Bulan Ramadhan, Indonesia Nomor Dua Paling 'Aktif' di Dunia

AsalasahTwitter sudah mengumumkan akun khusus dalam menyemarakkan bulan ramadhan, yakni @ramadhan pada minggu lalu. Menariknya, akun tersebut dibuat oleh Twitter untuk masyarakat Indonesia.

Country Business Head Twitter Indonesia, Roy Simangunsong mengatakan, pada saat momen bulan puasa seperti sekarang ini, setidaknya media sosial berlogo burung itu mencatat ada 8,4 miliar kicauan yang terkait tentang Ramadhan secara global.

 https://4.bp.blogspot.com/-i1RMGRN9D7k/VYSnvyugizI/AAAAAAAACUk/7fdL8CpCv54/s640/twitter%2Bramadhan.jpg
"(Dari 8,4 miliar kicauan) itu, Indonesia berkontribusi nomor dua terbesar. Melihat tweet impresions itu, kita melihat betapa besar aktifnya pengguna Indonesia ketika bulan Ramadhan, maka dari itu kita hadirkan akun khusus," ujar Roy ditemui di acara Buka Bersama Twitter di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2016.

Dalam akun tersebut, tersedia berbagai informasi mengenai informasi yang diberikan kepada pengguna. Melalui akun tersebut, pengguna cukup memposting ke @ramadhan yang disertai tanda pagar (tagar) atau hastag tertentu untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

"Konten-konten informasi itu ada yang melalui DM (Direct Message), ada juga yang langsung. Sampai saat ini, ada 3.500 konten yang dikirim lewat DM per harinya. Itu menandakan tinggi antusias terhadap akun @ramadhan," ucapnya.

Roy menjelaskan, akun sejenis seperti @ramadhan dalam menyemarakkan momen-momen tertentu, belum dipastikan dilahirkan kembali oleh Twitter. Sebab, momen yang lainnya masa waktunya tak sepanjang seperti yang terjadi di bulan Ramadhan.

"Hari-hari peringatan atau kebesaran lainnya kan hanya terjadi sehari, tidak sepanjang bulan Ramadan. Jadi, kita belum bisa pastikan akan ada akun serupa atau tidak," ungkap pria berkaca mata ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, kehadiran @ramadhan ini berbarengan dengan dirilisnya emoji spesial bulan puasa yang berbentuk bulan dan masjid. Emoji itu akan muncul saat pengguna mengetik salah satu tagar #KebersamaanRamadhan, #Ramadhan, #BulanPuasa, #Puasa, #Sahur, atau #BukaPuasa.

Sementara informasi yang disajikan pada @ramadhan, Twitter menggaet beberapa pegiat media sosial, seperti Bondan Winarno untuk yang ingin mengetahui wisata kuliner dan Aa Gym bagi yang ingin mendapatkan siraman rohani.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.viva.co.id/ramadan2016/read/785741-ramadan-indonesia-nomor-dua-paling-cerewet-di-dunia