Inovasi Sepatu Paling Hebat Yang Bisa Membesar Mengikuti Umur

Asalasah ~ HEBAT .. masyarakat inovatif pasti akan selalu memikirkan reformasi yang harus diproduksi untuk digunakan pengguna.

Apakah karyanya itu memberi manfaat kepada pengguna atau membawa keuntungan kepada produsen, itu semua tergantung pada niat masing-masing.

Berbeda dengan Kenton Lee, pada tahun 2007 dia telah mengunjungi daerah Nairobi, Kenya dan menemukan mayoritas masyarakat di situ tidak bersepatu.


Gusar dengan hal tersebut, dia tampil menghasilkan satu desain sepatu yang memberi manfaat kepada masyarakat di sana untuk jangka waktu panjang.

Shoes that grow (sepatu yang tumbuh/berkembang), itulah panggilan desain Kenton bersama kelompoknya.

Prihatin terhadap kemiskinan negara itu, sepatu tersebut dibuat mampu berubah ukuran sesuai ukuran kaki pemakainya.

Karya kreatif sepatunya itu dapat berkembang hingga 5 ukuran dan dapat digunakan setidaknya selama 5 tahun.

Karyanya ini mampu membantu lebih 300 juta anak-anak yang membutuhkan kasut

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: 
Read More

McDonalds Terpaksa Tutup 350 Cabangnya Di Tiga Negara Besar

Asalasah ~ Lebih 350 cabang restoran cepat saji, McDonald ditutup selama tiga bulan pertama tahun ini di Amerika Serikat, Jepang dan Cina dan kabarnya akan ada 350 cabang lagi yang akan ditutup pada akhir tahun ini.

Itulah realitas yang terjadi sekrang ketika perusahaan raksasa makanan cepat saji itu dikatakan mengalami kerugian besar ketika penghasilan mereka tahun ini turun tajam."Rabu lalu, McDonald melaporkan penurunan 11% hasil penjualan dan penurunan 30% dalam keuntungan untuk tiga bulan pertama tahun ini, kelanjutan dari masalah-masalahnya yang terjadi dalam dua tahun terakhir dengan ekonomi di eropa dalam kondisi sulit dan ketakutan masyarakat Asia dengan tingkat keamanan makanan, "lapor Fortune.Penjualan McDonald mulai turun tajam setelah pelanggan mulai mencari alternatif yang lebih sehat, penurunan tajam makanan instan terbesar di dunia.

 
"Dengan kata lain: orang yang mulai bosan dengan memasukkan junkfood ke dalam tubuh mereka, dan mereka tidak tahan dengan itu lagi." kata seorang warga Amerika Serikat.Tahun ini, McDonald Amerika telah melakukan beberapa perubahan termasuk resep ayam panggang yang sederhana dan mengontrol penggunaan antibiotik pada ayam.Penyebab lain kerugian McDonalds adalah gaji karyawan terpaksa dinaikkan karena permintaan serikat pekerja.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.com.my/2015/04/bayi-jadi-tumpuan-penganut-hindu.html
Read More

Kisah Menantu Sultan Brunei Yang Sedikit Diketahui Orang

Asalasah ~ Pada minggu lalu, Brunei menjadi pusat perhatian dunia ketika salah seorang anak Sultan Brunei, Sultan Hasanal Bolkiah yaitu Pengiran Abdul Malik telah melangsungkan pernikahannya. baca : Pesta Pernikahan Mewah Anak Sultan Brunei.

Pasangannya, Dayangku Raabi'atul Adawiyah binti Pengeran Haji Bolkiah turut menjadi perbincangan ramai ketika tampil mempesona dengan persalinan mewah termasuk sepatu bertahtakan berlian dan perhiasan dari emas serta permata.


Namun, selain cantik, tak banyak yang tahu bahwa Rabiatul pernah mengikuti kontes kecantikan muslimah dan dinobatkan sebagai qari'ah terbaik dunia.
 
Menurut laporan, pada tahun 2013, Adawiyah pernah mengikuti kompetisi 'Miss World Muslimah' dan berhasil meraih gelar 'The Best Muslimah Al-Quran Recital' setelah berhasil melantunkan bacaannya dengan mantap.

Pangeran Abdul Malik dalam satu ceritanya tentang Adawiyah. Ceritanya lanjut, istrinya itu memang memiliki sifat-sifat wanita yang sangat sopan dan terpuji.
 

http://asalasah.blogspot.com/2015/04/kisah-menantu-sultan-brunei-yang.html
"Yang Mulia Dayangku Raabi'atul Adawiyah binti Pengiran Haji Bolkiah sudah terbiasa dengan didikan keagamaan dan sikap sopan dari kedua ayahanda dan bunda dalam menjaga akhlak dan juga sikap hormat-menghormati antara satu dengan yang lain, bahkan kemampuannya dalam menjaga adinda- adinda ketika keduanya sibuk dengan tugas merupakan satu kelebihan yang dimilikinya.

"Berkat didikan keagamaan yang begitu kuat dari sekolah agama serta bimbingan dari ayahanda dan bunda yang begitu memperhatikan pendidikan agama, lebih-lebih lagi ibunya Pengiran Hajah Noor'aismah binti Pengiran Haji Ismail, seorang guru agama mengajar pelajaran Al-Quran telah memberikan inspirasi kepadanya mengikuti beberapa kontes membaca Al-Quran antaranya mewakili sekolah agama dan mengikuti kompetisi tersebut yang diadakan di Jame '' Asr Hassanil Bolkiah pada 2005 dan mengikuti Skil Tilawah Al-Quran remaja pada 2008, di samping pernah mengikuti program Membaca Mandiri Minda di SMA Mengliat pada 2005. Dengan keberhasilan ini turut membawanya berhasil mendapat gelar Pembaca Al-Quran Terbaik Muslimah (Best Muslimah Al-Quran Recital) keseluruhan dari semua aspek pada 2013 ketika berhasil mewakili negara dalam kompetisi Wanita Muslimah di Indonesia yang bersangkutan dengan kegiatan keagamaan. "



Bahkan, Pengiran Abdul Malik juga mengharapkan agar sikap positif yang dimiliki belahan hatinya itu dapat menjadi inspirasi dan teladan bagi kaum wanita di negaranya.

