Warga Australia Bangun Rumah Anti Badai Untuk Masyarakat Fiji

Asalasah ~  Seorang warga Australia, Peter Drysdale membangun sebanyak 164 buah rumah yang mampu menahan badai di daerah luar kota kedua terbesar di Fiji, Lautoka.

Desa yang dikenal sebagai Koroipita atau desa Peter itu dibangun khusus untuk penduduk miskin di negara tersebut. Mr Drydale menetap di negara tersebut lebih 20 tahun dan bekerja di bidang kehutanan melihat rumah tahan badai sebagai solusi untuk masalah utama masyarakat daerah itu.



"Data menunjukkan bahwa Fiji memiliki sekitar 110.000 warga yang menetap di rumah kumuh dan harga rumah semakin meningkat ketika rumah mereka dihntam badai," ujarnya.

Katanya, setiap rumah memiliki dua bagian yang dipisahkan dengan sandi angin yaitu berisi dua kamar tidur dan satu bagian lagi berisi dapur, kamar mandi dan toilet.

"Dua bagian rumah ini dibangun dengan kekuatan menahan angin kuat. Saya bukan insinyur tetapi saya sudah melalui sebanyak 22 kali badai di sini.

"Rumah yang saya bangun ini mampu menahan angin 350kph," ujarnya. Setiap rumah berharga $ 12.000 dan telah dibangun dalam lima hari. ejauh ini sebanyak 780 penduduk tinggal di 164 rumah tersebut.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.mstar.com.my/berita/berita-dunia/2015/05/05/rumah-tahan-ribut/