Kembalikan Domain Google.com ke Google, Pria Ini Dihadiahi 166 Juta Rupiah

Asalasah ~ Masih ingat pemuda bernama Sanmay Ved yang 'tidak sengaja' memiliki domain Google.com seharga US$12 atau sekitar Rp176 ribu? Raksasa teknologi Google akhirnya memberinya imbalan.
http://www.asalasah.com/2016/02/kembalikan-domain-googlecom-ke-google.html

Sekitar awal bulan Oktober 2015, Ved yang sedang kuliah di Babson College, Massachusetts, Amerika Serikat menemukan domain google.com yang ternyata tersedia untuk dibeli. Niat iseng, ia pun mengklik ikon chart agar bisa benar-benar diproses ke tahap transaksi.

Setelah memiliki domain dari kerajaan teknologi termahsyur itu, pihak Google akhirnya diberi laporan olehnya mengenai insiden tersebut. Nah, baru-baru ini Google mengumumkan bahwa perusahaan telah menghibahkan imbalan kepada Ved

Dalam sebuah publikasi di blog resmi perusahaan, Google menyatakan bahwa telah menghadiahkan Ved uang senilai US$6.006,13 atau setara Rp82,8 juta.

Ved kemudian memutuskan untuk mendonasikan hadiah tersebut kepada yayasan yang bergerak di bidang edukasi, The Art of Living India. Mengetahui hal ini, Google pun menambah dua kali lipat hadiahnya.

"Hadiah berupa uang yang kami berikan untuk Sanmay awalnya berjumlah US$6.006,13. Lalu kami tambah dua kali lipat ketika Sanmay mendonasikannya sebagai amal pendidikan kepada sebuah yayasan," tulis Google.

Artinya Ved menerima sekitar US$12.012,26 atau setara Rp166 juta.

Sebelumnya, Ved bercerita bahwa kala itu ia tengah memelajari tampilan antarmuka dari fitur Google Domains--sebuah layanan untuk membeli domain yang dikelola Google. Saat ia mengetik 'google.com' dan mencarinya, domain itu malah tersedia alias available untuk dibeli. Ia lalu mengklik ikon berlambang troli untuk membelinya yang terletak di samping alamat domain.

Ved betul-betul telah melakukan pembayaran domain google.com seharga US$12 atau setara Rp176 ribu pada saat itu. Tak lama, ia menerima dua pesan email dari sc-noreply@google.com dan wmt-noreply.google.com.

Ia juga mengaku, Google Webmaster Tools miliknya telah diperbarui secara otomatis dengan pesan webmaster untuk domain Google.com. Hal ini ia anggap betul-betul menandakan bahwa kepemilikan Google.com telah berpindah tangan ke Ved walaupun hanya sesaat saja.

Selain mengumumkan soal pemberian hadiah kepada Ved, Google turut menyebutkan hadiah lainnya yang perusahaan hibahkan kepada para hacker dan peneliti keamanan yang jumlahnya lebih dari 300 orang.

Mereka berhasil menemukan cela di layanan mesin pencari Google dan perusahaan telah memberi hadiah dengan total US$2 juta atau sekitar Rp27 miliar

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160129114439-185-107543/pemilik-sementara-domain-google-diganjar-166-juta-rupiah/