Ini Dia Bonsai 390 Tahun Yang Selamat Dari Bom Atom Hiroshima

AsalasahHIROSHIMA - Tidak banyak generasi muda tahu ada sebuah pohon bonsai berusia 390 tahun pernah selamat dari kehancuran ledakan bom atom di Hiroshima, Jepang genap 70 tahun lalu yaitu pada 6 Agustus 1945.

Pohon pinus berwarna putih yang berbentuk seperti jamur itu malah disumbangkan oleh seorang ahli bonsai Jepang, Masaru Yamaki ke Museum Botani Nasional Amerika Serikat (AS) pada 1976 lalu.
http://asalasah.blogspot.com/2015/08/ini-dia-bonsai-390-tahun-yang-selamat.html
 Di kebun Botani itu akhirnya menjadi tempat tinggal pohon kerdil ini selama 30 tahun dengan penuh misteri sebelum akhirnya kisah rahasia tanaman tersebut dibongkar sendiri oleh dua orang cucu mendiang Masaru.

Cerita sejarah luar biasa pohon itu diungkapkan pada 2001 lalu oleh kedua mereka dan menurut kurator taman tersebut, cucu Masaru datang secara mendadak tanpa memberi tahu pihak manajemen area kebun tersebut.

Mereka sebaliknya menanyakan apakah pihak museum tersebut mengizinkan cucu ahli bonsai terkenal Jepang itu untuk memeriksa kondisi pohon yang dihadiahkan oleh mendiang kakeknya sekitar tiga dekade lalu.

Kurator kemudian mengundang dua cucu Masaru itu makan siang bersama-sama dan pada saat itulah mereka bercerita bahwa keluarga Masaru sudah menjalankan bisnis bonsai di Hiroshima selama beberapa generasi.

Kebetulan pada 6 Agustus 1945 pukul 8.15 pagi, bom atom Little Boy dijatuhkan tentara AS lantas meledak dan menghancurkan seluruh isi kota Hiroshima, termasuk sekitar tempat perusahaan bonsai milik keluarga Masaru.

Diperkirakan sekitar 140.000 orang tewas di Hiroshima, sementara tiga hari kemudian sebiji lagi bom jenis sama dijatuhkan di sebuah lagi kota Jepang, Nagasaki sehingga menewaskan 70.000 nyawa penduduk.

Namun keluarga Masaru yang tinggal hanya beberapa kilometer dari Hiroshima selamat dari ledakan bom atom itu, bahkan semua pohon bonsai yang dibiakkan mereka turut bernasih baik masih sehat subur.

Sejauh ini tidak jelas mengapa Masaru memilih untuk tidak menjelaskan sejarah luar biasa pohon itu ketika memberikannya kepada pihak Museum Botani Nasional yang terletak di pinggiran ibu kota AS, Washington DC.

Jack Sustic, kurator kebun itu menyatakan, dia yakin pohon tersebut selamat dari ledakan bom atom karena kebetulan terlindung di balik sebuah tembok batu lama milik warisan keluarga Masaru yang cukup kokoh.

"Salah satu hal yang membuat pohon ini sangat istimewa adalah sejarahnya, coba Anda sendiri bayangkan, seseorang sudah pernah memelihara pohon ini zaman-berzaman tanpa henti sejak tahun 1625," kata Sustic.

Dia yang bertugas menyiram tanaman di tempat itu, termasuk memeriksa secara rutin kehadiran ham, tidak seperti koleksi museum lain, bonsai tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa perawatan.

Presiden Yayasan Bonsai Nasional, Felix Laughlin mengatakan bahwa dia sangat terkejut dengan kesudian Masaru pernah menyumbangkan pohon bonsai istimewa itu tanpa publisitas dan diungkapkan promosi.

"Saya anggap apa dilakukan Masaru menyumbangkan bonsai yang tidak ternilai harganya kepada negara yang ketika itu dianggap sebagai 'musuh' adalah satu perbuatan luar biasa," ujar dia.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://mynewshub.cc/2015/08/06/bonsai-390-tahun-terselamat-bom-atom-hiroshima/#gs.969689aecdcd4ba797b92c9d360ac58f