Shah Rukh Terima Gelar Doktor Kehormatan Universitas Edinburgh

Asalasah ~ BINTANG Bolliwood terkenal, Shah Rukh Khan kembali mencatat sejarah setelah menerima gelar doktor kehormatan dari University of Edinburgh, Skotlandia pada Kamis lalu.

Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi besar Shah Rukh, 49 tahun, dalam dunia perfilman internasional selain pekerjaan amal yang pernah dilakukannya sebelum ini.

Diantaranya, membintangi lebih dari 80 buah film Bollywood termasuk kerja amal membawa energi surya ke desa pedesaan di India.
http://www.asalasah.com/2015/10/shah-rukh-terima-gelar-doktor.html

Selain itu, Shah Rukh turut membangun taman kanak-kanak di sebuah rumah sakit di Mumbai dan mendukung dana untuk membantu daerah yang dilanda bencana alam tsunami pada tahun 2004.

Sumbangan ini sekaligus menjadikan aktor tampan kelahiran India ini menerima gelar kehormatan Honoris yaitu gelar yang diberikan sebagai suatu penghormatan (tanpa harus membuat tesis).

Shah Rukh Khan mengatakan, pengikitrafan yang diterima dari University of Edinburgh memberi inspirasi buat dirinya untuk selalu bekerja lebih keras.

"Saya sangat berterima kasih dengan pengakuan yang diberikan oleh University of Edinburgh dan tentu penganugerahan ini memberikan inspirasi untuk saya bekerja lebih keras.

"Ini adalah pengalaman yang menyenangkan, diberi penghormatan oleh University of Edinburgh dan mengikuti jejak langkah para pemimpin dan tokoh-tokoh di dunia. Diberi perhatian oleh salah sebuah pendidikan yang paling dihormati di dunia adalah sesuatu yang istimewa.

"Saya menyambut pihak universitas untuk terus memberi sandi dan kerjasama dengan negara India untuk menangani masalah kesehatan, akademik dan penelitian keunggulan dan keadilan sosial.

"Saya berharap lebih banyak rakyat India berpeluang untuk belajar, berpikir dan berkembang di Edinburgh," kata Shah Rukh setelah menerima penghargaan itu.

Pada tahun lalu, aktor Kuch Kuch Hota Hai (1998) juga turut menerima penghargaan besar yaitu  Knight of the Legion of Honor dari pemerintah Perancis di atas usahanya menyatukan perbedaan budaya di seluruh dunia.

Shah Rukh juga merupakan satu-satunya artis Bollywood yang pertama dianugerah gelar Datuk oleh pemerintah Malaysia pada tahun 2008

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.ibtimes.co.uk/bollywood-superstar-shah-rukh-khan-meets-british-royalty-he-honoured-by-edinburgh-university-1524213