Militer Indonesia Paling Kuat Di ASEAN

Asalasah ~ Global Firepower (GFP), sebuah situs terkenal analisis kekuatan pasukan nasional di seluruh dunia mencantumkan militer Indonesia sebagai militer terkuat ke 12 di Dunia dan Angkatan Malaysia (ATM) sebagai ke-35 terkuat di arena internasional.

Halaman itu mengeluarkan daftar peringkat lebih 100 negara sebagai perbandingan angkatan militer paling kuat di dunia dengan berdasarkan 50 faktor penilaian berbeda yang cukup ketat.

Di antara faktor menilai kekuatan militer suatu negara adalah jumlah penduduk, usia rakyat diperbolehkan menjadi anggota militer, jumlah tentara aktif, jumlah peralatan, utang luar negeri dan penggunaan bahan bakar.
http://asalasah.blogspot.com/2015/09/militer-indonesia-paling-kuat-di-asean.html


Misalnya, jumlah populasi suatu negara menjadi indikasi awal penilaian peringkat ini dan secara umum, semakin besar jumlah penduduk suatu negara, maka kekuatan militer negara itu akan semakin besar.

Demi memastikan penilaian itu lebih bersifat adil serta terpercaya, kemampuan sebuah negara dalam mengembang dan memiliki persenjataan nuklir tidak diperhitungkansebagai  faktor penilaian oleh pihak GFP.

Semua penilaian independen itu akan menunjukkan secara 'atas kertas' kemampuan pasukan negara jika benar-benar terjadi perang konvensional apakah pertempuran terbuka di darat, udara, maupun laut.

Hasil analisis menggunakan 50 faktor penilaian itu, GFP menentukan untuk 2015, negara dengan militer terkuat di dunia masih dipegang Amerika Serikat (AS), diikuti Rusia dan China masing-masing kedua dan ketiga.

Sementara, India dan Inggris menduduki tangga keempat dan kelima dunia, sementara negara Asia lain yang menempati kelompok 10 terkuat adalah Korea Selatan di posisi ketujuh dan Jepang di posisi kesembilan.

Itu 'Top Ten', namun bagaimana pula di tingkat wilayah Asia tenggara? Hasil evaluasi sangat ketat itu, GFP mencantumkan Indonesia paling kuat di ASEAN dan menjadi negara dengan tentara ke-12 terkuat di dunia.

Peringkat Tentara Nasional Indonesia ini di bawah Israel (11) tetapi di atas Australia (13). Dengan posisi ini, Indonesia juga lebih kuat dibandingkan beberapa negara Eropa tertentu seperti Polandia, Swiss atau Denmark.

Negara militer kedua terkuat di Asia Tenggara adalah Thailand yang secara global berada di tangga ke-20, diikuti Vietnam (21), Singapura (26), Malaysia (35), Filipina (40), Myanmar (44), Kamboja (96) dan Laos (117).

Sementara itu, 10 negara dengan kekuatan militer paling lemah dalam daftar GFP ini adalah Laos, Gabon, Kamerun, Tanzania, Sudan Selatan, Libya, Zambia, Mali, Mozambik dan Somalia

10 Terbaik Dunia: Amerika Serikat, Rusia, China, India, Inggris, Perancis, Korea Selatan, Jerman, Jepang, Turki
10 Terbaik Eropa: Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Polandia, Ukraina, Ceko, Swiss, Austria, Belanda
10 Terbaik Afrika: Mesir, Aljazair, Afrika Selatan, Nigeria, Ethiopia, Maroko, Tunisia, Kenya, Angola, Niger
10 Terbaik Asia Barat: Israel, Iran, Arab Saudi, Suriah, UAE, Yordania, Oman, Kuwait, Qatar, Yaman
10 Terbaik Asia Pasifik: Rusia, Cina, India, Korea Selatan, Jepang, Turki, Indonesia, Australia, Taiwan, Pakistan

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://mynewshub.cc/