Komputer Tertua & Apple Pertama di Dunia Ada di Museum Ini

Asalasah ~ California - Penasaran dengan bentuk komputer pertama di dunia? Atau, lebih penasaran lagi seperti apa produk gadget keluaran Apple yang pertama? Maka, Museum Sejarah Komputer di California adalah tempat yang tepat.

Koleksi Pixar, komputer besutan Steve Jobs
Saat ini, komputer lebih dikenal sebagai alat yang super ringkas. Tinggal dicolok ke soket listrik kemudian di shutdown bila selesai mengunakan.

Akan tetapi, di Museum Sejarah Komputer, Mountain View, California, AS, segala sesuatunya menjadi tidak semudah itu. Walau sebenarnya, tetap dihadirkan dalam display yang menghibur dan menyenangkan.

DetikTravel mengunjungi Museum Komputer yang diklaim terlengkap di dunia pun takjub melihat koleksi museum yang orisinil, Kamis (27/8). Dari generasi mesin hitung dan cikal bakal komputer, generasi pertama komputer dengan fisik yang sebesar lemari hingga era software, Apple dan Google Street terkini.

Koleksi Apple yang pertama
Tidak hanya dalam bentuk komputer desktop yang dikenal, melainkan berbagai bentuk lain seperti komputer keperluan NASA dan sonar laut kapal selam. Semua disajikan secara multimedia sehingga pengunjung mampu merasakan emosi dan gairah perjalanan komputer dari masa ke masa.

Yang paling menarik yakni komputer pertama di dunia yang dibuat tahun 1834. Tidak salah ketik? Tidak. Komputer sebesar lemari pakaian yang diberi nama The Babbage Engine ini memang dibuat jauh sebelum abad ke-20.

Ini dia komputer tertua di dunia
Hanya saja, waktu itu mesin kalkulator yang dibuat oleh Charles Babbage (1791-1871) tidak berfungsi atau gagal. Tetapi pada tahun 1991, sejumlah pakar komputer berhasil mengoperasikan Babbage Engine dan membuktikan inovasi Charles Baggage tidak keliru.

Koleksi lain yang menyita perhatian yakni Apple generasi pertama seperti Apple 1 hingga Apple Lisa. Termasuk koleksi software Apple MacPaint 1,3, salah satu perintis software grafis yang terus disempurnakan.

Komputer IBM tahun 80an
Setidaknya butuh waktu 2 hingga 3 jam untuk menyelesaikan tur museum bila ingin melihat satu persatu koleksi. Maklum, total koleksinya mencapai ribuan yang terpilah dalam 20 bilik pameran. Paviliun pertama merupakan sejarah awal komputer kemudian berlanjut seiring waktu hingga yang terkini di bilik ke 20. Tiket sebesar USD 15 menjadi tidak sia-sia.

Perubahan cepat dari masa ke masa tersebut yang disebut Computer History Museum sebagai Revolusi, sebuah tagline yang ditulis besar-besar di pintu utama. Tertarik ke sana?

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://travel.detik.com/read/2015/08/30/170034/3005027/1520/museum-ini-berisi-komputer-tertua--apple-pertama-di-dunia
Read More

Di Iran Ada Kota Yang Panas Banget, Suhunya Bisa 39 Derajat Celcius

Asalasah ~ Bandar Mahshar - Gelombang panas kini menerpa beberapa negara di dunia, termasuk Iran. Bahkan, salah satu kotanya yaitu Bandar Mahshar punya suhu terpanas kedua sepanjang sejarah, mencapai 39,4 derajat celcius. Fiuh, gerahnya!
http://asalasah.blogspot.com/2015/08/di-iran-ada-kota-yang-panas-banget.html

Dilansir detikTravel dari BBC, Rabu (12//8/2015) Kota Bandar Mahshar memiliki 'heat index' atau indeks kepanasan sebesar 39,4 derajat celcius (setara 165 derajat Fahrenheit) pada Jumat (8/8) kemarin. Itu adalah yang kedua tertinggi sepanjang sejarah.

Rekor suhu tertinggi masih dipegang oleh Kota Dhahran di Arab Saudi. Suhu di Dhahran tercatat sebagai yang tertinggi, mencapai 178 derajat fahrenheit (setara 42 derajat celcius). Rekor tersebut terjadi saat puncak musim panas, tepatnya pada 8 Juli 2003 lalu.

Tetapi sebenarnya suhu kedua kota tersebut belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan suhu yang pernah tercatat di Death Valley, California, AS pada tahun 1913. Suhu di sana pernah mencapai 56 derajat celcius. Cukup panas untuk mampu merebus telur hanya dalam waktu 5 menit saja.

Indeks kepanasan atau 'heat index' berfungsi untuk menghitung seberapa panas suhu yang dirasakan oleh tubuh manusia. Perhitungannnya dengan menggunakan kelembaban serta suhu udara yang dirasakan tubuh manusia saat berada di luar ruangan.

Kota Bandar Mahshar sendiri termasuk kota destinasi wisata di Iran. Di sini traveler bisa menemukan kompleks kota tua, hingga pelabuhan kuno yang terletak persis menghadap ke Teluk Persia. Namun dengan suhu sepanas ini, kira-kira traveler mana yang berani ya untuk liburan ke sini?

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://travel.detik.com/read/2015/08/12/094558/2989613/1520/kota-di-iran-ini-suhunya-bisa-39-derajat-celcius
Read More

Wanita Habiskan 2 Tahun Dalam Hidupnya untuk Berdandan

Asalasah ~ Wanita dan makeup, menjadi dua hal yang rasanya sulit untuk dipisahkan. Mengenakan riasan membuat wanita merasa lebih menarik dan percaya diri, juga penting untuk menunjang kariernya. Tak jarang, wanita butuh waktu lama untuk berdandan yang terkadang membuat pasangannya mengomel karena bosan menunggu.
http://asalasah.blogspot.com/2015/08/wanita-habiskan-2-tahun-dalam-hidupnya.html

Sebuah penelitian mengungkap fakta menarik. Wanita ternyata bisa menghabiskan waktu 722 hari, atau hampir dua tahun sepanjang hidupnya hanya untuk berdandan dan merawat diri. Polling yang diadakan Vaseline dan melibatkan 1000 wanita ini juga menunjukkan bahwa satu dari sepuluh wanita perlu waktu hingga dua jam sehari untuk berdandan.

Sementara itu 39 persen wanita menghabiskan waktu 40 menit hanya untuk touch up riasan dan menyempurnakan penampilannya sepanjang minggu. Di akhir pekan, waktu yang dibutuhkan wanita untuk merias wajah bisa lebih lama lagi, meningkat 40 persen dari hari-hari biasanya.

Apa yang membuat wanita perlu waktu lama mempercantik diri? Sebanyak 58 persen wanita mengatakan berdandan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Ada 44 persen yang rela berlama-lama merias diri di depan kaca untuk membuat pasangan dan teman wanitanya terkesan. Sementara satu dari 19 wanita mengaku berdandan agar wajah mereka terlihat cantik saat berfoto selfie untuk di-posting di sosial media.

Biaya yang dikeluarkan untuk membeli produk kecantikan dan kesehatan kulit pun tidak sedikit. Di Inggris, rata-rata wanita mengeluarkan biaya total 12.645 poundsterling atau sekitar Rp 273 juta selama hidupnya.

Demi menambah rasa percaya diri, rata-rata wanita akan mengubah penampilannya delapan kali dalam setahun. Umumnya dilakukan dengan mengubah potongan dan warna rambut, mengganti gaya busana dan bereksperimen dengan makeup.

