Manfaat Biji Kurma dan Cara mengolahnya

Asalasah ~ Ramadhan Al Mubarak sudah tiba, Subhanallah bulan mulia untuk semua umat Islam. Ironisnya bulan Ramadan akan dikaitkan dengan makanan baik untuk berbuka puasa yaitu KURMA atau TAMAR. Kurma merupakan buah ajaib, kecil ukurannya namun jika dikonsumsi secara konsisten setiap hari, itu adalah makanan terbaik buat kita umat manusia. Kaya dengan Glukosa karena itu ia amat sempurna untuk tenaga berkepanjangan sepanjang hari. Biji kurma sangat banyak khasiatnya, untuk kulit dan juga bisa dibuat minuman seperti kopi.

Jika Anda makan kurma, jangan langsung membuang bijinya. Simpan dan kumpul.

Cara mengolah biji kurma:

  1. Cuci biji kurma dan tos kering
  2. Taburkan di atas nampan atau penutup panci dan jemurkan seharian
  3. Goreng biji kurma tanpa menggunakan minyak, goreng sampai hangus pastikan biji kurma hitam legam, jika sudah begitu  biji kurma akan mengeluarkan bau harum dan sangat wangi persis biji kopi!
  4. Tumbuk dengan batu lesung atau digiling dengan menggunakan gilingan (jangan takut terlempar bijinya karena tekstur biji kurma sudah garing dan tidak keras)
  5. Simpan di dalam botol kaca dan dapat digunakan dengan jangka yang lama

Manfaat Biji Kurma

1) Sebagai minuman penganti kopi, warnanya tidak segelap kopi tapi rasanya seperti akan kopi. Ini memberi energi baik pada peminum

2) Sahabat baik saya, ia menggunakan bubuk biji kopi untuk membuat bumbu daging dicampur dengan berbagai bumbu dan Subhanallah rendaman daging amat sangat lembut

3) Digunakan sebagai body scrub. Gabungan scrub biji kurma dengan #pevoo dan #madu akan membuat kulit tubuh Anda selembut baby !. Natural? yes and safe!

4) Jika Anda mengalami masalah rambut rontok yang serius dan kronis sehingga menyebabkan Anda BOTAK !!! maka inilah natural way atau cara alami untuk mengaktifkan sel kulit kepala yang sudah mati. Praktek menyapu biji kurma dicampur dengan Minyak Zaitun Ramallah Extra Virgin PEVOO, maka hasilnya adalah TERBAIK.

Penggunaan secara konsisten setiap hari sebelum tidur ا ن شآ ء الله akan membuat sel kulit kepala yang bermasalah kembali sehat dan anak anak rambut kembali keluar dengan sehat !!!

~ Masya Allah, tidaklah ALLAH SWT menyebut sesuatu yang baik di dalam AL QURAN jika tidak mendatangkan kebaikan dan barakah pada semua Umat Manusia

~ Apa yang penting, YAKIN, TAWAKAL dan ISTIQOMAH

~ Live and Love Sunnah 
Dari Buku Islamic Medicine The Key To A Better Life hasil tulisan dan penelitian Yusuf Al Hajj Ahmad membicarakan secara rinci tentang KURMA - 
 
Asalasah | Sumber: safurara.com