Tidak hanya menawan dan sedap dipandang, Dayangku Raabi'atul Adawiyah turut membuktikan dirinya memiliki harta paling berharga yaitu ilmu.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.harianblogger.com/latar-belakang-menantu-sultan-brunei-yang-ramai-tidak-tahu/
Read More

Eksekutif Google Tewas Saat Bencana Gempa Di Nepal

Asalasah ~ Eksekutif Google Tewas Saat Gempa Di Nepal. Semuanya terjadi ketika gempa berkekuatan 7,9 SR mengguncang Nepal pada Sabtu 25 April 2015 yang lalu.  Lebih dari 1,805 jiwa di negara itu dikabarkan meninggal dunia yang disebabkan gempa tersebut. Salah satu di antaranya adalah seorang CEO Google, Dan Fredinburg.
http://asalasah.blogspot.com/2015/04/eksekutif-google-tewas-dalam-bencana.html


Ketika kejadian gempa itu, manajer proyek Google X tersebut sedang mendaki Gunung Everest bersama 3 anggota Google lainnya.
Berita kematian Fredinburg juga dilaporkan oleh perusahaan travel pendakian jagged Globe melalui pernyataan secara online. Perusahaan itu menyebut, Fredinburg sebagai salah satu anggota tim Everest.

Penyebab Eksekutif Google Meninggal

Pria yang berasal dari California, Amerika Serikat itu meninggal dunia pada Sabtu pagi setelah cedera parah di kepala akibat terkena es batu.
Sementara 2 anggota lainnya sedang mendapatkan perawatan setelah terkena longsoran salju. Namun  tidak disebutkan bahwa, 2 anggota yang dimaksud juga tim Google yang ikut dalam pendakian bersama Fredinburg.
Sementara itu 3 anggota Google lain yang menemani pendakian Fredinburg dikabarkan selamat. Seperti dikatakan oleh Direktur Privasi Google, Lawrence You.

Seorang Kolektor Data Google Maps

Fredinburg juga dikatakan seorang pendaki yang berpengalaman. Dia juga menjadi pemimpin sejumlah perjalanan untuk mengumpulkan data dari daerah sekitar Everest untuk digunakan pada fungsi 'Street View' di Google Maps.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: 
Read More

Dahsyatnya Guncangan Gempa di Nepal

Asalasah ~ Dahsyatnya guncangan gempa di Nepal. Itulah yang dapat kita katakan ketika melihat sebuah rekaman cctv yang di rekam ketika kejadian gempa bumi yang terjadi di Nepal baru-baru ini.

Rekaman ini diambil dari sebuah hotel di Kathmandu, Nepal ketika terjadinya gempa bumi tersebut. Gempa ini juga mengongcangkan Tibet dan India dan dianggap sebagai gempa yang terburuk dalam 81 tahun terakhir.
http://www.pakistankakhudahafiz.com/pkkhnew/wp-content/uploads/2015/04/0919-india-earthquake_full_600.jpg

Sejarah Gempa Yang Terjadi Di Nepal.

Nepal juga pernah digoncangkan gempa berkekuatan 8 skala richter pada tahun 1984. Sebanyak 10 ribu orang tewas akibat gempa tersebut.

Namun pada hari ini, sekali lagi Nepal di goyangkan dengan gempa berkekuatan 7,9 skala richter yang mengakibatkan ribuan maut pada hari Sabtu 25/04/2015.

Gempa ini juga menyebabkan para pendaki Puncak Gunung Everest panik. Menurut laporan, gempa ini juga telah menimbulkan longsoran hebat sehingga merusak bagian base camp yang sedang diduduki oleh para pendaki.

Kejadian ini telah merenggut nyawa salah seorang eksekutif Google. baca artikelnya di : Eksekutif Google Tewas Saat Bencana Gempa Di Nepal

Asalasah | Sumber: youtube, tetamu89
Read More

Pengantin Pria Mengamuk di Malam Pertama, Besoknya Cerai

Asalasah ~ Seorang pengantin perempuan dipukul suaminya pada malam pertama pernikahan mereka setelah pria itu gagal melepas gaun pengantin wanita. Amy Dawson, 22, dicampak ke lantai oleh Gavin Golightly sebelum ditumbuk berulang kali.

Golightly dikatakan hilang kesabaran setelah gagal membuka pakaian istrinya. Kejadian yang terjadi di sebuah kamar hotel yang disewa pasangan baru tersebut setelah menyelesaikan acara pernikahannya hingga menyebabkan korban luka dan memar pada wajah dan dada.

Golightly, 29, yang mengklaim dia tak sadar karena telah diberi obat dan tidak dapat mengingat kejadian itu, dan ia mengaku bersalah melukai korban.

Namun, dia terlepas dari hukuman penjara sebaliknya pengadilan mengarahkannya melakukan kerja pelayanan masyarakat serta ditempatkan di bawah pengawasan polisi selama dua tahun.

Pengadilan juga mengeluarkan perintah melarang Golightly mendekati Amy. Amy yang menuntut cerai dari suaminya setelah kejadian mengatakan, Golightly seharusnya dijatuhi hukuman lebih berat.

Dalam keterangannya kepada pengadilan, dia mengatakan: "Saya kira saya akan mati. Dia terlihat seperti ingin membunuh saya. Saya mencoba melarikan diri setelah Golightly meninggalkan kamar, namun gagal ketika dia kembali dan memukul saya lagi.

"Dia tidak lagi berarti untuk kehidupan saya," katanya

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: terjemahan dari http://halhaldunia.blogspot.com
Read More

Gempar, Sapi Peliharaan di Kenya Ini Jadi Pemakan Daging

Asalasah ~ Nakuru: Sebuah keluarga di desa, Kenya, terkejut setelah menemukan sapi peliharaan mereka berubah menjadi karnivora yang memakan domba sejak minggu lalu.

Charles Mamboleo mengatakan, dia terkejut ketika bangun pagi Rabu lalu dan melihat sapi peliharaannya memakan seekor domba yang ditanduk sampai mati sebelumnya.