Penampilan yang diinginkan wanita agar terlihat menarik adalah kulit yang tampak berkilai sehat. Sebanyak 24 persen wanita menilai kulit kering dan pecah-pecah adalah masalah kecantikan yang paling utama. Wajah berminyak juga menjadi problema besar bagi 22 persen wanita, dan jerawat 15 persen.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://wolipop.detik.com/read/2015/08/28/101047/3003605/234/wanita-habiskan-waktu-2-tahun-sepanjang-hidupnya-hanya-untuk-berdandan
Read More

Teknik Merias Jenazah yang Belum Banyak Orang Tahu

Asalasah ~ Seorang penata rias biasanya memiliki teknik tersendiri dalam merias wajah kliennya agar tetap menonjolkan kecantikan alaminya tanpa mengubah bentuk wajahnya. Lantas bagaimana jika yang dirias bukanlah manusia yang masih hidup, melainkan jenazahyang sudah terbujur kaku? Adakah teknik khusus yang harus dilakukan?
http://asalasah.blogspot.com/2015/08/teknik-merias-jenazah-yang-belum-banyak.html

Ver, seorang perias jenazah yang sudah 30 tahun bekerja memaparkan, secara garis besar tidak ada teknik khusus dalam merias mayat. Tetapi yang membedakannya adalah riasan wajah yang dihasilkan tergantung dari daerah asal mayat tersebut. Jenazah orang suku tertentu terkadang memerlukan makeup yang lebih tebal agar wajahnya terlihat lebih cerah. Ada juga jenazah yang memerlukan riasan lebih natural.

Lebih lanjut wanita yang pernah mengikuti kursus makeup selama dua tahun itu mengatakan, salah satu perbedaan mendasar merias jenazah dibanding manusia hidup adalah pada pengaplikasian alas bedak atau foundation. Orang yang sudah meninggal kulitnya tidak memproduksi minyak lagi, sehingga saat dirias, alas bedak sulit menempel pada kulit. Selain itu, karena diawetkan dengan formalin, kulit menjadi lebih keras.

"Jenazah kan kulitnya kering sekali jadi foundation susah menempelnya. Jadi sebelum dirias saya pakaikan baby oil dulu di seluruh wajah untuk melembabkan, baru setelah itu pakai foundation yang teksturnya lebih lengket biar gampang menempel," terangnya.

Kondisi terakhir jenazah pada saat menghembuskan napas terakhir juga menjadi penentunya dalam merias wajah. Pasien yang meninggal karena hal-hal tragis tentunya memiliki teknik riasan yang berbeda dengan pasien yang meninggal karena sakit.

"Yang dibedakan antara penyakit kanker, jantung, atau meninggal dadakan. Kalau orang sakit jantung itu kulitnya jadi menghitam. Kalau orang yang meninggalnya tabrakan, atau tenggelam di laut dia akan mengalami pembusukan dan kulitnya sudah terkelupas, makanya meriasnya harus hati-hati sekali," ujar ibu dua anak itu.

Untuk pasien penyakit jantung, alas bedak diaplikasikan hingga warnanya sama dengan warna kulit aslinya. Sedangkan untuk wajah yang dalam kondisi tidak utuh atau hancur, meriasnya pun harus membutuhkan tenaga ekstra. Kulit yang sudah terkelupas itu ditambal dengan kulit baru sehingga hasil akhirnya wajah tetap terlihat utuh.

Dalam hal kebersihan, perias mayat juga sangat menjaga dan kebersihan dari alat-alat makeup yang dipakainya. Diterangkan oleh Yahya, perias jenazah yang sudah lima tahun bekerja di rumah duka Heaven, Pluit, Jakarta Utara itu selalu menggunakan spons makeup sekali pakai.

"Spons makeup saya hanya pakai sekali saja, terus langsung dibuang. Jadi kita tetap pakai peralatan yang baru. Sama juga dengan kuas makeup, sekali pakai langsung cuci. Kita kan nggak tahu penyakitnya apa, jadi lebih baik jaga kebersihan," ucap pria 27 tahun itu saat dihubungi Wolipop, Rabu, (26/8/2015).

Makeup yang digunakan pun juga sama seperti produk kecantikan yang dipakai wanita pada umumnya. Biasanya, Yahya membeli peralatan rias di toko kosmetik di Pasar Baru, sedangkan untuk makeup dibeli di gerai kosmetik di department store.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://wolipop.detik.com/read/2015/08/28/175747/3004194/234/ini-teknik-merias-jenazah-yang-belum-banyak-diketahui-orang
Read More

Wanita Cenderung Stres Jika Rekan Kerjanya Didominasi Pria

Asalasah ~ Indiana, Dari sebuah survei terbaru yang dilakukan Indiana University Bloomington terungkap bahwa wanita yang bekerja di lingkungan yang didominasi pria cenderung mengalami stres yang sangat buruk.

Bahkan saking buruknya, hal ini dapat berdampak bagi kesehatan mental dan fisik si wanita. Ini terlihat ketika peneliti mengukur kadar kortisol atau hormon stres pada 440 responden.

Sebagian besar responden kebetulan bekerja di perusahaan yang didominasi oleh pekerja pria, sedikitnya 85 persen.

Dalam satu hari, kadar kortisol dalam tubuh manusia memang cenderung berubah-ubah. Hanya saja perubahan kortisol pada wanita yang bekerja di lingkungan yang didominasi pria terlihat berbeda.

"Kami melihat mereka tidak sehat, dalam kaitannya dengan pola perubahan kortisol harian mereka," tutur peneliti Bianca Manago, seperti dikutip dari The Independent, Minggu (30/8/2015).

Perbedaannya bisa dibilang cukup signifikan, karena peneliti menemukan adanya perubahan hormon hingga 15 persen. Padahal perubahan pola semacam ini telah lama diketahui berakibat buruk bagi kesehatan yang bersangkutan.

Dampaknya juga bersifat jangka panjang, serta meningkatkan risiko gangguan seperti depresi dan insomnia. Hal ini juga diperkuat dengan fakta lain bahwa peneliti tidak menemukan perubahan pola yang sama pada pria yang bekerja di perusahaan yang didominasi pekerja pria.

Temuan ini sejalan dengan hasil penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa wanita yang bekerja di lingkungan yang didominasi pria sering dihadapkan pada situasi yang memicu stres, seperti terisolasi, pelecehan seksual, dan rendahnya dukungan dari rekan kerjanya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://health.detik.com/read/2015/08/30/160222/3005009/763/wanita-cenderung-stres-jika-rekan-kerjanya-didominasi-pria
Read More

Orang Tua Beri Nama Anak Yang Aneh? Ini Kata Psikolog

Asalasah ~   Psikolog anak menyarankan orang tua memberikan nama yang baik kepada anak untuk membantu menumbuhkan kepercayaan diri mereka. Pasalnya, nama dapat menggambarkan seperti apa orang yang memilikinya.

Nama adalah representasi dari citra diri. Karakter seseorang tidak dibangun dari nama, tapi nama membantu seseorang untuk membentuk citra diri,” kata Oriza Sativa di Jakarta, Jumat (28/08/2015).

Ahli psikologi anak ini mengingatkan orang tua tidak memberikan nama anak asal nyentrik, demi tujuan-tujuan tertentu.

“Yang dipertaruhkan adalah citra diri. Orang salah nama bisa dibully. Jangan ingin supaya anaknya terkenal lalu memberikan nama asal eye cathcing dan ear cathcing seperti Tuhan atau Saiton. Ini tidak benar,” ujarnya.

Untuk punya bayi, jelas Oriza, orang tua harus mempunyai visi dan misi, dan dari situlah mereka bisa memberikan nama.

