Kisah Ayu Tri Handayani, Sang Pembatik Difabel

Asalasah ~ Batik ialah sebuah karya seni asli Indonesia, batik keseluruhanya dilukis menggunakan tangan dan canting. Tapi apakah kayaner’s pernah berfikir menukis motif batik yang cantik itu menggunakan kaki ?
 
http://www.asalasah.com/2016/04/kisah-ayu-tri-handayani-sang-pembatik.html

Mungkin sebagian dari kita tidak akan percaya ? Tapi pada kenyataanya ada Pembatik yang melukis motif batik dengan kaki .

Terdapat seorang perempuan yang berasal dari Solo bernama Ayu Tri Handayani yang membatik dengan menggunakan kaki. Karna tak memiliki tangan yang tak sempurna tetapi keterbatasan bukan menjadi penghalang Ayu untuk meraih kesuksesan.

Karya yang dihasilkan oleh Ayu memiliki harga jual yang tinggi hingga belasan juta rupiah, saat ini Ayu sudah memiliki showroom untuk memamerkan karyanya.

Canting yang ada pada jari kakinya bergerak indah, melukiskan batik di atas kain polos. Perempuan asal Banjarsari – Solo ini memiliki kelebihan yang spesial dibandingkan dengan pembatik lain. Ia menggunakan kaki untuk melakukan pekerjaan sulit yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian

Dengan kekurangan yang dimilikinya tak mematahkan semangat Ayu. Meski tanpa kedua tangan yang tumbuh tidak sempurna. Ayu mampu menggapai cita-citanya menjadi pembatik. Ayu memulai membatik sejak bersekolah di Yayasan Pembina Cacat Surakarta. Dengan ketekunan, kini karya Ayu tidak kalah dengan pembatik lainnya. Bahkan banyak dihargai orangkarena motifnya dari hasil goresa kaki.

Batik karyanya dijual 100.000-150.000 rupiah. Bahkan Sri Hastuti istri Bibit Waluyo, mantan Gubernur Jawa Tengah, pernah membelinya seharga lima belas juta rupiah.

Yuk selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki dari Tuhan, beruntunglah untuk kita yang memiliki anggota fisik yang sempurna 

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://forum.idws.id/threads/ayu-tri-handayani-sang-pembatik-difabel.520168/