Keesokannya, sapi itu kembali memakan seekor domba lagi meskipun telah disediakan rumput dan air untuknya makan seperti sebelumnya.

"Setelah kejadian pertama, kami mengira sapi itu kelaparan. Kami menambahkan rumput dan air. Tapi ia masih mengejar domba, "kata Mamboleo.

Dia khawatir sapi itu disihir karena ia tidak melahirkan anak sejak dibeli. Isteri Mamboleo, Consepta Kerubo juga khawati jika nantinya hewan itu akan memakan anak mereka.

Namun, petugas pertanian daerah setempat Albert Kabugi menolak dugaan sapi itu disihir. Menurutnya, hewan tersebut mungkin kekurangan zat dan mineral yang ditemukan pada rumput. Rumput semakin sulit diperoleh di negara itu karena kekeringan.

Dia bagaimanapun ia mengaku terkejut dengan kejadian itu dan mengatakan, ini kali pertama ia mendapat lembu makan daging.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.com.my/2015/04/penduduk-gempar-lembu-peliharaan-jadi.html
Read More

Kirim Drone Ber-Radioaktif ke rumah PM Abe Tanda Protes nuklir

Asalasah ~ Polisi menahan seorang pria karena menerbangkan sebuah drone yang terdeteksi mengandung radioaktif di atap kediaman resmi Perdana Menteri Jepang.
Yasuo Yamamoto, 40, menyerahkan diri kepada polisi di wilayah Fukui, sekitar 350 kilometer (220 mil) di barat Tokyo, lewat malam kemarin bersama alat kontrol drone nya, sambil memberi tahu dia melakukan itu untuk menyatakan pendiriannya sehubungan gerakan antikuasa nuklir, lapor media lokal .


Juru bicara polisi Tokyo menginformasikan pria itu yang juga seorang blogger dan tidak bekerja telah dibawa ke Tokyo untuk diinterogasi. "Tersangka berencana untuk mengganggu operasi di kediaman resmi perdana menteri," kata juru bicara itu.

Drone tersebut mengirim satu botol yang tertera tanda radiasi antara 22 Maret dan 22 April, yaitu ketika ia ditemukan, dia tidak menjelaskan lebih lanjut. Staf di kediaman resmi yang dikenal sebagai 'Kantei' menemukan dron yang diperkirakan berukuran 50 cm (20 inci) di atas gedung lima lantai di pusat kota Tokyo itu, Rabu lalu.
Efek radiasi telah terdeteksi tetapi dilaporkan terlalu rendah untuk memberikan risiko terhadap kesehatan manusia


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.com.my/2015/04/hantar-dron-radioaktif-ke-rumah-pm.html
Read More

Remaja Lelaki Ini Akan Bikin Pistol Paling Aman Di Dunia

Asalasah ~ SENJATA api atau pistol sangat berbahaya dan izin untuk memilikinya sudah lama jadi bahan debat terutama di Amerika Serikat.

Kai kloepfer, 18, bagaimanapun akan menciptakan satu senjata api yang mungkin paling aman di dunia.


Berdasarkan penelitian yang dilakukan sendiri, Kai mengklaim pistol yang diciptakannya menggunakan detektor sidik jari untuk melepaskan tembakan. Jika sidik jari tidak kompatibel maka picu pistol akan terkunci.

Apa yang membuat Kai terfikir untuk menghasilkan pistol tersebut adalah kasus kematian melibatkan pistol kian merajalela dan apa yang menyedihkan, ia turut melibatkan anak-anak karena salah digunakan.

Karyanya ini mungkin tidak dapat mencegah penjahat dewasa yang nekad ingin melakukan kejahatan menggunakan pistol tapi setidaknya, ia dapat menghindari penyalahgunaan oleh anak.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://mynewshub.cc/2015/04/17/remaja-lelaki-ini-bakal-cipta-pistol-paling-selamat-di-dunia/
Read More

Pilot Saudi Yang Bom Yaman Dapat Hadiah Mobil Bentley

Asalasah ~ Terlalu senang dengan kekalahan militan Houthi di Yaman, seorang pangeran kaya Arab Saudi menawarkan mobil mewah kepada semua pilot Arab Saudi yang terlibat dalam serangan udara di sana.

Pangeran Al-Waleed bin Talal, salah orang terkaya di Arab Saudi, ia mengumumkan kepada tiga juta pengikut akun situs sosial Twitter miliknya mengani hadiah untuk pilot angkatan udara negara tersebut.
http://asalasah.blogspot.com/2015/04/pilot-saudi-yang-bom-yaman-dapat-hadiah.html

"Sebagai penghargaan atas peran mereka dalam operasi tersebut, saya bangga untuk menawarkan 100 buah mobil mewah Bentley kepada 100 pilot penggempur Saudi," ujar pangeran Al-Waleed melalui pesan terbarunya.

Penawaran Pangeran Al-Waleed tersebut mendapat berbagai reaksi dengan lebih dari 28.000 orang memberikan komentar sementara 5.000 orang lagi mencentang 'suka' pada tweet kerabat kerajaan tersebut.

Sebagian memuji putera itu karena dianggap 'murah hati' dan sejumlah lagi menyatakan, pilot militer mereka berhak mendapatkan mobil mewah, bahkan lebih lagi, setelah 'berkorban' menunaikan tugas negara.

Sekadar catatan, saat ini harga model terbaru mobil buatan Inggris itu adalah AS $ 234,000  dan jika dikalikan 100 buah maka jumlah keseluruhan cecah AS $ 23,400,000.


Namun, bagi yang tinggal di luar Arab Saudi, khususnya di Yaman, mereka menganggap tawaran disampaikan Pangeran Al-Waleed merupakan suatu sangat keterlaluan dan tidak pas waktunya dengan skenario politik sekarang.

"Seratus Bentley untuk 100 pilot yang membom Yaman, sementara tidak ada satu pun 'hadiah' ambulans untuk semua rumah sakit yang mereka hancurkan," kata seorang warga Yaman, melalui akun Twitternya.