“Orang tua yang memberikan anak dengan nama aneh patut dicurigai. Orang harus menimbang tuntutan sosial dan norma. Kemungkinan, pemilihan nama yang di luar common sense patut dicurigai mereka memiliki kemungkinan penyimpangan kepribadian. Tapi, ini harus diteliti lebih lanjut,” pungkasnya.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber:  http://budaya.rimanews.com/pendidikan/read/20150828/231242/Nama-Anak-Aneh-aneh-Ini-Penjelasan-Psikolog
Read More

Kenapa Berat Badan Wanita Naik Setelah Menikah ?

Asalasah ~ Setelah menikah, banyak perempuan lebih rentan mengalami kenaikan berat badan, entah mungkin terlalu bahagia atau malah terlalu malas melakukan sesuatu.

Ada banyak alasan mengapa perempuan tidak menjaga berat badan mereka setelah menikah. Tidak mengikuti diet ketat atau terlalu dimanjakan oleh suami mereka.

Jika Anda adalah salah satu dari perempuan yang mengalami kenaikan berat badan setelah menikah, sekarang saatnya untuk menjaga tubuh Anda. Diet, olahraga dan fokus pada tujuan untuk menurunkan berat badan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa perempuan mengalami kenaikan berat badan setelah menikah.

1.Diet yang salah
Sebelum menikah kebanyakan perempuan mengikuti diet ketat. Rendah karbohidrat, tidak makan makanan berlemak, hingga junk food. Tapi, ketika mereka menikah, banyak hal yang berubah termasuk diet mereka. Makan makanan yang digoreng dan mengandung minyak juga tidak baik. Ini akan menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat dan masalah kesehatan lain yang mempengaruhi jantung dan organ lainnya.

2. Tidak ada waktu untuk diri sendiri
Waktu untuk diri sendiri adalah hal yang penting bagi perempuan setelah menikah. Mereka biasanya fokus untuk membahagiakan suami melalui perutnya, tapi itu tidak berarti Anda mengikutinya juga. Biarkan diri Anda untuk mengikuti diet seimbang dan mengontrol apa yang Anda makan untuk tetap langsing dan fit.

3. Prioritas berubah
Salah satu dari banyak alasan mengapa perempuan mengalami kenaikan berat badan setelah menikahal adalah karena prioritas mereka berubah. Seperti disebutkan, cobalah sediakan waktu untuk diri sendiri dan pastikan Anda tetap aktif untuk menjaga tubuh.

4. Makan di luar
Pengantin baru sering menemukan alasan untuk makan di luar. Meesan makanan lezat yang mereka inginkan dan menghindari memasak di dapur. Makanan di luar mengandung banyak minyak dan lemak, yang pada gilirannya membuat tubuh Anda merasa lesu dan membuat Anda malas berolahraga untuk membakar lemak.

5.Hamil
Setelah menikah, kebanyakan perempuan memang mengalami kenaikan berat badan. Ini menjadi jauh lebih buruk setelah mengalami masa kehamilan, karena bayi Anda menjadi faktor yang lebih penting daripada diri Anda sendiri.

6.Terlalu dimanjakan
Perempuan yang baru menikah biasanya merasa bahagia karena selalu dimanjakan oleh suami mereka. Tahukah Anda ini dapat mempengaruhi berat badan Anda? Tetaplah fokus pada diri sendiri dan ajak suami Anda untuk latihan dengan Anda. Berlatih yoga telanjang bersama-sama, pergi bersepeda atau mendaftar ke tempat gym.

7. Malas
Kemalasan adalah alasan untuk kenaikan berat badan, apalagi saat baru saja menikah. Ketika rasa malas masuk, semua perempuan hanya berpikir tentang makan, tidur dan melakukan segala hal yang tidak berhubungan dengan menjaga tubuh agar tetap bugar dan aktif.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: 
Read More

Hindari Jenis Makanan Ini Ketika Sedang Haid

Asalasah ~ Saat haid, ada mitos mengatakan bahwa mengonsumsi soda dapat memperlancar haid sekaligus meredakan nyeri yang menyertainya. Nyatanya hal ini justru dibantah oleh konsultan nutrisi, Ria Amalia. Saat hamil, kaum hawa harus menghindari minuman bersoda.

"Minum soda saat haid dapat memperlancar itu hanya mitos. Justru soda harus dihindari kadena mengandung kafein," ungkap Ria pada peluncuran 'Aplikasi Hawa' di Jakarta, Kamis (28/8/2015).

Selain soda, menurut Ria ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat menstruasi. Apa saja?

1. Kafein
Kafein biasanya terkandung dalam kopi dan minuman bersoda. Menurut Ria, kafein bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, saat haid sebaiknya hindari mengonsumsi minuman berkafein karena bisa memicu sakit kepala, tubuh terasa tidak nyaman dan meningkatkan rasa cemas.

2. Gorengan
Makanan yang digoreng mengandung banyak minyak dan lemak yang bisa meningkatkan hormon estrogen sehingga menyebabkan rasa kram pada perut semakin menjadi-jadi. Sebaiknya hindari mengonsumsi goreng-gorengan saat haid.

3. Makanan olahan (kornet, keju, kecap, MSG)
Makanan kaleng atau olahan perku dihindari selama masa menstruasi karena kandungan sodium didalamnya sangat tinggi. Konsumsi sodium secara berlebihan bisa mempengaruhi penyimpanan air sehingga membuat tubuh membengkak.

4. Makanan mengandung gula
Makanan seperti ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan berpengaruh pada emosi. Anda juga menjadi cepat tersinggung ketika terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.suara.com/health/2015/08/28/092400/sedang-haid-hindari-jenis-makanan-ini
Read More

Angka Harapan Hidup Dunia Meningkat, Namun Sakitnya Lebih Lama

Asalasah ~ Manusia di dunia kini berusia lebih panjang, namun banyak pula orang berpenyakit yang harus menderita lebih lama menurut penelitian tentang penyakit-penyakit utama dan cedera di 188 negara.

Kesehatan umum telah membaik di seluruh dunia berkat kemajuan signifikan upaya melawan penyakit-penyakit menular seperti HIV/AIDS dan malaria dalam satu dekade terakhir dan kemajuan upaya melawan penyakit ibu dan anak.


Namun harapan hidup sehat tidak meningkat, jadi orang hidup beberapa tahun lebih lama dengan penyakit dan kecacatan menurut analisis yang diterbitkan di jurnal The Lancet.

"Dunia telah membuat kemajuan besar di bidang kesehatan, tapi sekarang tantangannya adalah berinvestasi untuk menemukan cara lebih efektif guna mencegah atau mengobati sebab-sebab utama dari penyakit dan kecacatan," kata Theo Vos, profesor di Institute of Health Metrics and Evaluation di University of Washington yang memimpin analisis itu.

Menurut hasil studi itu, harapan hidup global untuk kedua jenis kelamin meningkat 6,2 tahun dari 65,3 tahun pada 1990 menjadi 71,5 pada 2014.

Harapan hidup orang yang sehat meningkat 5,4 tahun dari 56,9 pada 1990 dan 62,3 tahun pada 2013.

Harapan hidup sehat mempertimbangkan tingkat kematian dan dampak dari kondisi nonfatal dan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan paru-paru, diabetes dan cedera serius. Semua itu mengurangi kualitas hidup dan menimbulkan biaya mahal serta beban berat.

Di sebagian besar dari 188 negara yang diteliti, perubahan harapan hidup sehat antara 1990 dan 2013 "secara signifikan positif" menurut para peneliti.

Namun banyak pula yang harapan hidup sehatnya pada 2013 tidak terlalu tingggi dibanding tahun 1990 seperti Belize, Botswana dan Suriah.

