Angin Puting Beliung Landa Amerika Serikat, 41 Tewas

Asalasah ~ Badai melanda selatan dan tengah Amerika Serikat (AS) selama liburan Natal yang menyebabkan banjir dan tornado, menggorbankan setidaknya 41 nyawa dan jutaan penumpang terdampar.

Sebanyak 11 orang dilaporkan tewas di Dallas selama akhir pekan akibat tornado termasuk satu kasus di mana angin dilaporkan bertiup selaju 322 kilometer per jam.

Puting beliung juga melanda Kota Garland, menggorbankan delapan nyawa dengan beberapa kendaraan tercampak dari jalan raya.
Angin Puting Beliung Landa Amerika Serikat, 41 Tewas

"Puting beliung dengan kecepatan seperti itu sangat jarang terjadi di daerah metropolitan," kata ahli meteorologi Layanan Kaji Cuaca Nasional, Matt Bishop.

Kematian lain juga dilaporkan di daerah metropolitan Dallas, kota keempat paling ramai di AS yang dihuni lebih tujuh juta penduduk.

"Banyak lagi dilaporkan cedera di wilayah tersebut. Ini satu kerusakan yang parah, "kata juru bicara polisi Garland, Lt Pedro Barineau.

Di Illinois, tiga dewasa dan dua anak dilaporkan mati lemas setelah mobil yang ditumpangi mereka tersapu arus deras pada malam Sabtu di desa Patoka, sekitar 137 kilometer di timur St. Louis.

Badai yang melanda wilayah itu dua hari sebelum perayaan Hari Natal sudah mengorbankan 18 orang, termasuk 10 di Mississippi.

Menurut Layanan Kaji Cuaca Nasional AS, lima kejadian tornado dilaporkan di Texas dan satu di Oklahoma pada Sabtu.

Gubernur Texas, Greg Abbott menyatakan Dallas County dan tiga lagi daerah sekitarnya sebagai daerah bencana.

Pemerintah juga melaporkan, lebih dari 1.100 penerbangan terpaksa dibatalkan dengan 25, 000 penduduk di Texas bergelap akibat pemadaman listrik

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.mynewshub.cc/2015/12/28/41-maut-puting-beliung-landa-as/