Warga Yaman lain, sempat menampilkan foto menunjukkan rumah mereka rusak parah akibat serangan udara Arab Saudi, menulis di Twitter: "Al Waleed hebat mampu memberikan 100 Bentley untuk 'pilot' jet tempur Saudi.

"Sebaliknya, apartemen saya hancur akibat ledakan. Saya yakin, semangat saya lebih tinggi dari 100 pilot itu yang kaya, padahal tetangganya rakyat Yaman masih hidup miskin. "Tulisnya lagi.

Pengguna media sosial lainnya juga menulis: "Apakah nyawa 100 atau 200 orang layak dipertukarkan untuk sebuah Bentley? Betapa murahnya nyawa manusia, "kata seorang pengguna Twitter berasal dari Yordania.

Tahun lalu, raja yang terkenal dengan gaya hidup mewah dan suka memberi hadiah itu menawarkan 25 buah mobil mewah kepada sebuah tim klub sepak bola lokal setelah memenangkan Piala Arab Saudi.

Langkah kontroversial 'kedermawanan' raja berusia 60 tahun dengan kekayaan US $ 30 miliar itu memicu debat di Arab Saudi tentang persoalan siapakah yang berhak mendapatkan hadiah besar
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.com.my/2015/04/juruterbang-saudi-bom-yaman-dapat.html
Read More

Orangtua Ini Rela Anaknya Mati Untuk Mengakhiri Derita Anaknya

Asalasah ~ Madhya Pradesh (India): Sepasang orangtua kepada anak lelaki yang kepalanya terbalik 180 derajat mengakui lebih rela anak mereka itu mati untuk mengakhiri penderitaannya.

Mahendra Ahirwar, 12, menderita penyakit aneh yang menyebabkan leher menekuk dan kepala tampaknya tergantung selain tulang belakangnya yang lemah menyebabkannya tidak mampu berdiri atau berjalan selain cara duduknya juga terbatas.

Dia mampu merangkak, tetapi membutuhkan bantuan untuk makan dan pergi ke toilet.

Orangtuanya, Mukesh Ahirwar, 40, dan Sumitra Ahirwar, 35, sudah membawanya bertemu lebih 50 dokter di seluruh India, namun gagal mendiagnosa penyakitnya.

"Dia harus diangkat seperti bayi, tetapi dia sudah berusia 12 tahun, bagaimana bila dia semakin tua? Jika dokter tidak mampu merawatnya, lebih baik Tuhan ambil dia, "kata Sumitra.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.com.my/2015/04/ibu-bapa-lebih-rela-anak-mati-dari.html
Read More

Pria Raksasa Dari Brazil Akhirnya Temukan Gadis Idaman

Asalasah ~   Brazil - Cinta itu buta ... kata-kata ini sering kita dengar dan ia terbukti terjadi kepada seorang pria `raksasa 'Joelison Fernandes da Silva, 28, yang akhirnya menemukan kekasih hatinya.

Wanita yang menambat hatinya itu adalah Evem Medeiros, 21.
http://asalasah.blogspot.com/2015/04/pria-raksasa-dari-brazil-akhirnya-temukan-gadis-idaman.html
Laporan dari portal MyNewsHub menyatakan, meskipun Joelison memiliki tinggi badan 7 kaki 8 inci dan dinobatkan sebagai pria tertinggi di Brazil serta memiliki bentuk tubuh yang besar, namun Evem yang tinggi kurang tiga kaki dari Joelison tidak memiliki masalah menerima lelaki itu.

"Hari pertama saya melihatnya saya tahu itu adalah cinta pada pandangan pertama. Ukuran bukan penghalang, '' kata Joelison.

Sebelumnya dia adalah pria yang pendiam dan pemalu. Akibat sering diejek Joelison sering menyendiri dan tidak keluar rumah karena tinggi badannya yang tidak normal itu.

Setelah dia menjalani operasi untuk membuang tumor di tubuhnya pada usia 21 tahun, barulah pertumbuhan tinggi badannya berhenti dan dia juga tidak lagi tumbuh.

Keduanya telah menikah setahun lalu dan pasangan itu kini berusaha untuk mendapatkan buah hati.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: terjemahana http://www.harianblogger.com/lelaki-gergasi-dari-brazil-akhirnya-temui-gadis-idaman/
Read More

Mengenal Penyakit Syaraf Kejepit / Hernia Nucleus Pulposus

Asalasah ~ Berbagai Pengertian HNP

1. adalah penonjolan diskus inter vertabralis (bantalan yang terdapat diantara ruas- ruas tulang belakang) akibat dari herniasi dari nucleus ( cairan seperti gel yang terdapat di diskus intervertebralis) hingga annulus ( lapisan luar yang melingkari diskus intervertebralis dan melindungi nucleus, membentuk seperti cincin dan dikenal juga dengan istilah cincin anulus) yang menyebabkan penekanan pada suatu serabut saraf spinal, dimana serabut saraf ini berfungsi untuk mengatur system motorik tubuh seperti pergerakan kaki, pengaturan system pencernaan,tangan, kulit, system urinary dan masih banyak lagi.



2. Hernia Nucleus Pulposus (HNP) adalah suatu penyakit, dimana bantalan lunak diantara ruas-ruas tulang belakang (soft gel disc atau Nucleus Pulposus) mengalami tekanan dan pecah, sehingga terjadi penyempitan dan terjepitnya urat-urat syaraf yang melalui tulang belakang kita.

Berbagai macam penyebab
1. Terjepitnya saraf tulang belakang tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa penyebab seperti Trauma, hiperfleksia (terkadang kita suka membunyikan tulang belakang dengan cara memutar bagian tubuh atas sehingga berbunyi, dan jika memutarnya kelewatan batas/hiperfleksi dapat menyebabkan herniasi nukleus), injuri pada vertebra, mengangkat beban terlalu berat,dan degenerasi (penuaan), karena berkurangnya elastisitas sehingga mengakibatkan herniasi dari nucleus hingga annulus.

2. Syaraf terjepit lain nya di sebabkan oleh keluarnya nucleus pulposus dari discus melalui robekan annulus fibrosus keluar menekan medullas pinalis atau mengarah ke dorsolateral menekan saraf spinalis sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat.
 