Di tempat lain seperti Afrika Selatan, Paraguay dan Belarusia, harapan hidup sehat malah menurun. Di Lesotho dan Swaziland, orang yang lahir pada 2013 diperkirakan dapat hidup sehat 10 tahun lebih lama ketimbang mereka yang lahir 20 tahun lebih awal.

Studi itu juga menemukan perbedaan mencolok antara negara dengan harapan hidup tertinggi dan terendah serta dalam hal laju dan arah perubahannya.

Nikaragua dan Kamboja mengalami perubahan dramatis sejak 1990, masing-masing meningkat 14,7 dan 13,9 tahun umur harapan hidupnya.

Sementara harapan hidup masyarakat Botswana dan Belize menurun, masing-masing dua dan 1,3 tahun.

Pada 2013, Lesotho adalah tempat dengan harapan hidup terendah di dunia, yakni 42 tahun. Jepang tercatat punya angka harapan hidup tertinggi yaitu 73,4 tahun, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://gayahidup.rimanews.com/kesehatan/read/20150827/231120/Asyik-Harapan-Hidup-Dunia-Meningkat
Read More

Tarif Angkutan Umum di London Termahal di Dunia

Asalasah ~ Tarif angkutan umum di London, Inggris, adalah yang termahal di dunia, menurut studi yang dilakukan tim kampanye calon walikota dari Partai Buruh, Tessa Jowell.

Pengguna kereta bawah tanah London harus membayar ongkos dua kali lipat lebih mahal dari warga kota manapun di dunia, kecuali Washington, Amerika Serikat.

Studi tersebut menunjukkan bahwa ongkos perjalanan dari zona satu ke zona enam tiga kali lebih mahal dari pada harga tiket di New York dan empat kali lebih mahal dari Paris.

Ongkos angkutan umum di London terhitung sangat mahal, apalagi jika mengingat bahwa jalanan kota tersebut paling padat di Eropa.

Studi yang dilakukan membandingkan ongkos angkutan umum di London dengan 20 kota top dunia lain yang memiliki sistem kereta bawah tanah.

Biaya sekali jalan dari zona satu ke zona enam menghabiskan 5,10 pounds atau setara Rp 110 ribu. Di bawah London ada Washington dengan 3,79 pounds atau Rp 82 ribu.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://internasional.rimanews.com/eropa/read/20150828/231314/Ongkos-Angkutan-Umum-London-Termahal-di-Dunia
Read More

Alasan Mengapa Kita Harus Tidur 8 Jam

Asalasah ~ Mengapa kita sebaiknya harus tidur 8 jam sehari? hidup sehat itu penting sekali. Karena hidup yang sehat akan mengindahkan masa tua anda. Setidaknya tidak harus berlama-lama di rumah sakit. Anda harus tidur selama delapan jam untuk mencegah stroke, penyakit jantung dan juga menjaga berat badan.

Kurang tidur dipercaya dapat mengurangi fungsi otak dan dapat mengurangi umur. Berikut alasan mengapa Anda harus tidur delapan jam dalam sehari, seperti dilansir Boldsky Jumat (28/8).

Berat Badan Sehat
Tubuh memiliki hormon yang disebut leptin. Hormon ini memainkan peranan penting unutuk membuat seseorang merasa kenyang. Bila Anda kurang tidur, kadar hormon ini pun ikut turun, yang akhirnya membuat Anda menjadi sering lapar dan makan dengan porsi yang lebih banyak.

Menurunkan Stres
Tidur membantu mengurangi stres. Karena itu, cobalah untuk tidur selama delapan jam untuk menenangkan pikiran Anda.

Kehidupan Seks Lebih Baik
Anda akan memiliki kehidupan seks yang lebih baik, jika mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Sebab, kurang tidur dapat mempengaruhi kadar testosteron pada pria yang menurunkan tingkat keinginan untuk melakukan hubungan intim bersama pasangan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/15/08/28/ntruv6359-terungkap-alasan-mengapa-anda-harus-tidur-delapan-jam
Read More

Bagaimana Adab Malam Pertama Dalam Islam ?

Asalasah ~ Ajaran Islam tidak sebatas pada masalah shalat, puasa, zakat ataupun haji. Ajaran Islam juga membahas hal-hal yang selama ini mungkin dinilai tabu, seperti adab dalam berhubungan intim.

Adab malam pertama pun dibahas dalam banyak kitab seperti kita Aadaabuz Zifaaf karya Al Albani, kitab Al Insyiraah Fii Aadaabin Nikaah karya Abu Ishaq Al Juwaini atau kitab Al Mu'aasyaraah Bainaz Zaujaini karya 'Amr Abdul Mun'im.

Ada juga kitab Fiqhuz Zawaaj yang merupakan hasil karya As Sadlan. Dari sumber-sumber tersebut, berikut adab malam pertama yang dirangkum buku 'Fiqih Hubungan Intim' karya Syaikh Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim.

Pertama
sang suami mengucapkan salam kepada pasangannya. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi rasa gamang di hati sang istri.

Ummu Salamah radhiyallaahu 'anhaa menceritakan tentang Nabi Muhammad SAW tatkala beliau menikahinya. Ketika hendak mendatangi Ummu Salamah radhiyallaahu 'anhaa, Nabi mengucapkan salam.

Demikian ditulis dalam kitab Akhlaaqun Nabiyy karya Abusy Syaikh (199) dengan sanad hasan.

Kedua
Sang suami hendaklah bersikap lemah lembut kepada istrinya. Salah satu contohnya dengan memberikan sesuatu berupa minuman atau makanan ringan yang manis-manis.

Seperti ditulis dalam hadist riwayat Ahmad (VI/452), Asma' binti Yazid radhiyallahu 'anhaa berkata:'Aku mendandani 'Aisyah untuk dipersunting Rasulullah SAW kemudian aku mendatangi Rasulullah, aku panggil Rasulullah untuk melihat kecantikan 'Aisyah setelah berhias.'

''Lalu, beliau datang dan duduk di samping 'Aisyah. Lalu, disuguhkan gelas besar berisi susu kepada beliau. Rasul pun minum dan menyerahkannya kepada 'Aisyah yang menundukkan kepala karena malu.''

'Asma pun menegur 'Aisyah dan mengatakan kepadanya,''Ambilah dari tangan Rasulullah SAW.'' Akhirnya 'Aisyah mengambil gelas itu dan meminumnya sedikit.

Ketiga
Seorang suami harus membelai kepala sang istri seraya mendoakannya. Ini seperti yang diajarkan oleh Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam.

''Rasul bersabda jika salah seorang dari kalian menikahi seorang wanita atau membeli seorang budak, maka hendaklah ia memegang ubun-ubunnya sambil menyebut nama Allah Azza wa Jalla dan berdoa untuk keberkahannya'' (HR. Abu Dawud no.2160)

Adapun doa yang dibacakannya yakni,''Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Engkau ciptakan padanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau ciptakan pada-Nya.''

Keempat 
 yakni shalat berjamaah dua rakaat, ini seperti diriwayatkan oleh Abu Sa'id. Abu Sa'id, seorang budak yang dibebaskan oleh Abu Asid, berkata,''Aku menikah ketika aku masih berstatus hamba sahaya.''

Abu Sa'id mengundang beberapa sahabat Nabi, salah satunya yakni Abu Dzarr. Ketika dikumandangkan iqamat untuk shalat, Abu Dzarr hendak maju sebagai imam. Namun para sahabat berkata kepada Abu Sa'id,''Kamulah yang maju!''

''Haruskah seperti itu?'' kata Abu Sa'id. ''Benar,'' mereka menjawab.

