Kisah Sebenarnya Dibalik Foto Viral Petugas Dishub Keroyok Seorang Pengendara

Asalasah ~ Baru saja kemarin heboh dengan kejadian seorang pria yang dikeroyok petugas dishub dan bikin netizen geram? Ternyata kisahnya tidak seperti status viral yang dibuat, Kamis (14/4/2016). Berawal dari sebuah foto kisah jadi viral di Facebook dan Path.

Netizen melaporkan sebuah kejadian yang bikin geram, Rabu (13/4/2016) sore kemarin. Beberapa petugas Dinas Perhubungan dilaporkan menghajar seorang pengendara mobil.

Menurut laporan netizen pengendara mobil yang tak sengaja menabrak mobil dishub telah meminta maaf namun bukannya bicara baik-baik petugas dishub justru menghajar pengendara tersebut.

Pengendara sekitar yang melerai malah jadi sasaran 'amukan' si petugas. Akun Facebook Nizam melaporkan peristiwa tersebut.


"Bantu Share Biar ini petugas Dishub terkenal!!" 
"Kejadian didepan Mall Kota Kasablanka,pengendara mobil ngerem mendadak nabrak mobil itu dishub,si pengendara mobil turun dan meminta maaf kepada itu orang dishub,tapi malah si pengendara di kerubungi petugas dishub lain nya dan menghajar ramai2 si pengendara!!"
"Mau di lerai sama orang yg ngelihat tapi para petugas arogan ga berprikemanusiaan itu sombong dan ngomong : Gue ini petugas, lo diem aja gue petugas!!! " 
"Sungguh songong nih orang!! Plat No.mobil dishub nya : B 8566 WU." 
"Share biar itu orang dipecat dari kerjaannya!!!"
Irfan Nizam juga kemudian bagikan foto dan status temannya bernama Shendy yang berada di lokasi.

Berikut keterangannya melalui akun Path:
"Ada orang ngerem mendadak gak sengaja nabrak mobil petugas dishub.
Orangnya udah minta-minta maaf dan ampun tapi malah dikeroyok sama 3 petugas dishub."
 
"Sampai kepalanya bapak ini dijedot-jedotin ke bemper mobil." 
"Orang-orang yang mau misahin malah dipukul dan teriak-teriak." 
"Gue petugas! Lo diem aja gue petugas!" 
"WHAT THE **** INDONESIA!!!!" 
"Mentang-mentang petugas di mana rasa kemanusiaanmu??" 
"Orangnya udah minta maaf masih aja digebukin ramai-ramai."


Netizen geram, mereka ramai-ramai bagikan foto kisah ini di sosial media. Tak sedikit yang berharap hal ini sampai ke Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan langsung mendapat ganjaran pemecatan.

Baru beberapa jam diposting sudah ada 7.285 akun Facebook membagikan postingan tersebut. Ternyata pria yang dikeroyok tersebut bernama Muhammad Fauzi (38), pengemudi Taksi Uber.

Kisah Sebenarnya...


Seperti dikutip dari Wartakotalive.com, kisahnya berawal dari sopir yang terkejut saat mobil yang dikendarainya akan diderek petugas Suku Dinas Perhubungan dan TransportasiJakarta Selatan di Jalan Pal Batu, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu ‎(13/4/2016) siang.

Karena tidak ingin mobil jenis Hyundai berwarna silver dengan nomor polisi B 1438 SON dikandangkan, dia nekat menabrak mobil patroli Sudinhubtrans Jakarta Selatan. Saat kejadian, pengemudi yang tinggal di Pinang Ranti, Jakarta Timur itu sedang memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan.

Sekitar setengah jam, kendaraan itu parkir di badan jalan. Karena melihat ada mobil yang sedang parkir, maka petugas Sudinhubtrans Jakarta Selatan langsung bergegas ingin menindak pengemudi itu.

Saat dipergoki petugas ternyata pengemudi sedang tertidur. Pria paruh baya itu langsung panik dan ingin melarikan diri.

Tak disangka, pengemudi malah memasukan gigi majunya dan menabrak bemper belakang mobil patroli petugas Sudinhubtrans Jakarta Selatan dengan nomor polisi B 8566‎ WU berwarna merah itu.
"Mobilnya parkir sembarangan, lalu kita palang untuk diderek, terus dia kabur nabrak bagian belakang mobil patroli."

"Mungkin karena panik dia jadi ugal-ugalan, dua mobil di depannya diserempet juga," kata Jatmiko Herlambang (29) Koordinator Derek Sudinhubtrans Jakarta Selatan kepada reporter Warta Kota, Bintang Pradewo.

Kemudian, dia berhasil melarikan diri ke arah Mal Kota Kasab‎lanka. Sejauh 1 kilometer, 3 petugas patroli dengan membawa mobil yang ditabrak mengejar pengemudi tersebut. Akhirnya, pengemudi bisa diamankan di depan mall Kota Kasablanka.

"Langsung kita tindak, kita masukin orangnya ke mobil patroli. Pemilik sama mobilnya diamankan di Kantor Sudinhubtrans," ucapnya.

Saat diinterogasi petugas, ternyata handphone Androi‎d milik pengemudi berbunyi. Ternyata, pengemudi merupakan supir Uber Taksi. Karena memang handphone itu memiliki aplikasi Uber.

"Dia diamankan di mobil patroli, mobil saya yang bawa. Kan hp pelaku ketinggalan di mobil, ada suara ponsel bunyi, setelah diperiksa ada panggilan customer dari aplikasi Uber. Ketika diinterograsi di kantor dia mengaku supir Uber,"‎ ucapnya.

Hingga sekarang pengemudi sudah diperbolehkan pulang, sementara mobilnya diamankan di halaman parkir Kantor Sudinhubtrans Jakarta Selatan.‎

"Sampai saat ini belum diambil mobilnya. Kita menunggu diambil dan ganti rugi," kata dia.‎‎ (*)

Asalasah | Sumber: tribunews