Komputer Tertua & Apple Pertama di Dunia Ada di Museum Ini

Asalasah ~ California - Penasaran dengan bentuk komputer pertama di dunia? Atau, lebih penasaran lagi seperti apa produk gadget keluaran Apple yang pertama? Maka, Museum Sejarah Komputer di California adalah tempat yang tepat.

Koleksi Pixar, komputer besutan Steve Jobs
Saat ini, komputer lebih dikenal sebagai alat yang super ringkas. Tinggal dicolok ke soket listrik kemudian di shutdown bila selesai mengunakan.

Akan tetapi, di Museum Sejarah Komputer, Mountain View, California, AS, segala sesuatunya menjadi tidak semudah itu. Walau sebenarnya, tetap dihadirkan dalam display yang menghibur dan menyenangkan.

DetikTravel mengunjungi Museum Komputer yang diklaim terlengkap di dunia pun takjub melihat koleksi museum yang orisinil, Kamis (27/8). Dari generasi mesin hitung dan cikal bakal komputer, generasi pertama komputer dengan fisik yang sebesar lemari hingga era software, Apple dan Google Street terkini.

Koleksi Apple yang pertama
Tidak hanya dalam bentuk komputer desktop yang dikenal, melainkan berbagai bentuk lain seperti komputer keperluan NASA dan sonar laut kapal selam. Semua disajikan secara multimedia sehingga pengunjung mampu merasakan emosi dan gairah perjalanan komputer dari masa ke masa.

Yang paling menarik yakni komputer pertama di dunia yang dibuat tahun 1834. Tidak salah ketik? Tidak. Komputer sebesar lemari pakaian yang diberi nama The Babbage Engine ini memang dibuat jauh sebelum abad ke-20.

Ini dia komputer tertua di dunia
Hanya saja, waktu itu mesin kalkulator yang dibuat oleh Charles Babbage (1791-1871) tidak berfungsi atau gagal. Tetapi pada tahun 1991, sejumlah pakar komputer berhasil mengoperasikan Babbage Engine dan membuktikan inovasi Charles Baggage tidak keliru.

Koleksi lain yang menyita perhatian yakni Apple generasi pertama seperti Apple 1 hingga Apple Lisa. Termasuk koleksi software Apple MacPaint 1,3, salah satu perintis software grafis yang terus disempurnakan.

Komputer IBM tahun 80an
Setidaknya butuh waktu 2 hingga 3 jam untuk menyelesaikan tur museum bila ingin melihat satu persatu koleksi. Maklum, total koleksinya mencapai ribuan yang terpilah dalam 20 bilik pameran. Paviliun pertama merupakan sejarah awal komputer kemudian berlanjut seiring waktu hingga yang terkini di bilik ke 20. Tiket sebesar USD 15 menjadi tidak sia-sia.

Perubahan cepat dari masa ke masa tersebut yang disebut Computer History Museum sebagai Revolusi, sebuah tagline yang ditulis besar-besar di pintu utama. Tertarik ke sana?

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://travel.detik.com/read/2015/08/30/170034/3005027/1520/museum-ini-berisi-komputer-tertua--apple-pertama-di-dunia