Al-Quran Berusia Lebih 300 Tahun Jadi Khazanah Di Selatan Thailand

Asalasah ~  KUALA LUMPUR - Beberapa naskah al-Quran dan kitab-kitab lama berusia lebih 300 tahun yang ditemukan di wilayah selatan Thailand menjadi khazanah penting dan bernilai bagi penduduk Islam di wilayah itu.

Kepala Sekolah Menengah Samanmit Vittaya di wilayah Narathiwat, Mahamad Lutfi Hajisamae, yang memulai inisiatif pengumpulan bahan-bahan tersebut, mengatakan sekolah tersebut menjadi pusat penyimpanan kitab-kitab yang dikumpulkan sejak dua tahun lalu.

"Al-Quran yang dikumpulkan itu merupakan warisan dari nenek moyang saya dan beberapa diperoleh dari luar negara seperti Yaman, Arab Saudi dan Indonesia.

"Kami juga berhasil menyatukan beberapa buah al-Quran dari penduduk yang tinggal di daerah ini. Ada al-Quran yang berasal dari Yaman yang ditulis pada tahun 1634, "katanya ketika dihubungi Bernama.

Dia mengatakan ada al-Quran dan kitab yang dikumpulkan itu masih berada dalam kondisi baik dan sebagian besar hampir rusak serta terkoyak sehingga harus menggunakan sarung tangan untuk menyentuh naskah tersebut.
 
http://www.asalasah.com/2016/03/al-quran-berusia-lebih-300-tahun-jadi.html

"Ini harus disimpan di dalam kamar kedap udara untuk menghindari setiap kelembaban udara supaya naskah tersebut tidak bertambah rusak," katanya.

Mahamad Lutfi mengatakan sebanyak 74 eksemplar al-Quran sudah diperbaiki oleh ahli dalam bidang pemulihan di Turki dan kini disimpan di ruang penyimpanan al-Quran di sekolah itu sementara 29 buah lagi masih dalam proses pemulihan.

Dia mengatakan proses pemulihan kitab-kitab tersebut membutuhkan waktu antara delapan bulan dan satu tahun, tergantung kondisi kerusakan kitab tersebut.

Selain al-Quran, sekolah itu juga mengumpulkan 15 kategori kitab dan manuskrip para ulama Fathoni (ulama yang berasal dari wilayah Pattani) seperti kitab agama, sains dan medis serta manuskrip pembuatan perahu yang semuanya berjumlah 1.000 buah.

Sebagai langkah konservasi naskah bersangkutan, Mahamad Lutfi mengatakan Kementerian Kebudayaan Thailand sedang bekerjasama dengan pemerintah Turki untuk membangun sebuah Museum Majelis Pusaka Islam di sekolah itu.

"Kami sedang menjalankan program pembangunan museum itu dengan menggunakan dana sebesar 142 juta baht (RM16.4 juta) dan diharapkan selesai tahun depan.

"Saya harap museum itu akan menjadi satu dari pusat kemajuan khazanah Islam di negara ini dan akan menarik hati semua orang Islam di Nusantara bahkan di seluruh dunia," katanya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.mynewshub.cc/2016/03/06/al-quran-berusia-lebih-300-tahun-jadi-khazanah-di-selatan-thailand/