Nama-Nama Buah Kurma Yang Paling Populer di Dunia

Asalasah ~ Pohon kurma atau kurma dan nama ilmiah disebut Phoenix dactylifera adalah sejenis pohon palma dalam genus Phoenix . Pohon kurma dibudidayakan secara besar-besaran untuk mendapatkan buahnya . Ini adalah pohon berukuran sedang, tinggi 15-25 meter, sering terakumulasi dengan beberapa pohon dari suatu sistem akar tunggal, tetapi juga sering tumbuh secara tunggal. Daunnya adalah menyirip , panjang 3-5 m, dengan duri di petiol dan memiliki sekitar 150 daun kecil ; dedaunan kecilnya sepanjang 30 cm dan selebar 2 cm. Bidang penuh pada silara berkisar dari 6 sampai ke 10 m. Nama buah kurma yang paling dikenal di dunia.
Nama buah kurma yang paling dikenal di dunia. Ada tidak kurang 1.400 jenis kurma di seluruh dunia, Di Arab Saudi saja ada sekitar 400 jenis, belum lagi di Mesir, Irak, Iran, Tunisia, Pakistan dan California dan tempat lainnya.
jenis-jenis-buah-kurma Dibawah ini adalah nama buah kurma yang paling yang terpilih, terkenal dan diminati oleh para penggemar kurma: -
Kurma Ajwa (KURMA NABI) Kurma Ajwa merupakan yang paling dikaguminya dan merupakan kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Hanya tumbuh di tanah Madinah (Saudi Arabia), warna hitam, tekstur lembut, tidak manis dan cita rasanya mirip kismis.
KURMA SEKKI Ada dua warna, atas kekuning-kuningan sedang bawah kecoklatan, bagian yang kuning lebih keras, yang cokelat lebih empuk serta kenyal, rasanya manis sedang.
KURMA barhi Warna coklat cerah, manis sedang, tekstur lembut seperti durian, ada sedikit rasa caramel
KURMA KORLAS Warna cokelat terang keemasan mirip kurma barhi, hanya saja ada citarasa coffee caramel, tekstur empuk rasa manis sedang.
KURMA KHIDRI Warna maron gelap lebih kering, kenyal, tidak terlalu manis paling banyak diproduksi, biasa digunakan bahan dasar olahan kurma, mulai dari kurma isi almond, orange, hingga campuran cokelat.
KURMA MACTOUMI Warna sedikit hitam kemerahan, permukaan agak keriput, kenyal, rasa manis,
KURMA SOKARI Tekstur kenyal lembut tapi ada juga jenis yang keras, paling disukai di Arab Saudi, sedikit kering dan manis.
KURMA silase Warna cokelat kemerahan bentuk lonjong, tekstur lembut rasa manis sedang
KURMA MAJOL Warna cokelat sangat manis lembut dan kenyal
KURMA MONIEF Warna cokelat terang, tidak begitu besar, manis sedang dan tekstur lembut.
KURMA NOOR Warna tengahnya bersinar kemasan jika dihadapkan pada sinar matahari. Rasanya tidak terlalu manis.
KUMAR AMIR HAJJ Tekstur tebal dan empuk. Dikenal juga sebagai 'kurma tamu' karena ia biasa dihidangkan.
KURMA HALAWY: Warna cokelat terang. Rasanya sangat manis, lembut dan berukuran kecil sederhana.
KURMA KHASTAWI Tekstur berlendir seperti sirup dan empuk. Biasa dijadikan hidangan penutup.
KURMA KHADRAWY Tekstur lembut, rasanya manis, dan bewarna sangat gelap. Digemari di negara-negara Arab.
KURMA ZAHDI Warna cokelat muda kemasan bentuk lonjong, tekstur sederhana dan banyak digunakan dalam masakan.
Inilah serba sedikit tentang nama kurma yang selama ni kita makan saat bulan puasa. Sesekali kita timba ilmu tentang nama kurma apa salahnya kan ?? Giler Kentang pun baru mengetahui semua ni. So, jom bersama sama menimba ilmu pengetahui. Nama buah kurma yang paling dikenal di dunia
Kurma mampu menguatkan sel-sel usus, menurunkan tekanan darah dan memberi kekuatan tambahan dalam mencegah stroke secara langsung karena memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Kurma mengandung berbagai vitamin penting, seperti vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, dan kalium dalam jumlah cukup banyak. Selain itu, buah ini memuat berbagai zat gizi lainnya, yaitu zat besi, vitamin B1, dan asam nikotinat yang berfungsi membantu melepaskan energi, menjaga kulit, dan saraf agar tetap sehat dan penting untuk jantung.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://isumeleleh.blogspot.com/2015/05/sila-baca-nama-buah-kurma-yang-paling.html