Kumpulin 25.000 Ponsel, Seniman Taiwan Ini Bikin Mobil

Asalasah ~ Pernahkah Anda bertanya-tanya apa mungkin terjadi pada ponsel yang dibuang? Di Taiwan, seorang Seniman lokal dilaporkan memberi sentuhan kreatif sampai menghasilklan karya seni modern.

Menurut koran Taipei Times, Lin Shih-Pao menghabiskan waktu selama empat bulan untuk menyelesaikan proyek luar biasa - sebuah mobil balap terbuat dari 25.000 unit ponsel yang dibuang oleh pemiliknya.



Proyek tersebut kata Seniman berusia 53 tahun itu, bertujuan untuk memberikan kesadaran tentang lingkungan untuk menunjukkan bagaimana tumpukan sampah dapat didaur ulang dan diubah menjadi karya seni yang menarik.

Karya unik Shih-Pao dikenal di seluruh dunia sebelum ini, diantaranya The Gate of Wisdom yang menampilkan gerbang terbuat dari 300.000 batang pen hasil sumbangan masyarakat melalui pameran di Jepang pada 2005.

Juga karya seni berjudul The Pink yang merupakan sebuah mobil terbuat dari ribuan sarung tangan karet dikumpulkan dari sumbangan buruh kasar sempena dedikasi kepada perjuangan gigih petani Taiwan baru-baru ini.

Lulusan diploma seni dari Universitas Nagoya di Jepang dan Universitas New York di Amerika Serikat (AS) itu menghabiskan US $ 30.000 (sekitar RM128,000) sejak empat tahun lalu menemukan ribuan ponsel lama.

Dia sanggup mengutip gajet usang yang dibuang di merata dunia dan mujur menerima bantuan sejumlah 20.000 unit ponsel buruk tersebut hasil sumbangan dari pihak Yayasan Crystal yang berbasis di AS.

Semua telepon terbabit kemudian dikumpulkan di aula Nanshan Senior High School di ibu kota Taiwan, Taipei sebelum ditempelkan ke rangka kayu dalam bentuk sebuah mobil dengan menggunakan paku dan lem.

Shih-Pao menamakan proyek tersebut sebagai F1 Zan Che atau mobil balap hijau F1 tetapi tidak berencana untuk menjual karyanya itu setelah dipamerkan kepada publik mulai 9 November ini.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://mynewshub.cc/2015/11/04/artis-taiwan-buat-kereta-dengan-25000-telefon-bimbit/