perairan Thailand.

"Kapal tersebut terapung, mesinnya rusak menyebabkan nelayan yang menemukan kapal tersebut merasa kasihan kepada mereka. Kebanyakan dari mereka terlihat sakit, mengalami gejala kekurangan air dan makanan, "kata salah seorang penyelamat, Sadikin.

Seorang nelayan, Teuku Nyak Idrus yang membantu dalam upaya penyelamatan pengungsi Rohingya itu mengatakan, banyak korban dalam kondisi sekarat.

"Banyak yang sakit, bahkan ada yang mengklaim beberapa teman mereka mati akibat kelaparan," ujarnya kepada AFP.

Usaha penyelamatan dilakukan setelah menteri luar dari Malaysia, Thailand dan Indonesia yang bertemu di Kuala Lumpur untuk membahas krisis pendatang asing di Asia Tenggara memutuskan untuk mengulurkan bantuan kepada warga mereka  uyang terombang ambing dtengah laut.

Ribuan imigran Rohingya Islam dari Myammar yang melarikan diri dari penganiayaan disanan dan imigran dari Bangladesh yang mencoba keluar dari kemiskinan tiba di Aceh sejak beberapa hari setelah ditinggalkan oleh penyelundup perdagangan manusia.

Mereka adalah bagian dari ribuan migran yang berhasil samapi ke Indonesia, Malaysia dan Thailand setelah ditipu oleh penyelundup akibat gangguan di jalur biasa perdagangan manusia

Asalasah | Sumber: http://www.mstar.com.my/berita/berita-dunia/2015/05/22/nelayan-aceh-selamat-rohingya/