Google Akan Sebarkan Internet 5G menggunakan Balaon & Drone

Asalasah ~ Google menggelar proyek rahasia untuk mengembangkan sekaligus menguji pesawat tanpa awak (drone) bertenaga surya yang akan menyebarkan akses Internet dengan kode nama Project SkyBender.

Menurut laporan The Guardian, Google telah menyewa hanggar pesawat Spaceport America dari Virgin Galactic untuk mengembangkan drone tersebut. Hanggar ini berada di New Mexico, Amerika Serikat.
http://www.asalasah.com/2016/02/google-akan-sebarkan-internet-5g.html


Google menyewa hanggar itu seharga US$ 1.000 per hari dan serta tambahan US$ 300.000 untuk memungkinkan Spaceport America membangun instalasi dan server, penerima sinyal, dan teknologi lain.

Sejatinya, drone ini adalah hasil pengembangan perusahaan Titan Aerospace yang diakuisisi Google pada 2014. Pesawat itu akan membawa teknologi transmisi data dapat dapat menjadi salah satu infrastruktur tulang punggung Internet 5G.

Google dan Titan Aerospace sendiri sedang mengembangkan drone bertenaga surya yang disebut Centaur.

Google saat ini mulai mengembangkan bisnis untuk jadi produsen infrastruktur telekomunikasi. Mereka juga telah membangun balon udara bernama Project Loon yang bisa menyebar akses Internet 4G LTE.

Di sini, Google menyediakan balon udara sekaligus radio akses untuk menyebarkan sinyal Internet Wi-Fi ke Bumi. Balon itu terbang di ketinggian 20 kilometer, lebih tinggi dibandingkan pesawat komersial yang terbang sekitar 12 kilometer.

Selain Google, Facebook saat ini juga sedang mengembangkan drone tenaga surya bernama Aquila untuk menyebar Internet. Hal ini bisa dilakukan Facebook setelah mereka mengakuisisi perusahaan drone Ascenta asal Inggris

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160201123746-213-108011/selain-balon-google-sebar-internet-5g-dengan-drone/