3. beberapa faktor yang bisa menyebabkan HNP:
  • berat badan berlebih
  • gaya hidup
  • postur tubuh yang tidak diposisikan secara benar
  • perubahan degeneratif (istilah medis : proses kemunduran fungsi sel tubuh yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk) ane jg
  • cedera/trauma benturan
  • merokok
  • batuk yang lama dan terus menerus
  • tekanan pada tulang belakang
  • sering menyetir dalam waktu yang lama
  • usia lanjut
  • kelainan pada tulang belakang

Penjelasan Secara Anatomi Penyakit Syaraf Kejepit/Hernia Nucleus Pulposus

HNP terjadi pada seluruh ruas tulang belakang mulai dari tulang leher sampai tulang ekor (cervical, thorakal, lumbal atau sacrum). Daerah sakitnya tergantung di mana terjadi penjepitan, semisal di leher maka akan terjadi migrain atau sakit sampai ke bahu. Bisa juga terjadi penjepitan di tulang ekor, maka akan terasa sakit seperti otot ketarik pada bagian paha atau betis, kesemutan, bahkan sampai pada kelumpuhan.

Tulang punggung merupakan sederetan ruang tulang yang di hubungkan oleh suatu bantalan berfungsi sebagai peredam getaran dan memungkinkan tulang belakang dapat bergerak lentur. Bantalan tulang belakang (disc) berisi inti yang di sebut dengan nucleus pulposus dan pembungkusnya di sebut dengan annulus fibrosus. Karena suatu sebab nucleus pulposus keluar merobek annulus fibrosus dan menekan syaraf menimbulkan rasa nyeri yang hebat.

Tulang belakang tersusun atas ruas-ruas tulang yang dihubungkan menjadi satu kesatuan melalui persendian, mulai dari daerah leher sampai tulang ekor. Ruas tulang yang di atas dihubungkan dengan ruas di bawahnya oleh sebuah bantalan yang disebut diskus intervertebralis (persendian pada tulang belakang). Gambar bisa dilihat di bawah ini..

Di dalam bantalan ruas tulang belakang tersebut, terdapat suatu bahan pengisi seperti jeli kenyal yang disebut nukleus pulposus. Bantalan tersebut berfungsi seperti “shock breaker” (peredam getaran) dan memungkinkan tulang belakang dapat bergerak lentur. jika nukleus pulposus tersebut keluar dari dalam bantalan melalui dinding bantalan yang lemah, maka nukleus pulposus masuk ke dalam rongga ruas tulang belakang; keadaan inilah yang disebut Hernia Nukleus Pulposus (HNP) atau bahasa gaulnya sih “urat terjepit”. Tergantung besar kecilnya, HNP dapat menyebabkan penekanan pada saraf tulang belakang dan saraf tepi.

Diskus Intervertebrale atau bantalan tulang belakang merupakan struktur yang kuat dan tidak menimbulkan rasa nyeri jika pembungkusnya (annulus) intak atau utuh. Robeknya pembungkus discus menyebabkan keluarnya inti dari bantalan tulang yang masuk kedalam rongga tulang belakang. Hal tersebut dapat menekan pembuluh darah balik, kantung syaraf itu sendiri. Iritasi akibat penekanan dari bantalan tulang tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri sampai kelumpuhan dari syaraf yang tertekan. Prolapsnya discus disebabkan adanya gaya fleksi-ekstensi serta rotasi pada struktur tulang disekitar leher maupun pinggang yang berlebihan atau kronis.

Prolaps nya discus paling sering kearah tepi rongga tulang belakang tapi juga dapat ke bagian sentral atau tengah yang mana masing2 kelainan tersebut menimbulkan gejala yang berbeda. Hal diatas sering juga mengakibatkan terlepasnya bantalan itu ketas atau kebawah rongga. Dengan demikian menyebabkan instabilitas struktur tulang di level tersebut juga facet joint dapat mengalami degenerasi yang berakibat makin tertekannya saraf daerah tersebut.

Other Explain Mengenal Penyakit Syaraf Kejepit/Hernia Nucleus Pulposus:
Medula spinalis merupakan jaringan saraf berbentuk kolum vertikal yang terbentang dari dasar otak, keluar dari rongga kranium ( kepala) melalui foramen occipital magnum(sebuah lubang besar yang terdapat di dasar tengkorak kepala yang merupakan tempat keluarnya medulla spinalis), masuk kekanalis sampai setinggi segmen lumbal-2(ruas tulang penggung bagian pinggang no2).

Medulla spinalis terdiri dari 31 pasang saraf spinalis (kiri dan kanan) yang terdiri atas 8 pasang saraf cervical(leher), 15 pasang saraf thorakal(dada), 5 pasang saraf lumbal(pinggang), 5 pasang saraf sacral(panggul),1 pasang saraf cogsigeal(dasar panggul).

Diantara korpus vertebra mulai dari cervikalis kedua sampai vertebra sakralis terdapat discus intervertebralis (bantalan) yang membatasi dua ruas tulang belakang). Discus discus ini membentuk sendi fobrokartilago yang lentur antara dua vertebra(ruas tulang belakang). Discus intervertebralis terdiri dari dua bagian pokok : nucleus pulposus ditengah dan anulus fibrosus disekelilingnya. Discus dipisahkan dari tulang yang diatas dan dibawanya oleh lempengan tulang rawan yang tipis.

Tanda / Gejala Mengenal Penyakit Syaraf Kejepit/Hernia Nucleus Pulposus

Gejala (di pinggang)

  • Kesemutan (numbness) di kaki
  • Otot paha dan kaki menjadi lemah
  • Rasa nyeri yang sangat hebat di pinggang yang menjalar menuju tumit mengikuti alur syaraf. Gejala ini disebut Sciatica.
  • Lumpuh, apabila terkena syaraf utama.

