Sinyal WiFi Beri Efek Buruk Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Asalasah ~ Semakin menjamur saja sekolah, kampus, kafe yang menawarkan hotspot gratis saat ini. Wi-Fi tentu membuat akses internet semakin mudah dan nyaman, tetapi banyak yang menimbulkan keraguan mengenai keamanan kekuatan tak terlihat yang menembus segala sesuatu disekitar kita. Sejak diperkenalkannya Wi-Fi pada tahun 1997, para peneliti telah melakukan puluhan penelitian untuk mengeksplorasi subjek. Hasilnya jelas dan mengejutkan – Wifi secara negatif mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan dan kesehatan otak, terutama pada anak-anak.

Mungkin yang paling mengejutkan adalah bahwa informasi ini tidak baru atau bahkan yang kontroversial. Bahkan, pada tahun 2008 Scientific American memuat berita berjudul “Mind Control by Cell Phone” yang menjelaskan bahaya Wi-Fi pada otak manusia.

Masyarakat di Tiongkok saat ini tengah dihebohkan dengan temuan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa sinyal WiFi dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil. Saat ini sinyal WiFi hampir terdapat di semua lokasi, bahkan dalam smartphone yang kita gunakan setiap hari.

Meski beberapa kalangan menyebutkan sinyal perangkat elektronik tidak berdampak begitu besar terhadap kondisi ibu hamil dan bayinya, namun di Amerika Serikat mulai muncul gerakan BabySafe Proyek Wireless, yang mengklaim sinyal WiFi dan perangkat elektronik lainnya berdampak buruk bagi kesehatan wanita hamil.

Dilain pihak ada juga yang mengatakan bahwa radiasi elektronik tidak mengganggu bagi kehamilan.

“Penggunaan WiFi aman bagi kehamilan, belum ditemukan sebuah dampak apapun, jadi kita tidak perlu mengkhawatirkannya,” kata salah satu perusahaan teknologi asal Tiongkok, Xiaomi, dikutip dari BBC News.

Bahkan organisasi kesehatan dunia dibawah naungan PBB, WHO, juga mengatakan radiasi sinyal elektronik berkekuatan rendah tidak menimbulkan dampak buruk seperti keguguran, kelahiran prematur dan penyakit bawaan kepada ibu dan bayi yang dikandungnya. Sampai saat ini WHO belum menemui kasus tersebut, dampak buruk WiFi bagi ibu hamil merupakan kecemasan masyarakat dikarenakan beredarnya berita HOAX.
Yang benar adalah, Sinyal Wifi itu :

Merusak Perkembangan Anak Usia Dini
Paparan radiasi frekuensi radio non-termal dari Wi-Fi dan telepon seluler dapat mengganggu perkembangan sel normal, khususnya perkembangan janin. Sebuah studi tahun 2004, hewan terkena paparan mengalami terlambatnya perkembangan ginjal. Temuan ini didukung oleh sebuah studi di Austria tahun 2009. Bahkan, gangguan sintesis protein begitu parah sehingga penulis secara khusus mencatat, “properti sel ini masih dalam jaringan berkembang, yaitu, pada anak-anak dan remaja. Akibatnya, kelompok penduduk ini akan lebih rentan dibandingkan rata-rata efek yang dijelaskan. “Singkatnya, memperkenalkan pada Wi-Fi usia dini, meningkatkan risiko masalah perkembangan.

Mempengaruhi Pertumbuhan Sel
Ketika sekelompok anak kelas sembilan Denmark mengalami kesulitan berkonsentrasi setelah tidur dengan ponsel yang diletakkan dekat kepala mereka, mereka melakukan percobaan untuk menguji pengaruh nirkabel Wi-Fi router di taman cress. Satu set tanaman diletakkan di ruang bebas radiasi nirkabel, kelompok lainnya diletakkan di samping dua router yang sama dengan jumlah radiasi ponsel. Hasilnya? Tanaman terdekat radiasi tidak tumbuh.

Mempengaruhi Fungsi Otak
Seperti halnya sekolah dasar di Denmark melihat masalah dengan konsentrasi, para ilmuwan telah mulai melihat dampak dari radiasi 4G pada fungsi otak. Menggunakan teknologi MRI, penelitian yang dilakukan tahun lalu menemukan bahwa orang yang terkena radiasi 4G memiliki beberapa pengurangan aktivitas otak.

Mengurangi Aktivitas Otak pada Wanita
Sekelompok 30 sukarelawan sehat, 15 laki-laki dan 15 perempuan, diberi tes memori sederhana. Pertama, seluruh kelompok diuji tanpa paparan radiasi Wi-Fi – tidak ada masalah. Kemudian, mereka terkena 2,4 GHz Wi-Fi dari titik akses nirkabel selama sekitar 45 menit. Selama bagian pengujian, aktivitas otak diukur dan perempuan memiliki perubahan nyata dalam aktivitas otak dan tingkat energi.
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://forum.suara.com/forum/health/woman/3795-sinyal-wifi-dapat-berdampak-buruk-bagi-kesehatan-ibu-hamil?utm_source=suara.com&utm_medium=home&utm_campaign=headline