Abu Sa'id pun berkata,''Akhirnya aku pun maju mengimami mereka, padahal aku seorang budak. Mereka mengajariku seraya berkata,''Jika istrimu telah masuk kepadamu, lakukanlah shalat dua rakaat bersamanya. Mohonlah kebaikan apa-apa yang datang kepadamu, mohonlah perlindungan dari segala kejelekannya. Setelah itu terserah kepadamu dan istrimu..''

Kelima
Seorang suami disunnahkan menggosok gigi agar mulutnya bersih sebelum menemui istrinya. Hal ini akan lebih menambah keharmonisan dan kemesraan rumah tangga.

Seperti diriwayatkan dalam Shahiih Muslim (no.253), Syuraih bin Hani' berkata,'aku bertanya kepada 'Aisyah:'Apa yang pertama kali Nabi SAW lakukan ketika beliau masuk ke rumahnya?''

'Aisyah menjawab,''bersiwak (menggosok gigi)''.

Keenam 
adalah seorang suami membaca nama Allah dan berdoa ketika hendak melakukan hubungan intim dengan sang istri.

Dalam hadist riwayat Al Bukhari (no.5165) dan Muslim (no.1434), Ibnu 'Abbas radhiyallaahu anhumaa mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,''Ingat, apabila salah seorang dari kalian akan bersetubuh dengan istri, ia membaca basmalah dengan dilanjutkan membaca doa.''

Adapun doanya yakni,''Ya Allah, jauhkanlah aku dari setan dan jauhkanlah setan dari anak yang Engkau rizkikan kepada kami.''
Baca Juga :

Asalasah | Sumber: http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/08/29/ntsrp1257-ini-adab-malam-pertama-part1
Read More

Tips Mencegah Munculnya Jerawat di Punggung

Asalasah ~ Kehadiran jerawat di punggung terkadang membuat tidak nyaman. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya jerawat di punggung.

Jerawat bisa muncul di mana saja di tubuh kita sepanjang memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak atau folikel rambut. Salah satu yang sering menjadi gangguan adalah jerawat di punggung.

Layaknya wajah, punggung juga memiliki banyak kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum atau minyak. Tumpukan sebum yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri akan menyumbat  pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

Bagaimana Mencegah dan Mengobati Jerawat di Punggung

Agar jerawat tidak muncul, kita perlu memperhatikan kebersihan tubuh secara keseluruhan. Berikut beberapa cara untuk mencegah atau mengurangi munculnya jerawat di punggung.
  • Segeralah mandi setelah melakukan aktivitas yang menimbulkan banyak keringat. Jika tidak memungkinkan, gunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk membantu menyegarkan kulit dan membuang minyak berlebih.
  • Hindarilah memakai tas punggung, karena ada beberapa kasus munculnya jerawat di punggung terkait pemakaian tas jenis ini. Pakailah tas pinggang atau tas selempang agar risiko jerawat di punggung kian kecil.
  • Cucilah punggung dengan pembersih yang memang diperuntukkan untuk kulit yang rentan terhadap tumbuhnya jerawat. Kemudian setelah kulit bersih dan kering, oleskan krim yang mengandung benzoil peroksida pada area punggung yang berjerawat.
  • Gunakan baju dari kain berserat alami atau kain yang bisa menjaga kulit sehingga tidak lembab.
  • Jika kulit Anda kering, gunakan pelembap non-comedogenic. Kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan munculnya jerawat.
  • Rutin mengganti seprai juga bisa mencegah punggung dan bagian tubuh lain terkena jerawat. Makin lama seprai digunakan, makin banyak sebum, sel-sel kulit mati, keringat, dan kuman bersarang di sana. Seprai berbahan katun lebih bagus karena tidak membuat kulit kita lembap saat tidur.
  • Hindarilah obat-obatan tertentu yang bisa memicu timbulnya jerawat di punggung. Beberapa obat yang mengandung androgen dan lithium bisa menyebabkan jerawat.
Jika pada tubuh Anda telah berjerawat, cobalah cara ini untuk mengobatinya.
  • Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat secara mandiri tanpa resep dokter adalah benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. Namun ingatlah bahwa perawatan ini hanya untuk jerawat kategori ringan.
  • Lakukan perawatan kulit yang baik. Jagalah kebersihan tubuh dengan teratur membersihkan kulit terutama setelah berkeringat, mencuci rambut dan membilas sampai benar-benar bersih sehingga tidak ada conditioner shampoo yang tertinggal, dan hindari memencet jerawat.
Lakukan hal-hal pencegahan di atas dengan sungguh-sungguh dan hindari paparan sinar matahari secara berlebihan. Jika cara-cara di atas tidak mampu mengusir jerawat dari punggung Anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter spesialis kulit akan memeriksa dengan saksama kondisi kulit Anda. Mereka juga akan meresepkan obat-obatan jika diperlukan.

Tindakan yang Memperburuk Jerawat

Ada beberapa tindakan yang dapat memperburuk kondisi jerawat, di antaranya:
  • Memencet Jangan sesekali mencoba membersihkan jerawat dengan cara memijit atau memencetnya. Tanpa pengetahuan yang cukup, hal itu akan membuat timbulnya bekas luka permanen.
  • Terlalu sering membersihkan area yang Hal ini akan menyebabkan jerawat di punggung kian menjadi dan iritasi kulit.
  • Menggunakan air panas atau dingin. Lebih baik gunakanlah air dengan suhu sedang atau hangat saat mandi. Menggunakan air yang terlalu panas dan terlalu dingin juga bisa memperburuk masalah.
Jerawat di punggung biasanya terkait genetika seseorang yang memiliki produksi minyak berlebih dalam tubuhnya. Namun demikian, faktor gaya hidup juga berpengaruh, termasuk pemakaian produk perawatan tubuh. Maka agar risiko terkena jerawat kian minim, gaya hidup yang sehat dan bersih perlu diterapkan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/mencegah-munculnya-jerawat-di-punggung
Read More

Penelitian : Kawan yang Sangat Sopan Akan Mengkhianati Anda

Asalasah ~ Teman-teman yang terlalu sopan saat berinteraksi dengan Anda akan lebih cenderung mengkhianati Anda ketimbang teman-teman yang kurang sopan, demikian temuan sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan Annual Meeting of the Association for Computational Linguistic di Beijing, Cina, pada Juli kemarin.

Penelitian itu sendiri bertujuan untuk menyelidiki dan memprediksi perilaku pengkhianatan dalam hubungan antarmanusia.

"Kita semua tahu pengkhianatan itu benar-benar nyata dalam kehidupan. Tetapi menemukan data yang relevan soal itu sangatlah sukar," kata Cristian Danescu-Niculescu-Mizil, pakar ilmu komputer yang menggelar studi tersebut.

Dalam risetnya Cristian Danescu-Niculescu-Mizil melakukan sebuah eksperimen menggunakan sebuah permainan strategi bernama Diplomacy. Permainan berlatar Perang Dunia I itu meminta para pemainnnya untuk mewakili negara-negara yang terlibat dalam perang akbar tersebut.

Mereka diminta bernegosiasi, membentuk aliansi atau persekutuan, mengumpulkan informasi intelijen, dan merencanakan strateg untuk menyerang bersama-sama. Dari eksperimen itu para peneliti berharap bisa mengidentifikasi ciri-ciri para pengkhianat.

Danescu-Niculescu-Mizil dan timnya menganalisis 249 permainanan Diplomacy dengan total 145.000 pesan yang dikirim oleh para pemain. Untuk menemukan pola perilaku pengkhianat, mereka menggunakan program komputer untuk membandingkan percakapan antara pemain yang pada akhirnya saling mengkhianati dan pemain yang menjaga kesetiaan pada aliansinya.

