Berapa Lama Mulai Hamil Setelah Berhubungan Dan Apa Ciri-Ciri Hamil?

Asalasah ~ maslaha Berapa Lama Mulai Hamil Setelah Berhubungan.

Assalammualaikum, dok saya mau tanya. Jika melakukan hubungan intim saat 3hari setelah masa haid apakah itu masa subur? Dan jika saat berhubungan sperma sang cowo nya tidak dikeluarkan didalam apakah kemungkinan bisa hamil? Tolong dijawab ya dok trrimakasih.
http://www.asalasah.com/2016/03/berapa-lama-mulai-hamil-setelah.html

Jawaban mengenai Berapa Lama Mulai Hamil Setelah Berhubungan

Masa subur
Masa subur adalah masa yang tepat untuk mempertemukan sel telur wanita dan sel sperma pria agar dapat terjadi pembuahan yang berakhir pada kehamilan. Masa subur wanita berada di sekitar waktu ovulasi (pelepasan sel telur), yakni 4-5 hari sebelum ovulasi dan 12-24 jam setelah ovulasi. Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur 28 hari, ovulasi umumnya terjadi sekitar 12-14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Artinya, masa subur wanita berada di sekitar 13-18 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Perhitungan ini dapat dijadikan sebagai patokan apabila wanita tersebut memiiki siklus menstruasi yang tidak teratur. Karenanya sulit untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai masa subur tanpa mengetahui siklus menstruasi Anda. Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi yang pendek, ovulasi dapat terjadi hanya beberapa hari setelah menstruasi berakhir. Untuk memastikannya, Anda dapat menghitung sendiri masa subur Anda. Caranya adalah dengan mencatat siklus menstruasi selama minimal 8 bulan, kemudian kurangi siklus terpendek Anda dengan 18 hari, lalu kurangi siklus terpanjang Anda dengan 11 hari. Hari di antara kedua tanggal ini merupakan masa subur Anda. Selain itu, mengetahui masa subur wanita pun dapat dilakukan dengan mengukur suhu basal dan mengecek lendir sekviks.

Usia sperma
Sperma adalah sel gamet yang dihasilkan oleh organ reproduksi pria (testis). Sperma terejakulasi melalui spenis pria bersama dengan cairan semen. Setelah sperma terejakulasi di luar tubuh, berbagai faktor eksternal mulai mempengaruhinya. Menurut para ahli medis, dalam tubuh wanita, sperma dapat hidup hingga 5 hari. Sedangkan sperma yang dibiarkan di udara terbuka (seperti pakaian atau tempat tidur yang kering) akan mati setelah cairan semen mengering, atau sekitar 20 menit hingga 1 jam. Kondisi ini tergantung pada faktor lingkungan dan paparan udara. Namun dalam air (seperti bak mandi air hangat atau air panas), sperma akan cenderung hidup lebih lama. Meski demikian, kemungkinan sperma yang berada di air dan menemukan jalan ke vagina wanita pada saat ia berenang dan membuatnya hamil sejauh ini masih sangat rendah. Tapi sejatinya, hanya dibutuhkan 1 sperma untuk membuahi sel telur. Karenanya, kemungkinan terjadinya kehamilan akan tetap ada.

Untuk memastikan terjadinya kehamilan atau tidak, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini:
  • Amati perubahan ppada kehamilan yang mungkin Anda alami, seperti pembesaran dan pengencangan payudara, peningkatan frekuensi BAK, mudah lelah, mual muntah, sensitif terhadap bau, nafsu makan berkurang, konstipasi, pusing, mood swing, flek implantasi, atau terlambat menstruasi.
  • Lakukan tes pack untuk mengukur kadar hCG dalam urin
  • Berkonsultasi dengan dokter, untuk dilakukan pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan darah, dopler, atau USG
pengecekan melalui tespack sebaiknya dilakukan saat haid terlambat 2hari atau 12hari setelah berhubungan ya dok? apakah susahnya BAB juga salah satu tanda kehamilan dok?

Testpack
Menurut beberapa literatur, untuk mendapatkan hasil yang akurat, tes kehamilan menggunakan testpack sebaiknya dilakukan pada 1 minggu setelah terlambat menstruasi. Hal ini dilakukan untuk menunggu kadar hormon beta hCG yang cukup sehingga dapat dideteksi oleh testpack. Namun hal ini bukanlah patokan baku, mengingat berbagai alat testpack yang beredar di pasaran memiliki sensitifitas berbeda-beda.

Tanda kehamilan
Wanita yang hamil umumnya akan merasakan berbagai perubahan terjadi pada dirinya. Hal ini terjadi karena perubahan hormonal setiap wanita dalam mempersiapkan tumbuhnya janin dalam rahimnya. Perubahan ini tidak selalu sama dialami oleh setiap wanita, di antaranya:
  • Mual muntah
  • Penurunan nafsu makan
  • Pusing
  • Sering BAK
  • Sulit BAB
  • Payudara nyeri dan mengencang
  • Mood swing
  • Peningkatan sensitifitas terhadap bebauan
  • Mudah lelah
Untuk memastikan kehamilan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi. Jika diperlukan, dokter dapat melakukan pemeriksaan laboratorium dan USG.
Sekian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

Berapa Lama Mulai Hamil Setelah Berhubungan Dan Apa Ciri-Ciri Hamil?  Tambahan


Q1: Dear Dokter, Saya mau tanya, berapa hari setelah berhubungan intim kita bisa mengetahui sudah hamil atau tidak? Apakah setelah 2 atau 3 hari bisa?

A1: Biasanya periksa urin untuk tes kehamilan baru bisa terdeteksi hamil setelah adanya keterlambatan menstruasi kira-kira 2 hari dari jadwal menstruasi yang seharusnya.

Q2: Soalnya 2 hari setelah menstruasi, saya langsung berhubungan intim. Jadi karena segera ingin mengetahui hamil atau tidak, apakah hasilnya bisa dilihat menggunakan test pack setelah 3 hari berhubungan intim tersebut dokter? Dan apa hasilnya akurat walaupun ditest setelah 3 hari berhubungan intim tersebut dokter?

A2: Tentu tidak bisa, karena dua hari setelah haid itu bukan masa subur Anda. Jika haid Anda teratur, maka masa subur Anda adalah 14 hari menjelang haid yang akan datang, +- 1 hari. Kemarin sudah dijelaskan tes kehamilan baru bisa dideteksi dari urine jika sudah ada keterlambatan haid minimal 2 hari dari jadwal haid berikutnya, tentunya hal ini bisa dilakukan kalau haid Anda teratur.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://dokita.co/blog/berapa-hari-setelah-berhubungan-intim-kita-bisa-mengetahui-sudah-hamil-atau-tidak/ | http://www.alodokter.com/komunitas/topic/apakah-hamil-14/