Tidak Hanya Nama Film, Di Turki Terdapat Wilayah Bernama BATMAN

Asalasah ~ Batman seringkali dikenal dengan film aksi superheronya. Karakter suprhero dari DC Comics ini juga akan kembali menyapa para fans melalui layar lebar dengan film "Batman v Superman: Dawn of Justice" yang direncanakan untuk rilis 2016 mendatang.

Dalam film tersebut, Batman diceritakan tinggal di Gotham City. Namun, lain hal nya dengan yang ada di Turki. Di negara tersebut, Batman bukan hanya karakter film, melainkan juga nama provinsi, kota dan sungai.

http://asalasah.blogspot.com/2015/07/tidak-hanya-nama-film-di-turki-terdapat.html
Kota Batman merupakan ibukota dari provinsi Batman di wilayah Anatolia, Turki Tenggara. Kota ini terletak di dataran tinggi dekat dengan pertemuan antara Sungai Batman dan Sungai Tigris. Kota itu pada awalnya berupa sebuah desa kecil bernama Iluh dengan penduduk 3 ribu orang. Pada tahun 1957, desa tersebut mengadopsi nama Batman yang diambil dari sungai yang mengalir di dekatnya.

Sungai Batman sebelumnya dikenal sebagai Kalat, yang berarti "pengantin wanita" untuk orang-orang Suriah di sekitarnya. Hingga abad ke-18, sungai itu diterjemahkan dalam bahasa Yunani sebagai Nymphius. Nama Nymphius "Batman" menjadi sering disebut pada abad ke-19. Tidak jelas asal mulanya, namun "Batman" merupakan singkatan dari "Bati Raman", nama gunung di dekat sana.

Pada 2008 lalu, walikota sempat menggemparkan publik dengan rencananya untuk menuntut Warner Bros. dan Christopher Nolan. Walikota tersebut mengungkapkan, direktur dari film trilogi "The Dark Knight" itu segera menggunakan nama Batman tanpa berkonsultasi terlebih dahulu.

"Hanya ada satu Batman di dunia ini. Para produsen Amerika menggunakan nama kota kami tanpa pemberitahuan kepada kami," kata Walikota kala itu. Namun ternyata, ancaman tuntutan itu merupakan aksi publisitas semata. Alasannya, komik Batman terbit pertama kali pada tahun 1939, sebelum kota tersebut mulai menggunakan nama itu.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: