Apa Saja Manfaat Teh Hitam? Ini Dia

Asalasah ~   " Penyakit seperti jantung koroner, diabetes, stroke, hipertensi dan kanker hati tidak hanya menyrang usia-usia lanjut, namun juga usia-usia yang produktif. Dan sayangnya penyakit-penyakit seperti ini banyak terdapat di Indonesia. "

Penyakit jantung koroner bahkan menduduki peringkat satu yang menjadi penyebab kematian di Indonesia.

Sedang Indonesia mendududki peringkat ke 4 terbanyak yang memiliki penderita diabetes. Dan umumnya penderitanya tak lagi orang yang berusia 50 tahun ke atas, namun pada usia 24 – 45 tahun. Khok bisa ya?
http://2.bp.blogspot.com/-3efkOzBgEsI/T3w1zlU1i5I/AAAAAAAABkw/bKuUE8UKmzk/s1600/546920_122619661202695_100003639868700_106656_1682259201_a.jpg

Salah satu penyebabnya adalah adanya akumulasi radikal bebas atau oksidan yang menghancurkan system jaringan dan inDNA dalam tubusehingga kondisi ini menstimulus percepatan proses penuaan, penghancuran lever dan menyebabkan penyakit seperti jantung dan kanker.

Lalu apa saja yang bisa mengurangi atau menghindarkan penyakit -penyakit seperti itu ya?

Menurut para ahli kesehatan dan gizi, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah melakukan pengobatan alamiah seperti mengkonsumsi teh hitam (black tea).

Teh sendiri di bagi menjadi 3 jenis menurut proses pengolahannya, yaitu teh hitam (fermentasi atau oksimatis (=oksidasi ensimatis)), teh oolong dan teh hijau.

Komposisi senyawa dari teh hitam mampu menurunkan resiko kanker, kadar kolesterol dalam darah, mencegah penuaan, dan jantung koroner. Dalam the hitam terkandung theaflavin yang merupakan antioksidan, anti kanker, anti mutagenic, antidiabetis dan anti penyakit lainnya.

Penelitian di Belanda menyatakan kebiasaan minum the hitam bisa mencegah penumpukan kolesterol pada pembuluh arteri terutama pada wanita. Minum 1-2 cangkir bisa menekan penimbunan kolesterol hingga 46%, dan 4 cangkir mencapai 69%. Sedang di Amerika, minum the hitam mengurangi 40 % terkena serangan jantung.

Dalam kasus orang berpenyakit diabetes, teh hitam menjadi semacam sumber pangan alami karena terbukti meningkatkan aktivitas insulin yang terkandung di dalam teh hitam melebihi teh hijau dan teh oolong.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.kagakribet.com/health.php/vv5v24p0355O/Teh-Hitam-dan-Manfaatnya.html