Berdasarkan perbandingan, program komputer tersebut kemudian bisa memprediksi adanya pengkhianatan dalam permainan Diplomacy dengan akurasi hingga 57 persen. Salah satu kunci perilaku para pengkhianat yang ditemukan adalah mereka biasanya "terlalu sopan saat bermain".

"Orang yang terlalu sopan dalam permainan akan lebih cenderung atau berkemungkinan menikam sekutu mereka dari belakang ketimbang mereka yang bermain dengan kurang sopan," tulis para peneliti.

Meski demikian para peneliti menegaskan bahwa penelitian yang lebih jauh dan lengkap dibutuhkan untuk memastikan bahwa perilaku ini bisa dijadikan patokan dalam hubungan antarmanusia di dunia nyata.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.suara.com/tekno/2015/08/28/063900/studi-teman-yang-terlalu-sopan-akan-mengkhianati-anda
Read More

Kapan Sebaiknya Melakukan Check Up Kesehatan ?

Asalasah ~ Masih banyak orang yang tak menganggap penting "Medical check up" atau pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Apalagi mereka yang tidak merasakan keluhan apapun, sehingga merasa tak perlu untuk memeriksakan kesehatannya.

Padahal menurut dr. Didid Winnetouw, Kepala RSU Bunda Jakarta, dengan medical check up dapat mendeteksi dini adanya suatu gangguan atau penyakit dalam tubuh. Jika diketahui lebih awal maka penanganan suatu penyakit bisa menghemat biaya pengobatan.

"Pemeriksaan kesehatan itu penting, terlebih bagi karyawan dengan risiko kesehatan yang berbeda-beda. Sebaiknya medical check up dilakukan saat pre-recruitment dan selama menjadi karyawan," ujarnya pada temu media di RSU Bunda Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Khusus bagi pekerja, kondisi kesehatan bisa mempengaruhi tingkat produktivitas mereka. Jika karyawan menderita penyakit tertentu, maka kinerjanya akan menurun dan perusahaan harus menggelontorkan dana lebih besar untuk biaya perawatan.

Sementara, dr Sphatika Ekakartikka koordinator Medical Check Up Departement RSU Bunda, mengatakan, khusus bagi pekerja berusia 35 tahun ke atas disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan minimal setahun sekali. Pasalnya pada usia tersebut metabolisme cenderung menurun sehingga rentan terserang berbagai masalah kesehatan.

"Ada tiga penyakit teratas yang paling sering diderita pekerja diatas usia 35 tahun. Pertama kolesterol tinggi, hipertensi, dan obesitas. Sehingga mereka sebaiknya melakukan medical check up sekali dalam setahun," imbuh dokter yang akrab disapa Tika ini.

Tapi bukan berarti, pekerja yang lebih muda tidak perlu memeriksakan kesehatannya. Menurut Tika, secara tak disadari rutinitas saat bekerja bisa mempengaruhi kesehatan. Bagi pekerja kantoran misalnya, rentan mengalami kelainan postur tubuh, gangguan kesehatan mata hingga infeksi saluran kencing.

"Usia di bawah 35 bukan berarti lolos dari masalah kesehatan. Walau kerjanya kantoran di ruangan ber-AC tapi risiko gangguan kesehatan tetap mengintai. Jadi tetap harus rutin memeriksakan diri," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan medical check up bagi pekerja setidaknya meliputi pemeriksaan oleh dokter, cek kesehatan mata, rontgen, hingga pemeriksaan darah dan urin.

"Biasanya medical check up ada paket-paketnya. Bagi yang tidak memiliki keluhan apapun bisa melakukan medical check up yang paling sederhana untuk mengukur kadar kolesterol, risiko diabetes, fungsi hati dan ginjalnya seperti apa, bahkan tes urin untuk melihat ada kelainan apa pada tubuhnya," pungkasnya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.suara.com/health/2015/08/28/184156/kapan-sebaiknya-melakukan-medical-check-up
Read More

Membludaknya Penduduk Mencapai Umur 100 Tahun, Jepang Hemat Beri Hadiah

Asalasah ~ Bertambahnya jumlah penduduk dengan usia 100 tahun semestinya menjadi prestasi yang patut dibanggakan. Tapi pemerintah Jepang malah kebingungan menyikapinya.
    
Sejak tahun 1963, perdana menteri Jepang memberikan sebuah penghargaan khusus bagi mereka yang berhasil hidup hingga 100 tahun atau biasa disebut dengan centenarian. Hadiahnya berupa tempat minum sake yang terbuat dari perak bernama sakazuki.
http://3.bp.blogspot.com/-Dqer7WTu9S8/T1rJoEEpccI/AAAAAAAAAJI/5LgC-Chog4U/s1600/jepang.jpg
Bedanya saat tradisi ini dimulai, Jepang hanya memiliki 153 orang centenarian. Sedangkan jumlah centenarian di Jepang terus bertambah dan tahun ini total terdapat 58.000 centenarian. Hal ini tak pelak membuat pemerintah Jepang kewalahan.

Sebab untuk satu buah sakazuki diperkirakan harganya mencapai 65 dollar AS (Rp 915.000). Bila dikalikan dengan 58.000 orang, ini tentu agak memberatkan pemerintah. Tahun lalu saja, pemerintah harus menggelontorkan 2 juta dollar AS hanya untuk menyediakan hadiah ini.

Untuk itu pemerintah berinisiatif untuk mensiasati hadiah bagi para centenarian. Pilihannya adalah mencarikan hadiah dengan bahan yang harganya lebih miring, atau merayakan keberhasilan mereka cukup dengan mengirimkan surat berisi ucapan selamat resmi dari perdana menteri.

"Kementerian memprediksi jumlah centenarian ini akan mencapai 39.000 di tahun 2018, sehingga pemerintah harus bergerak cepat untuk menekan beban anggaran terkait pemberian penghargaan tersebut," ungkap salah satu staf di Kementerian Kesehatan Jepang, seperti dikutip dari Japan Times, Rabu (26/8/2015).

Menurut data statistik, lebih dari seperempat populasi di Jepang merupakan orang-orang berusia di atas 65 tahun. 13 persen lainnya berumur 75 tahun. Karena hal ini, Jepang berulang kali menyabet gelar sebagai negara dengan usia harapan hidup tertinggi di dunia, khususnya bagi wanita.

Wanita di Jepang rata-rata bisa hidup hingga 87 tahun, sedangkan usia harapan hidup pria di Jepang hanya masuk 10 besar dunia, yaitu 80 tahun. Bila fenomena ini berlanjut, PBB memperkirakan Jepang akan memiliki sekitar satu juta centenarian di tahun 2050.

Namun berlawanan dengan fenomena manusia panjang umur, populasi muda di Jepang cenderung stagnan alias tidak terjadi penambahan. Bahkan di tahun 2014, angka kelahiran penduduk di Jepang merupakan yang terendah sepanjang sejarah, yakni hanya sekitar 1.001.000 kelahiran saja. Saat itu juga Jepang dinyatakan sebagai negara dengan angka kelahiran terendah di dunia.

