Jangan Biarkan Anak Anda Duduk Bersimpuh Berbentuk 'W'! Ini Bahayanya

Asalasah ~ Sudah menjadi kebiasaan banyak anak kecil dan mungkin termasuk anak kita sendiri yang sering duduk dengan melipat kaki seakan-akan berbentuk W atau juga dikenal dengan Simpuh katak.

Ia memang terlihat menjadi kebiasaan anak-anak berusia 2 tahun kebawah tetapi tahukah Anda bahwa cara duduk begitu jika menjadi kebiasaan dan berlanjut sampai usia lebih dari dua tahun itu sebenarnya dapat mempengaruhi perkembangan gerakan anak.

Mengutip tulisan di web childsplaytherapycenter.com, cara duduk tersebut akan menyebabkan otot bawah tubuh anak akan menerima tekanan di mana ia dapat mempengaruhi perkembangan kekuatan otot (bagian otot perut) dan beberapa keterampilan motorik kasar seperti melompat dan juga berlari.

Meskipun cara duduk seperti ini membuat anak nyaman tetapi sebenarnya otot bagian atas tubuh mereka tidak banyak bekerja karena mereka menggunakan bagian bawah tubuh sebagai dukungan dan tergantung pada struktur sendi dan bukan bagian otot saat bermain dalam posisi ini.

Selain itu, karena kebiasaan duduk seperti ini akan menyebakan otot kaki, pinggul dan pergelangan kaki anak kemungkinan mengalami masalah "hip dislocation" yakni masalah posisi sendi pinggul.

Antara dampaknya akan menyebabkan cara anak Anda berjalan seperti kaki melengkung ke dalam (seperti gambar di bawah) dan menyebabkan anak sering hilang keseimbangan.



Frekuensi untuk duduk Simpuh katak ini akan memberikan masalah untuk mereka duduk di kursi tanpa menggunakan tangan sebagai alat dukungan keseimbangan.


Jadi jika nampak anak sering duduk dalam kondisi ini, minta dia mengubah posisi.

Apakah duduk dalam keadaan bersila atau duduk di atas kursi yang mana lebih baik untuk pembentukan tubuh mereka
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.siakapkeli.my/2016/02/jangan-biarkan-anak-anda-duduk.html