Apa Itu Batik? Berikut Hal yang harus kamu tahu tentang batik Indonesia

Asalasah ~ Nah setiap harinya mungkin kita selalu menjumpai orang  berpakaian batik, tapi kamu tidak tau apa itu batik sehingga tidak menyadari bahkan pakaian yang kamu pakai sekarang kadang juga batik. Jadi sobat asalasah, Apa Itu Batik? Berikut Hal yang harus kamu tahu tentang batik Indonesia

Apa Itu Batik? 


1. Batik adalah sebuah tradisi melukis di atas kain asli Indonesia. Batik adalah kain yang digambar dengan aneka motif unik dan khas yang di kreasikan dalam berbagai rupa dan fungsi dan digunakan oleh masyarakat.

2. Motif batik yang muncul pada kain dibuat dengan cara dilukis dengan menggunakan canting dengan malam dan menggunakan teknik pewarnaan yang menggunakan bahan alami.

3. Batik adalah salah satu mahakarya Indonesia yang di tetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Oleh karena itu tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari batik nasional.

4. Jika kita hanya membicarakan batik asli Indonesia, secara teknik hanya ada 3, yaitu:
- Batik tulis adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
- Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
- Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

5. Setiap motif pada batik memiliki sejarah dan filosofinya sendiri. Motif batik yang ada di seluruh Indonesia memiliki khas daerahnya sendiri. Secara umum, batik yang dibuat oleh komunitas atau warga yang hidup di daerah pesisir memiliki motif khas yang cenderung bersifat naturalis dan warna yang cerah sebagaimana yang nampak pada batik Cirebon atau Pekalongan. Sedangkan, pada batik Jogja atau Solo, warna cenderung gelap, cokelat, hitam atau kuning dan motifnya lebih bersifat abstrak. Namun biasanya dalam batik klasik, motif yang ada adalah mengandung doa, harapan, atau suatu peristiwa yang terjadi di daerah tersebut.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: