Penganut Hindu di India Terus Menurun, Sedangkan Muslim Meningkat

Asalasah ~ Sebuah hasil survei terbaru di India menunjukan adanya penurunan terhadap populasi Hindu India, dan rasio umat muslim mengalami peningkatan.

Seperti yang dilansir Channel News Asia pada 26 Agustus 2015, populasi penganut Hindu di India turun di bawah 80 persen untuk pertama kalinya sejak kemerdekaan. Sementara itu, populasi umat Islam semakin meningkat.

Sensus terakhir menunjukkan penganut Hindu turun menjadi 79,8 persen dari keseluruhan populasi negara itu sebesar 1,2 miliar pada 2011, dari 80.5 persen dekade sebelumnya.

Jumlah warga negara beragama Islam di India meningkat menjadi 14,2 persen dari sebelumnya 13,4 persen pada 2001. Umat Kristen tetap pada 2,3 persen dan Sikh jatuh ke 1,7 persen dari 1,9 persen.

Sakshi Maharaj, seorang biksu Hindu yang beralih profesi menjadi politisi, memicu keributan awal tahun ini ketika mengatakan wanita Hindu harus melahirkan setidaknya empat anak untuk memastikan agama mereka terus tetap.

Dalam sensus pertama yang dilaksanakan setelah Inggris memisahkan India dan Pakistan pada 1947, penganut Hindu sebesar 84.1 persen dari keseluruhan populasi India.

Dengan pengumuman data terbaru itu, kalangan media negara itu menganggap pemerintah mungkin sengaja menunda pengumuman data itu sebelum ini karena jelas menunjukkan peningkatan jumlah orang Islam.

Kalangan anggota parlemen partai berkuasa pimpinan Perdana Menteri, Narendra Modi, sebelum ini sudah beberapa kali menyuarakan keprihatinan tentang peningkatan umat Islam di India.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://dunia.tempo.co/read/news/2015/08/27/118695325/penganut-hindu-di-india-menurun-umat-muslim-meningkat