Gejala (di leher)
  • Kesemutan di lengan
  • Otot lengan dan tangan menjadi lemah
  • Nyeri leher, terutama di belakang dan samping
  • Rasa nyeri menjalar ke bahu, lengan, tangan dan jari-jari

TIps Pencegeahan

- Mengontrol berat badan sehingga tekanan pada tulang belakang tidak berat
- Duduk dengan sikap tubuh yang benar
- Olahraga untuk menjaga kelenturan dan kekuatan otot
- Menghindari aktivitas berulang (repetitif)

 Beberapa tips pengobatan

1. Konservatif (bila tidak dijumpai defisit neurologic) :
- Tirah Baring (Tujuan tirah baring untuk mengurangi nyeri mekanik dan tekanan intradiskal, lama yang dianjurkan adalah 2-4 hari. Tirah baring terlalu lama akan menyebabkan otot melemah. Pasien dilatih secara bertahap untuk kembali ke aktivitas biasa)
- Exercise (latihan/olahraga) digunakan untuk mengurangi tekanan atau kompresi saraf.
- Terapi obat-obatan : muscle relaxant, nonsteroid, anti inflamasi drug dan analgetik.
- Terapi panas dingin(Tujuannya adalah mengatasi nyeri dengan mengatasi inflamasi dan spasme otot. Pada keadaan akut biasanya dapat digunakan kompres dingin, termasuk bila terdapat edema. Untuk nyeri kronik dapat digunakan kompres panas maupun dingin.)
- Imobilisasi atau brancing, dengan menggunakan lumbosacral brace atau korset.
- Traksi lumbal

2. Pembedahan
Dalam hal ini dikenal dengan nama Laminectomy, yakni suatu tindakan pembedahan atau pengeluaran atau pemotongan lamina tulang belakang dan biasanya dilakukan untuk memperbaiki luka pada spinal. Laminectomy hanya dilakukan pada penderita yang mengalami nyeri menetap dan tidak dapat diatasi, terjadi gejala pada kedua sisi tubuh dan adanya gangguan neurology utama seperti inkontinensia usus dan kandung kemih serta foot droop.

3. olahraga yang disarankan ialah renang dan yoga.
Berenang memiliki gaya dorong dan gaya tarik yang dihasilkan dari renang memperbaiki bentuk tulang punggung. Berenang di air panas lebih bagus, karena bisa melemaskan otot-otot dan saraf yang terjepit sehingga lebih cepat mengembalikan bentuk tulang punggung. Terapi akupunkutur juga dianjurkan untuk pengobatan HNP.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: 
Read More

Gadis Ini Menderita Penyakit Tak Boleh Makan Seumur Hidup

Asalasah ~ Saya bersedia melakukan apa saja untuk mendapatkan kembali berat badan 171 kilogram, '' ujar seorang gadis yang kini menjadi kurus dengan berat hanya 50 kilogram.

Bagi Amelia-Jane Harris, 20, berat badannya yang baru sekarang yang dianggap banyak orang sebagai berat badan idaman, namun bagi dirinya merupakan mimpi buruk.

Gadis Ini Menderita Penyakit Tak Boleh Makan Seumur Hidup
Ini karena Amelia mengidap penyakit Crohn dimana ia tidak bisa makan dan akan mengalami kesakitan sepanjang waktu sampai memaksanya menelan 70 pil setiap hari dan jika kondisi memburuk, dia terpaksa mengkonsumsi sampai 100 pil.

Kondisi ini mengakibatkan Amelia tidak dapat menikmati makanan dan jarang dapat keluar makan bersama keluarga atau teman-temannya.

Selain itu, penyakit Crohn juga menyebabkan tubuhnya menjadi tidak berdaya karena kurang gizi selain rambut rontok dan kuku menjadi rapuh.

"Saya mendapat banyak pujian karena berat badan yang baru ini namun saya sebenarnya mengalami penyakit yang sangat menyiksa. Saya tidak dapat menikmati makanan lagi karena setiap kali saya makan perut saya akan kejang dan sakit, '' katanya.

Akibat penyakit itu juga, dia kehilangan berat badan sebanyak 114 kilogram dalam waktu 20 bulan.

Menurut Amelia ketika zaman kecilnya, dia adalah seorang anak yang sehat dan badannya juga menjadi gemuk sampai diejek oleh teman-temannya.

Namun ketika usianya meningkat 17 tahun, dia mulai muntah sebanyak 10 kali sehari dan kehilangan berat badannya yang banyak.

Amelia kemudian mendapat perawatan dokter dan setelah pemeriksaan dia terdeteksi mengidap penyakit tersebut. Penyakit itu tidak dapat disembuhkan dan dia harus menanggungnya seumur hidup.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.harianblogger.com/gadis-bertubuh-cantik-mahu-gemuk-semula-kerana-menderita-gambar/
Read More

Bocah Dua Tahun Ini Dibekukan Untuk Dihidupkan Kembali

Asalasah ~ KUALA LUMPUR: Seorang anak perempuan berusia dua tahun dari Thailand menjadi manusia paling muda yang dibekukan dengan harapan dia mampu hidup kembali menggunakan kemajuan sains.

Matheryn Noavaratpong meninggal Januari lalu akibat kanker otak.
http://asalasah.blogspot.com/2015/04/bocah-dua-tahun-ini-dibekukan-untuk.html

Penyakit itu hanya terdeteksi setelah Matheryn tidak bangun dari tidur pada suatu hari, dan hasil pemeriksaan dokter menemukan tumor sepanjang 11 sentimeter di dalam otaknya.

Dua operasi dilakukan dan operasi kedua mengakibatkan 80 persen bagian kiri otak anak malang itu dibuang. Sayangnya, kanker telah menyebar ke seluruh organ tersebut.

Orangtua Matheryn akhirnya sadar perjuangan mereka untuk Matheryn melawan penyakit itu sudah berakhir, dan alat dukungan hidup pada anak itu akhirnya dilepaskan.