Kendati demikian, tahun ini Jepang disalip oleh Jerman. Dari data yang ada, angka kelahiran di Jerman rata-rata hanya 8,2 anak per 1.000 penduduk dalam kurun lima tahun belakangan. Sedangkan angka kelahiran di Jepang mencapai 8,4 per 1.000 penduduk untuk periode yang sama.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://health.detik.com/read/2015/08/27/193147/3003323/763/makin-banyak-penduduk-berumur-100-tahun-jepang-hemat-beri-hadiah
Read More

3 Tanda Uang Sudah Rusak Kesehatan Anda

Asalasah ~ Banyak orang yang mengalami stres bahkan sampai mengalami sakit dikarenakan masalah finansial. Hal itu terjadi saat pundi-pundi rupiah di dompet mulai menipis atau banyak cicilan utang yang harus dibayar.
 Setelan entri Label Lifestyle, Kesehatan, Ekonomi Jadwal  28/08/15 17.00  West Indonesia Time Tautan permanen http://asalasah.blogspot.com/2015/08/3-tanda-uang-sudah-rusak-kesehatan-anda.html

"Cara terbaik untuk mengetahui masalah kesehatan yang disebabkan oleh uang adalah jujur ​​dengan diri sendiri," kata Debbi Raja, seorang ahli keuangan  dilansir dari Payscale, Jumat (28/8/2015).

Penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association pada 2014 menunjukkan 64 persen orang dewasa merasa stres karena uang. Sedangkan menurut Urban Institute, satu dari tiga orang Amerika setidaknya memiliki satu cicilan utang.  Berikut ini adalah 3 Tanda Uang Sudah Ganggu Kesehatan Anda:

Menyembunyikan masalah keuangan dari pasangan Anda

70 persen pasangan suami istri cekcok gara-gara masalah uang, menurut survei yang dilakukan Money pada 2014. Jika Anda berada dalam kondisi tersebut, selain tidak menyenangkan juga juga buruk bagi kesehatan Anda.

Sebuah penelitian Ohio State University menemukan bahwa pasangan yang sering bertengkar memiliki risiko obesitas yang lebih besar.

"Jika Anda tidak memiliki penghasilan yang sama dengan pasangan Anda, Anda akan melawan," kata Raja. "Contohnya, 52 persen pernikahan berakhir dengan perceraian, dan 80 persen dari mereka menyatakan karena masalah keuangan." 

Salah berinvestasi

Berspekuluasi di pasar saham sama buruknya bagi kesehatan Anda, dikarenakan berpengaruh terhadap dompet Anda. Kondisi psikologis seperti kecemasan, gangguan panik dan depresi berat adalah penyakit yang paling sering menjangkit para spekulan menurut penelitian University of California.

Para peneliti melihat kondisi psikologis mulai terasa saat para pelaku pasar melakuan anstisipasi atas kemungkinan penurunan harga saham di masa depan. Para pelaku pasar mendapat tekanan mental saat harus mengambil keputusan ditengah ketidakpastian. 

Hutang Menggunung

Besarnya tagihan utang juga berdampak pada kesehatan Anda. Penelitian oleh Northwestern and McGill universities pada 2013 menunjukkan orang dengan tingkat utang yang lebih tinggi mengalami peningkatan tekanan darah diastolik 1,3 persen.

Para peneliti juga menemukan bahwa mereka dengan tingkat utang yang tinggi merasakan 11,7 persen lebih stres dan mengalami peningkatan gejala depresi sebesar 13,2 persen dibandingkan mereka yang tidak mengalami kesulitan keuangan. 


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/2303425/3-tanda-uang-sudah-ganggu-kesehatan-anda
Read More

Bayi Mungil karena Gangguan Plasenta ini Sanggup Bertahan Hidup

Asalasah ~ East Yorkshire, Mollie lahir pada tanggal 27 April lalu, atau 13 minggu lebih awal dari perkiraan dokter. Beratnya saat itu hanyalah 0,48 kg. Mollie 'terpaksa' lahir lebih cepat karena ia berhenti tumbuh dalam kandungan akibat gangguan bernama 'intraurine growth restriction' (IUGR).
 Setelan entri Label Lifestyle, Kesehatan, Ekonomi Jadwal  28/08/15 17.00  West Indonesia Time Tautan permanen http://asalasah.blogspot.com/2015/08/3-tanda-uang-sudah-rusak-kesehatan-anda.html

Karena gangguan ini, tubuh Mollie dalam kandungan tidak tumbuh sempurna sebab adanya gangguan pada plasentanya. Dalam hal ini plasenta yang menghubungkan antara sang ibu dengan Mollie tidak dapat bekerja dengan baik. Ditambah lagi terjadi penyempitan pada tali pusarnya.

"Akibatnya Mollie tidak mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan, bahkan asupan makanannya juga tidak memadai. Tiap minggu tubuhnya semakin mengecil," terang sang ayah, James seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (27/8/2015).

Mollie akhirnya dilahirkan via operasi caesar setelah ibunya mendapatkan pengawasan penuh dari tim dokter selama dua minggu. Ketika dihadapkan pada janin dengan kondisi IUGR semacam ini, tim dokter mengandalkan USG untuk menentukan kapan waktu terbaik melahirkan si bayi.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, bayi IUGR yang terlalu lama berada dalam rahim berisiko mengalami kerusakan otak. Sedangkan jika ingin dilahirkan, dokter harus memastikan apakah si bayi sudah memiliki jantung yang kuat untuk bertahan hidup di luar rahim atau tidak.

Itulah mengapa sesaat setelah lahir, Mollie pun langsung dilarikan ke NICU (neonatal intensive care). Saat itu orang tua Mollie, Stephanie (34) dan James (38) sempat diwanti-wanti jika mungkin si kecil takkan bertahan hingga tiga minggu lamanya.

Tapi Mollie justru menunjukkan perkembangan yang signifikan. Dan akhirnya di usia tiga minggu, kedua orang tuanya bisa menggendongnya untuk pertama kali. Menurut James, tubuh bayinya sangatlah mungil untuk ukuran bayi prematur. Bahkan saking kecilnya, lengan Mollie dapat dimasuki cincin kawin James dengan mudah.

Namun itu tidak berarti Mollie boleh langsung dibawa pulang. Ukuran tubuh Mollie yang mungil memaksa mereka menahan si kecil di rumah sakit sampai ia dinyatakan lebih kuat dan lebih sehat.

Mollie akhirnya diperbolehkan pulang beberapa waktu lalu, tepat setelah 17 minggu dirawat. Bobotnya sudah bertambah hingga menjadi 2,55 kg saat itu. "Kami tak percaya kesempatan ini datang juga. Setelah berminggu-minggu kami hanya bisa menunggu," tutur James.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://health.detik.com/read/2015/08/27/164021/3003069/1300/menakjubkan-bayi-mini-karena-gangguan-plasenta-ini-sanggup-bertahan-hidup
Read More

Gunung Berapi Lumpur di Rusia Ini Berbentuk Mata Raksasa

Asalasah ~ Sakhalin - Fenomena alam unik memang selalu mampu membuat traveler berdecak kagum. Seperti yang bisa dijumpai di Kepulauan Sakhalin, Rusia. Ada gunung berapi lumpur yang berbentuk seperti mata raksasa. Aneh tapi nyata!

Keajaiban alam ini diberitakan juga oleh berbagai media seperti Florida Newstime, Daily Mail, dan AU Total Travel. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (27/8/2015), fenomena langka ini terungkap pertama kali berkat jasa seorang fotografer bernama Mikhail Mikhailov.

Mikhail, fotografer berusia 40 tahun itu, berhasil menangkap momen gunung berapi spesial tersebut dari atas udara. Dia menggunakan helikopter yang terbang rendah untuk memotret gunung berapi unik di Kepulauan Sakhalin ini.

Kepulauan Sakhalin yang terletak di Rusia bagian Timur memang dikenal memiliki bentang alam yang sangat istimewa. Terdiri dari banyak pegunungan, maupun gunung berapi yang masih aktif. Salah satunya adalah Gunung Berapi Lumpur bernama Pugachevskiy.

