Daftar 14 Kampus Terbaik di Timur Tengah

Asalasah ~ Times Higher Ecucation (THE) Emerging Economies merilis daftar 14 universitas terbaik di dunia Arab. King Abdulaziz University, Arab Saudi, yang menjadi kampus Osama bin Laden menduduki peringkat nomor satu.

Daftar kampus yang dirilis sebenarnya ada 100, namun 14 besar yang masuk merupakan kampus-kampus yang menonjol.
 http://3.bp.blogspot.com/-3orhDRcQJys/VJSE1eG6ZOI/AAAAAAAACvQ/Zhu23Uisey4/s1600/%D8%AC%D8%A7%D9%85%D8%B9%D8%A9%2B%D9%86%D8%A7%D9%8A%D9%81%2B%D8%A7%D9%84%D8%B9%D8%B1%D8%A8%D9%8A%D8%A9%2B%D9%84%D9%84%D8%B9%D9%84%D9%88%D9%85%2B%D8%A7%D9%84%D8%A3%D9%85%D9%86%D9%8A%D8%A9.jpg
Rilis universitas terbaik ini juga tidak biasa. Karena pada umumnya, kampus-kampus dunia yang diunggulkan biasanya dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman dan Italia.

Alasan masalah geopolitik Timur Tengah menjadi acuan universitas-universitas di dunia Arab menjadi sorotan. Secara lengkap, inilah 14 universitas terbaik di dunia Arab pada tahun ini.

1. King Abdulaziz University, Arab Saudi
Secara resmi perguruan tinggi terbaik di dunia Arab, King Abdulaziz University pertama kali didirikan pada tahun 1967 di Kota Jeddah, kota terbesar kedua di Arab Saudi. Alumnus paling terkenal di universitas adalah pendiri kelompok Al-Qaeda, Osama bin Laden yang dianggap pemimpin teroris oleh Amerika Serikat. Pengunjung kampus terbaik baru-baru ini salah satunya adalah Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.


2. American University of Beirut, Libanon
Universitas di luar Arab Saudi ini berlokasi di Beirut, di mana mahasiswa di American University of Beirut mendapatkan pendidikan yang unggul. Alumni terkenal dari kampus ini adalah Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani.

3. King Fahd University of Petroleum & Minerals, Saudi Arabia
Tidak mengherankan jika mengingat namanya, bahwa King Fahd University mengkhususkan diri dalam studi industri minyak. Kampus ini terletak di Kota Dharhan, pusat administrasi penting bagi industri di Saudi.

4. King Saud University, Arab Saudi
Kampus ini merupakan yang pertama dari tiga universitas yang didirikan di Saudi dan kini masuk empat besar terbaik di dunia Arab. King Saud University berbasis di Ibu Kota Riyadh dan pernah dinamai Riyadh University sampai tahun 1982. Kampus ini menjadi rujukan yang sangat baik untuk prospek internasional dan industri.

5. United Arab Emirates University, UEA
Universitas top UEA berlokasi di Kota Al Ain, sekitar 100 mil dari Abu Dhabi. Universitas ini sangat penting dalam mendidik hampir semua politisi top negara dan pengusaha. Ahmed bin Zayed Al Nahyan, mantan bos dari Abu Dhabi Investment Authority, dan 27 tokoh berkuasa di dunia adalah alumnus kampus ini.

6. Qatar University, Qatar
Universitas ini adalah satu-satunya lembaga publik terbesar di Qatar. Kampus tersebut juga menjadi rumah bagi tujuh perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi yang sangat dihormati di dunia farmasi. Kampus ini memiliki lebih dari 16.000 mahasiswa.

7. Sultan Qaboos University, Oman
Meskipun menjadi satu-satunya universitas di Oman, Sultan Qaboos University menjadi salah satu kampus terbaik di seluruh Timur Tengah. Penamaan kampus itu sengaja sebagai penghormatan untuk sultan di negara itu.

8. American University of Sharjah, UEA
Didirikan pada pertengahan 1990-an, American University of Sharjah menjadi kebanggaan karena beberapa menteri dari UEA sebagai alumninya. Universitas ini memiliki skor wawasan internasional sangat tinggi 95,6-100.

9. Jordan University of Science and Technology, Yordania
Selain terkenal indah, kampus ini merupakan yang terbaik di Yordania, menurut Times Higher Education (THE). Sekolah ini mencetak 62,2 poin untuk fokus internasional.

10. Suez Canal University, Mesir
Universitas Suez Canal menduduki peringkat terbaik di Mesir, menurut Times Higher Education (THE). Kampus ini cocok untuk “outlook internasional”.

11. Alexandria University, Mesir
Terletak di kota yang mengambil nama salah satu pemimpin militer terbesar sepanjang masa, Alexander Agung, Alexandria University menjadi kebanggaan karena alumninya menjadi pemenang Hadiah Nobel Kimia tahun 2009, yakni Ahmed Zewail.

12. Cairo University, Mesir
Kampus ini bisa ditempuh 25 menit dengan kendaraan dari Piramida Mesir. Universitas top di Kairo ini sangat baik bagi mahasiswa yang ingin mempelajari sejarah Mesir kuno. Times Higher Education (THE) menyebut kampus ini memiliki prospek internasional.

13. University of Jordan, Yordania
Yordania adalah salah satu negara yang paling stabil secara politis di kawasan Teluk, dan tercermin dalam standar pendidikan yang lebih tinggi. Jordan University adalah salah satu dari dua kampus di negara itu yang masuk 14 besar terbaik di dunia Arab.

14. University of Marrakech Cadi Ayyad, Maroko
Universitas top Maroko ini berbasis di kota kuno Marrakech. Kampus ini disebut sangat cocok untuk “outlook internasional”.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/06/22/65/1421928/kampusnya-osama-terbaik-di-dunia-arab