Otak Matheryn kini diisolasi di dalam wadah stainless steel, yang merupakan bekas vakum yang diisi dengan cairan nitrogen
 
Jasad Matheryn akan dibekukan sehingga obatnya ditemukan, selain menunggu penelitian untuk mengetahui metode untuk agar badannya terus tumbuh.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: siakapkeli.com.my
Read More

AS dan Tiongkok Paling Banyak Buang Sampah Elektronik

Asalasah ~ Amerika Serikat (AS) dan China merupakan penyumbang terbesar sampah elektronik seperti ponsel, pengering rambut dan lemari es pada 2014, sementara kurang seperenam limbah itu didaur ulang, menurut penelitian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Secara keseluruhan, sebanyak 41.8 juta ton sampah elektronik dibuang di seluruh dunia pada tahun lalu dan cuma 6,5 ​​juta ton limbah itu didaur ulang, kata Universitas PBB (UNU) dalam laporan penelitiannya.
http://4.bp.blogspot.com/_WemFooFLJTw/TBH_dP3QUKI/AAAAAAAAAE8/fF_HKf6RVfc/s1600/MountainWaste1.jpg

Sampah elektronik mengacu pada setiap alat yang berisi baterai atau kabel listrik.

"Sampah elektronik di seluruh dunia adalah 'tambang kota' yang berharga karena memiliki banyak bahan daur ulang," kata rektor UNU, David Malone.

Menurutnya, UNU memperkirakan sampah elektronik global mengandung limbah seperti emas, perak, besi dan tembaga yang bernilai sekitar US $ 52 miliar .

AS menjadi pembuang sampah elektronik terbesar dengan sejumlah 7,1 juta ton pada 2014, sementara Cina di tempat kedua dengan 6 juta ton diikuti oleh Jepang, Jerman dan India.

"AS mengambil satu juta ton sampah itu pada 2012 dan Cina pula mengumpulkan 1,3 juta ton peralatan termasuk televisi, kulkas dan laptop selama 2013," menurut UNU.

Norwegia juga memimpin pembuangan sampah perkapita dengan setiap penduduknya membuang sebanyak 28 kilogram limbah elektronik diikuti oleh Swiss, Islandia, Denmark dan Inggris.

AS berada di posisi kesembilan untuk kategori penduduk yang membuang sampah elektornik, tetapi Cina tidak dalam 40 peringkat teratas daftar tersebut dikarenakan jum;lah penduduklnya yang terlampau banyak.

Beberapa peneliti mengatakan, semua logam yang terkandung dalam sampah elektronik itu termasuk 16,5 juta ton besi, 1,9 juta ton tembaga dan 300 ton emas yang akan mendatangkan manfaat ekonomi jika didaur ulang.

Kandungan emas limbah elektronik global pula diperkirakan bernilai US $ 11,2 miliar .

"Pada saat yang sama, sampah elektronik juga menjadi tambang beracun dan harus ditangani dengan sangat teliti," kata Malone yang mengacu kepada komponen berbahaya seperti merkuri dan timbal yang terkandung dalam sebagian limbah itu

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://kosmo.com.my/
Read More

Wanita Ini Tawarkan Jasa Pelukan Uang Perawatan Pacarnya

Asalasah ~ Sanhe (Cina): Ini satu lagi kisah rakyat China yang terpaksa melakukan sesuatu yang aneh, semata-mata untuk membayar tagihan pengobatan orang yang disayangi.

Kisah kali ini melibatkan seorang wanita di Hebei yang menawarkan dirinya untuk memeluk siapa saja dengan biaya 10 yuan (Rp20.000,00) untuk mengumpulkan uang untuk membiayai biaya medis pacarnya, Jia.

Wanita yang hanya dikenal sebagai Yuanyuan dilihat di jalan raya di Sanhe kemarin, bersama kardus tertulis: "Untuk mengobati pacar saya. Saya akan peluk Anda dengan biaya 10 yuan. "

Dia mengatakan, Jia harus menjalani operasi transplantasi sumsum tulang dan diminta membayar uang muka 250.000 yuan (Rp. 515847622).

Yuanyuan mengaku dia meniru seseorang yang berhasil mengumpulkan hingga 800.000 yuan (Rp1660605360) untuk mendapatkan uang untuk mengobati anaknya yang mengidap leukemia dengan menjadikan dirinya karung tinju.

"Saya menawar diri untuk dipeluk agar dapat mengumpulkan uang untuk membantu pacar saya," katanya.

Setelah mengetahui tentang tindakan Yuanyuan, Jia mencoba menghalanginya.

Saksi mengatakan, keduanya bertengkar dan berakhir dengan masing-masing menangis berpelukan. Ini mungkin akting untuk menarik perhatian orang banyak.

Namun, kisah mereka menjadi bukti tentang sistem kesehatan China yang gagal membantu mereka yang sangat membutuhkan perawatan

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.com.my/2015/04/wanita-tawar-peluk-sesiapa-sahaja-demi.html
Read More

Jet F-16 Indonesia Terbakar Setelah Tergelincir Saat Hendak Berangkat

Asalasah ~ Jakarta: Sebuah jet tempur F-16 milik tentara Indonesia terbakar ketika ingin berangkat di sebuah pangkalan udara militer.

Kepala kolom tentara udara Indonesia, Agus Supriatna mengatakan, pilot pesawat itu mengalami cedera ringan setelah berhasil melompat keluar dari kokpit.

"Ketika pesawat itu hampir berangkat tiba-tiba mesinnya terbakar dan pilot memutuskan untuk membatalkan penerbangan.

"Pilot itu dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi sadar," katanya.

Juru bicara militer, Fuad Basya mengatakan pilot itu mengalami cedera ringan setelah terjun dari pesawatnya yang sedang dijilat api.

Ujarnya, militer kini menyelidiki kejadian tersebut yang terjadi di Pangkalan Udara Halim di timur Jakarta.

Kejadian terjadi ketika jet tempur tersebut sedang bergerak untuk berangkat bersama tiga lagi pesawat yang lain.

Semua jet tempur tersebut melakukan persiapan keamanan sebelum KTT Asia dan pemimpin Afrika di Indonesia pada minggu depan.

Jet F-16 itu antara pesawat tempur diberikan Amerika Serikat kepada tentara udara Indonesia. - AFP

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.com.my/2015/04/jet-f-16-indonesia-terbakar-selepas.html
Read More

Pelac*r Ini Mati Dibunuh Karena Hina Bau Badan Pelanggan

Asalasah ~ Jakarta: Seorang pria mengaku membunuh seorang pelac*r karena kesal setelah dihina memiliki warna kulit yang hitam serta badan yang berbau.

