Peneliti Bikin Baterai Ponsel Berkinerja 3 Kali Lebih Dahsyat

Asalasah ~ Kehadiran baterai yang memiliki kinerja luar biasa tampaknya akan segera terwujud. Pasalnya beberapa peneliti dari Masschusetts Institute of Technology (MIT) berhasil mengembangkan sebuah baterai yang diklaim akan memiliki kinerja yang luar biasa.
http://asalasah.blogspot.com/2015/08/peneliti-bikin-baterai-ponsel.html

Para peneliti tersebut berhasil membuat penemuan yang disebut sebagai partikel 'yolk' dan 'shell'. Penghitungan yang telah dilakukan berhasil menemukan bahwa keduanya dapat membuat baterai dalam keadaan kosong menjadi terisi sampai penuh hanya dalam waktu 6 menit saja.

Baterai yang tengah dikembangkan ini menggunakan teknologi nanopartikel untuk membantu titanium dioksida yang dikenal sebagai 'shell' dan alumunium sebagai 'yolk' meluas dan berkontraksi tanpa membuat dayanya berkurang seiring berjalannya waktu.

Tidak seperti baterai yang ada sekarang ini, kebanyakan dari baterai tersebut unsurnya akan segera meluas dan berkontraksi ketika keluar dari pabrik. Hal inilah yang menghabiskan senyawa lithium dari baterai sehingga mengurangi kapasitas baterai.


Selain itu, baterai ini dikabarkan akan memiliki kapasitas tiga kali lipat lebih besar dari baterai litihum ion yang beredar saat ini.

"Partikel yolk-shell ini menunjukkan hasil yang sangat luar biasa dalam skala uji coba lab", ungkap David Lou, Profesor bidang Chemical and Biomolecular Engineering di Nanyang Technological University Singapore, seperti dikutip dari laman Mirror, Minggu (23/8/2015).

Lou juga menambahkan bahwa hal yang paling menarik dari penelitan ini adalah prosesnya yang ternyata sederhana dan terukur.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://tekno.liputan6.com/read/2292147/baterai-ponsel-ini-punya-kinerja-3x-lebih-dahsyat