Alih-alih mengeluarkan lahar panas, Gunung Pugachevskiy menyemburkan lumpur setiap kali meletus. Mirip dengan fenomena yang terjadi di Lumpur Lapindo. Akibatnya, diameternya terus meluas dan bentuknya menyerupai mata manusia yang bisa kita lihat seperti sekarang.

Kawah pusat semburan yang berada di tengah, tampak seperti pupil. Sementara lumpur kecoklatan yang berada di sekelilingnya tampak seperti bulatan mata. Jadilah Gunung Pugachevskiy tampak seperti bola mata raksasa jika dilihat dari atas ketinggian. Menakjubkan!

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://travel.detik.com/read/2015/08/27/193057/3003322/1520/ajaib-gunung-berapi-lumpur-di-rusia-berbentuk-mata-raksasa
Read More

11 Tahun Lagi, Manusia Bisa Pindah ke Planet Mars

Asalasah ~ Mustahil kedengarannya jika umat manusia bisa hidup di luar angkasa seperti hidup di Bumi. Namun, ketidakmungkinan tersebut ditepis oleh Elon Musk, pendiri Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX), sebuah perusahaan manufaktur aerospace dan transportasi luar angkasa.

Musk mengatakan, bahwa dalam waktu sebelas tahun lagi umat manusia bisa `pindah` ke planet Mars. Ia pun mengungkap bahwa SpaceX miliknya akan lebih banyak membeberkan kemungkinan-kemungkinan terkait transportasi manusia ke planet Merah tersebut.

Menurut yang dilaporkan laman Business Insider, dan dikutip Jumat (28/8/2015), Musk yang juga merupakan pendiri Tesla Motors tersebut mengungkap rencananya dengan menghadirkan Mars Colonial Transporter, sebuah pesawat luar angkasa buatan SpaceX yang akan membawa umat manusia menginjakkan kakinya di Mars.

Dijelaskan, Mars Colonial Transporter akan memiliki ukuran 100 kali lebih besar dibandingkan dengan kendaraan Suburban Utility Vehicle (SUV). Pesawat luar angkasa ini akan mengangkut seratus orang dalam waktu yang bersamaan untuk pergi ke Mars.

Kepala divisi pengembangan mesin SpaceX, Tom Mueller, mengatakan bahwa Mars Colonial Transporter akan menggunakan sembilan mesin yang bernama `Raptor` pada satu roket di pesawat tersebut. Mesin tersebut memungkinkan Mars Colonial Transporter bisa membawa beban seberat 100 ton ke Mars.

Selain itu, SpaceX juga akan menggunakan roket besar dengan ukuran diameter 10 meter atau tiga kali lebih besar dari ukuran roket Falcon 9. Tentunya, dengan segudang alat berat yang mampu membuat Mars Colonial Transporter dapat bekerja, diperlukan dana yang tidak sedikit. Sampai saat ini, SpaceX diungkap memiliki kendala terkait terbatasnya dana dan kekurangan peralatan teknologi.

"Yang kami perlukan untuk saat ini adalah dengan mendapatkan cara yang termurah untuk bisa pergi ke Mars. Oleh karena itu SpaceX akan berusaha untuk merealisasikan hal tersebut dengan Mars Colonial Transportation," tutur Musk.

SpaceX sendiri rupanya telah dikontrak oleh NASA untuk mengembangkan kapsul luar angkasa untuk membawa muatan dan astronot ke International Space Station (ISS). SpaceX dinilai berhasil dalam meluncurkan pasokan ke ISS. NASA pun berencana untuk menguji penerbangan manusia pertama dengan kapsul SpaceX pada dua atau tiga tahun ke depan.

Tak hanya itu, NASA juga bekerjasama dengan SpaceX untuk misi eksplorasi Mars tanpa awak yang dinamakan Red Dragon. Misi tersebut memungkinkan ilmuwan untuk meneliti sampel yang dibawa dari Mars ke Bumi pada tahun 2022 mendatang.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://tekno.liputan6.com/read/2302973/11-tahun-lagi-umat-manusia-bisa-hijrah-ke-planet-mars
Read More

Waspadai Gejala Kanker Pita Suara Pada Perokok

Asalasah ~ Berbagai masalah kesehatan mengintai para perokok, mulai dari kepala hingga kaki, salah satunya kanker pita suara atau laring.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), Tjandra Yoga Aditama mengatakan penyakit ini mengintai perokok dengan peluang 40 kali lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak merokok.

"Mereka yang merokok lebih dari 25 batang per hari, atau seseorang yang sudah merokok lebih dari 40 tahun, punya risiko mendapat kanker laring 40 kali lebih banyak daripada bukan perokok," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu 23 Agustus 2015.

Menurut dia, hal ini terjadi karena bahan karsinogen pada asap rokok yang terpapar bertahun-tahun akan menyebabkan perubahan epitel laring, menjadi displasia difus, dan kemungkinan dapat berubah menjadi kanker.

Tjandra mengungkapkan, kematian akibat kanker ini adalah 20 kali lebih sering pada perokok daripada bukan perokok.

Kanker laring umumnya ditandai dengan gejala suara serak yang terjadi selama berbulan-bulan, suara yang tiba-tiba menghilang setelah banyak bicara, sulit menelan makanan dan minuman.

Selain merokok, faktor risiko lain untuk kanker laring di antaranya, kebiasaan minum alkohol berlebihan, umum (50-60 tahun), riwayat keluarga, gender (lebih sering pada pria), diet (daging merah,makanan olahan) dan Human Papiloma Virus (HPV).

Dia menambahkan, pnelitian Balitbangkes menunjukkan, di Indonesia sekitar 60 persen pria dan sedikit di bawah 5 persen perempuan adalah perokok.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://gaya.tempo.co/read/news/2015/08/24/060694416/anda-perokok-waspadai-gejala-kanker-pita-suara
Read More

Penganut Hindu di India Terus Menurun, Sedangkan Muslim Meningkat

Asalasah ~ Sebuah hasil survei terbaru di India menunjukan adanya penurunan terhadap populasi Hindu India, dan rasio umat muslim mengalami peningkatan.

Seperti yang dilansir Channel News Asia pada 26 Agustus 2015, populasi penganut Hindu di India turun di bawah 80 persen untuk pertama kalinya sejak kemerdekaan. Sementara itu, populasi umat Islam semakin meningkat.

Sensus terakhir menunjukkan penganut Hindu turun menjadi 79,8 persen dari keseluruhan populasi negara itu sebesar 1,2 miliar pada 2011, dari 80.5 persen dekade sebelumnya.

Jumlah warga negara beragama Islam di India meningkat menjadi 14,2 persen dari sebelumnya 13,4 persen pada 2001. Umat Kristen tetap pada 2,3 persen dan Sikh jatuh ke 1,7 persen dari 1,9 persen.

Sakshi Maharaj, seorang biksu Hindu yang beralih profesi menjadi politisi, memicu keributan awal tahun ini ketika mengatakan wanita Hindu harus melahirkan setidaknya empat anak untuk memastikan agama mereka terus tetap.

Dalam sensus pertama yang dilaksanakan setelah Inggris memisahkan India dan Pakistan pada 1947, penganut Hindu sebesar 84.1 persen dari keseluruhan populasi India.

Dengan pengumuman data terbaru itu, kalangan media negara itu menganggap pemerintah mungkin sengaja menunda pengumuman data itu sebelum ini karena jelas menunjukkan peningkatan jumlah orang Islam.

Kalangan anggota parlemen partai berkuasa pimpinan Perdana Menteri, Narendra Modi, sebelum ini sudah beberapa kali menyuarakan keprihatinan tentang peningkatan umat Islam di India.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://dunia.tempo.co/read/news/2015/08/27/118695325/penganut-hindu-di-india-menurun-umat-muslim-meningkat
Read More