Gunung Berapi Lumpur di Rusia Ini Berbentuk Mata Raksasa

Asalasah ~ Sakhalin - Fenomena alam unik memang selalu mampu membuat traveler berdecak kagum. Seperti yang bisa dijumpai di Kepulauan Sakhalin, Rusia. Ada gunung berapi lumpur yang berbentuk seperti mata raksasa. Aneh tapi nyata!

Keajaiban alam ini diberitakan juga oleh berbagai media seperti Florida Newstime, Daily Mail, dan AU Total Travel. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (27/8/2015), fenomena langka ini terungkap pertama kali berkat jasa seorang fotografer bernama Mikhail Mikhailov.

Mikhail, fotografer berusia 40 tahun itu, berhasil menangkap momen gunung berapi spesial tersebut dari atas udara. Dia menggunakan helikopter yang terbang rendah untuk memotret gunung berapi unik di Kepulauan Sakhalin ini.

Kepulauan Sakhalin yang terletak di Rusia bagian Timur memang dikenal memiliki bentang alam yang sangat istimewa. Terdiri dari banyak pegunungan, maupun gunung berapi yang masih aktif. Salah satunya adalah Gunung Berapi Lumpur bernama Pugachevskiy.

Alih-alih mengeluarkan lahar panas, Gunung Pugachevskiy menyemburkan lumpur setiap kali meletus. Mirip dengan fenomena yang terjadi di Lumpur Lapindo. Akibatnya, diameternya terus meluas dan bentuknya menyerupai mata manusia yang bisa kita lihat seperti sekarang.

Kawah pusat semburan yang berada di tengah, tampak seperti pupil. Sementara lumpur kecoklatan yang berada di sekelilingnya tampak seperti bulatan mata. Jadilah Gunung Pugachevskiy tampak seperti bola mata raksasa jika dilihat dari atas ketinggian. Menakjubkan!

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://travel.detik.com/read/2015/08/27/193057/3003322/1520/ajaib-gunung-berapi-lumpur-di-rusia-berbentuk-mata-raksasa