Singapura Pamerkan Batu Permata Nadir Rp.130 Milyar

Asalasah ~ SINGAPURA - Pernahkah Anda melihat sebuah batu safir langka yang berharga sekitar Rp130 Milyar? Namun itulah yang dipamerkan di Singapura melalui satu pameran eksklusif berlangsung selama seminggu dimulai Sabtu.

Jika Anda ingin melihat batu berharga yang jarang-jarang terlihat itu, Anda bisa melakukannya dalam pameran permata khusus yang menampilkan sebutir batu safir 48.95 karat dari Myanmar.

Pameran "Jewels of the Orient - An Exhibition of Rare Gems" atau Permata Timur - Pameran Permata Nadir itu terbuka untuk umum dimulai pada 10 Oktober hingga 18 Oktober di Hotel Parkroyal di sini.

Dinamakan "Star of Genesis", batu safir itu bernilai US $ 10 juta (S $ 14 juta = RM42 juta). Ia terlihat berwarna biru di bawah lampu putih namun akan berubah menjadi ungu jika di bawah sinar lampu kuning.

Batu yang tidak dipanaskan itu, masih mempertahankan garis pertumbuhan alami dan membentuk sebuah bintang ketika lampu bersinar ke atasnya, menurut stasiun penyiaran pemerintah Channel NewsAsia.
Baca: Berlian 100 Karat Paling Sempurna RM80 Juta

"Dinamakan asterism, setelah dipotong jadi bentuk kubah yang disebut cabachon. Ini memungkinkan pantulan cahaya memasuki batu dan bawa kembali ke mata untuk menciptakan efek bentuk bintang, "menurut Dennis Tan.

"Mencari batu ukuran sebegitu yang tidak dipanaskan jarang terjadi, namun untuk menemukan batu dengan ukuran bintang serta warna yang berubah langka," ujar direktur eksekutif perusahaan permata Genesis-Global itu lagi.

Safir itu dikellilingi 52 berlian berbentuk buah pir yang mencapai 11 karat. Pameran sembilan hari itu seluruhnya memiliki sekitar 150 batu permata senilai US $ 30 juta (S $ 41.8 juta = RM124 juta).

Permata yang dipamerkan di situ memiliki keragaman warna yang menarik, selain batu rubi nadir dari Myanmar yang tidak dipanaskan serta safir unik yang belum diobati dari Kolombia.

Turut dipamerkan adalah beraneka jenis dekorasi istimewa yang berasal dari negara-negara seperti Mozambik, Sri Lanka, Australia, Rusia, Brasil dan Kenya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://mynewshub.cc/2015/10/10/singapura-pamerkan-batu-permata-rm42-juta/#gs.CNv4LYk