Prio Santoso, 24, juga tidak puas karena wanita itu, Deudeuh Alfisahrin tidak ingin melakukan hubungan badan dengannya dalam jangka yang lama.

Dalam sebuah wawancara dengan wartawan di sebuah penjara, Prio memberitahu bahwa dia kali pertama berlangganan layanan Deudeuh, 26, pada Maret lalu.

Katanya, dia berhubungan dengan Deudeuh melalui situs Twitter dan bertemu wanita tersebut di rumahnya.

"Pada waktu itu Deudeuh meminta supaya hubungan terlarang itu dilakukan dengan cepat karena saya pelanggannya yang terakhir.

"Meskipun Deudeuh seorang wanita yang cantik, tapi saya tidak puas dengan layanannya dan berencana untuk berlangganan kembali," katanya.

Ujarnya, dia sekali lagi berlangganan Deudeuh pada Jumat lalu dan pengalamannya kali ini jauh lebih buruk. Prio berang ketika janda anak satu itu sekali lagi ingin hubungan seks mereka dilakukan dengan cepat.

Dia bertambah berang dan emosi setelah wanita itu turut mengejek kulitnya yang hitam serta badannya yang berbau.

"Dia memberitahu bahwa tubuh saya hitam dan bau badan saya menyebabkan dia hampir pingsan," ujarnya.

Karena terlalu marah Prio mencekik sebelum menjerat leher wanita itu dengan kain sehingga mati. Prio yang melarikan diri setelah pembunuhan itu akhirnya ditangkap pada Rabu lalu ketika sedang tidur bersama istrinya di sebuah rumah di sini. ANCUR PARAH!! -_-

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: siakapkeli.my
Read More

Hirup 'Aroma Ketakutan' Zaman Pendudukan Jepang

Asalasah ~ SINGAPURA - Jika Anda pernah membayangkan bagaimana rasanya hidup dalam suatu era sejarah lama, Anda kini tidak hanya bisa melihatnya - tetapi juga mengirup aromanya!

Museum Nasional Singapura baru-baru ini memperkenalkan elemen daya aroma dalam sebuah pameran terbaru yang mengisahkan tentang kehidupan masa lampau republik tersebut.

Ada 12 bau-bauan unik melalui pameran yang diberi nama 'Singapura: 700 Tahun' itu, dan setiap darinya menggambarkan seiap periode dalam sejarah Singapura.

Salah satu yang dapat perhatian banyak pengunjung adalah bau khas gambaran ketakutan masyarakat masa kekejaman zaman penjajahan tentara Jepang pada Perang Dunia Kedua.


Stasiun penyiaran lokal, Channel NewsAsia melaporkan, itu merupakan bau yang sangat tidak menyenangkan, yang dihasilkan dari campuran tiga jenis bahan kimia.

Namun, aroma yang menggambarkan zaman modern Singapura kini, memberikan bauan lebih alami, seperti bau rumput untuk menampilkan Singapura sebagai kota taman.

Semua bauan tersebut ditempatkan dalam 12 botol berbeda dan ia menjalani lebih 50 kali tes hasil ramuan berbagai unsur untuk memberi aroma unik tersendiri.


Ia bersempena Jubilee Emas kemerdekaan ke-50 tahun Singapura pada 9 Agustus ini dan bauan disediakan cukup kuat meskipun Anda baru makan petai, durian atau hisap rokok.

Pameran unik itu hasil kerjasama dengan artis bauan ternama internasional, Prachi Saini Garg yang juga pendiri produk wewangian terkenal, Jet'aime Perfumery.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: 
Read More

Mendengkur Keras di Pesawat, Pria Ini DItikam Wanita Disampingnya

Asalasah ~  Gara-gara mendengkur dengan keras di dalam pesawat saat tidur, seorang pria, Lenny Mordarski telah menjadi korban terluka karena ditikam oleh seorang wanita secara bertubi-tubi menggunakan pulpen.

Lenny yang naik pesawat dari Midway, Chicago ke Manchester, New Hampshire mengatakan bahwa drinya terlalu letih hingga membuat dia tertidur yang mengeluarkan suara dengkuran yang kuat menyebabkan wanita yang berada di sebelahnya tidak nyaman.

 Tindakan wanita tersebut telah mengejutkannya dan orang emnganggap tindakannya tidak wajar.

"Bayangkan jika Anda sedang tidur tiba-tiba merasa seperti disengat lebah dan ketika Anda bangun terasa sakit," cerita Lenny kepada berita ABC 7.

Menyusul insiden tersebut wanita itu telah dikeluarkan dari pesawat dan Lenny diberikan minuman gratis sebagai ganti rugi

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.com.my/2015/04/wanita-nekad-tikam-lelaki-di-dalam.html
Read More

Facebook Pertemukan Wanita Kembar Identik Tapi Bukan Saudara

Asalasah ~ DUBLIN, Irlandia - Seorang wanita di sini berhasil menmeukan wanita 'kembar identik' dirinya melalui sebuah kampanye yang digencarkan olehnya dan dua temannya di situs sosial Facebook baru-baru ini.

Wanita tersebut, Niamh Geaney, 26, yang merupakan seorang siswa dan presenter televisi berhasil menemui Karen Branigan, 29, melalui tantangan menemukan orang asing yang kembar yang bertujuan mencari siapa yang memiliki wajah paling identik dalam waktu 28 hari.









Bagaikan tidak percaya, mereka berdua akhirnya bertemu dalam dunia nyata ketika Branigan hanya tinggal dalam jarak yang memakan waktu satu jam saja dari tempat tinggal Geaney.

"Saya sangat gugup untuk bertemu dan berinteraksi dengan seseorang yang memiliki wajah mirip dengan saya," ujar Geaney yang memiliki dua saudara perempuan.

Branigan sendiri memiliki lima saudara perempuan dan seorang adik lelaki. Ia memberitahu tidak antara anggota keluarganya yang memiliki wajah begitu persis seperti mereka berdua.

Sejak pertemuan itu, Geaney dan Branigan yang keduanya masih bujang saling berhubungan antara satu sama lain melalui Facebook

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.com.my/2015/04/facebook-ketemukan-wanita-berwajah-sama.html
Read More