Ayam-Ayam Unik Di Dunia, Dari Ayam Telanjang Hingga Penuh Bulu

Asalasah ~ BAGI kebanyakan orang, ayam mungkin hanya merupakan hewan sumber protein. Namun bagi sebagian yang lain, binatang itu adalah kehidupan eksotis yang patut dihargai sehingga bernilai ratusan dolar.

http://asalasah.blogspot.com/2015/08/ayam-ayam-unik-di-dunia-dari-ayam.html
Namun ayam dishare di bawah ini yang lazim jadi favorit banyak pecinta unggas di seluruh dunia umumnya berasal dari jenis yang unik dan langka seperti gambar-gambar ayam berikut.

Ayam Telanjang
http://asalasah.blogspot.com/2015/08/ayam-ayam-unik-di-dunia-dari-ayam.html
Seperti yang dilaporkan Amusing Planet, ayam tanpa bulu adalah spesies hibrida yang diproduksi oleh Avigdor Cahaner, seorang ilmuwan Israel. Ayam telanjang adalah hibrida ayam 'broiler' dan ayam dengan leher tanpa bulu.

Ide di balik produksi ayam telanjang adalah 'cipta' ayam yang lebih sesuai untuk dibudidayakan di negara dengan iklim panas. Selain itu, ayam telanjang dapat meningkatkan tingkat efisiensi di tempat-tempat penyembelihan.

Ini karena ayam seperti ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dibuang bulunya. Sayangnya ayam telanjang jantan sulit untuk 'menikah' karena mereka tidak bisa mengepakkan sayap untuk menjaga keseimbangan.

Ayam telanjang betina pula lebih rentan terhadap parasit, penyakit kulit, serangan nyamuk, perubahan suhu dan sengatan matahari karena ia tidak memiliki bulu yang juga berfungsi sebagai pelindung tubuh.

Ayam Silkie

http://asalasah.blogspot.com/2015/08/ayam-ayam-unik-di-dunia-dari-ayam.html
Ayam-ayam ini terlihat lucu kan? Inilah ayam silkie yang terkenal karena memiliki bulu-bulu yang lembut seperti anak kucing.

Portal Strange Animals melaporkan, ayam ukuran kecil macam serama ini memiliki tulang, paruh dan kulit hitam. Namun bulunya bisa berwarna-warni.

Ayam silkie biasanya dijadikan hewan peliharaan karena penampilan hewan tersebut dan lazim diternak hanyak untuk mendapatkan telur sebab mampu menghasilkan 100 biji per tahun.

Ayam Onagadori

http://asalasah.blogspot.com/2015/08/ayam-ayam-unik-di-dunia-dari-ayam.html
Ayam jenis ini mempunyai keistimewaan berupa ekor yang sangat panjang sekali gus menjadikan keseluruhan penampilannya sangat eksotik.

Strange Animals melaporkan, ayam ini berasal dari wilayah Kochi di Jepun. Panjang ekor ayam ini boleh mencapai 8 meter, jika dipelihara dengan amat baik.


Ayam Cemani

Ayam asli Indonesia ini terkenal karena seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam. Tidak hanya bulu dan kulitnya yang hitam, mata, organ dan tulangnya juga berwarna hitam.

Bahkan darah ayam cemani berwarna sangat gelap, tidak seperti ayam lain pada umumnya.

Ayam Dong Tao

Ayam-ayam yang tampak agak mengerikan ini merupakan ayam jenis Dong Tao. Ia berasal dari daerah Khoai Chau, dekat kota Hanoi di Vietnam.

Ayam jenis ini tergolong sebagai jenis yang langka. Sebelum ini, ia hanya dipelihara khusus untuk kebutuhan dan penggunaan keluarga pemerintah.

Namun sekarang, ia disajikan di restoran-restoran mewah. Seekor ayam Dong Tao hidup bisa berharga hingga RM4,400. Ayam ini memang memiliki tubuh yang besar dan sehat, dengan cakar mirip kaki naga berwarna merah. Amusing Planet melaporkan, seekor ayam Dong Tao jantan saja bisa mencapai berat hingga 6 kilogram.

Namun yang membuat ayam ini sangat mahal adalah kesulitan untuk menternaknya. Ayam Dong Tao sangat sensitif terhadap perubahan cuaca. Jumlah telur yang dihasilkan ayam Dong Tao betina pula jauh lebih sedikit dibandingkan ayam biasa. Dan kaki ayam Dong Tao yang sangat besar membuat proses inkubasi, agak sulit dan harus dibantu oleh manusia. -

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://mynewshub.cc/2015/08/04/ayam-telanjang-berbulu-unik-ada-di-dunia/