Daftar Negara Maju Paling Korupsi Di Dunia

Asalasah ~ Bukan hanya negara berkembang, negara maju juga ada korupsi loo. Setiap tahun, Transparency International, koalisi anti korupsi global, melepaskan Indeks Persepsi Korupsi. Survei tersebut untuk menunjukan ke masyarakat negara-negara paling korupsi di dunia.


Mengutip laman Business Insider, Jakarta, Senin (6/6/2016), sebagai catatan Transparency International, tidak ada cara keras dan cepat "untuk menilai tingkat absolut korupsi di negara atau wilayah atas dasar data empiris." Ini pada dasarnya adalah karena korupsi biasanya disembunyikan dari publik.

Tetapi menciptakan peringkat berdasarkan beberapa penelitian korupsi lainnya, dan memberikan 168 negara peringkat keluar dari 100, di mana 100 adalah yang paling korup dan 0 adalah yang paling korup. Hal ini membantu untuk memberikan ide yang cukup bagus dari mana di dunia yang paling korup.

Negara-negara dipandang sebagai paling korup cenderung di Afrika dan Timur Tengah, dalam masyarakat dengan sistem hukum dan pemerintahan yang lemah dan kemiskinan yang meluas. Misalnya, Somalia puncak daftar tahun ini, dengan Korea Utara dan Afghanistan di belakangnya.

Business Insider memutuskan untuk mengambil melihat orang kaya, negara-negara demokratis di mana korupsi paling marak. Untuk melakukannya, kita melihat posisi negara dalam Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dan kemudian memilih orang-orang dengan tingkat tertinggi korupsi.

1. Irlandia
Dengan skor 75 poin secara keseluruhan, Irlandia adalah salah satu negara kurang korup di seluruh dunia. Namun 2015 dokumenter dari jaringan TV RTE menunjukkan bahwa politisi di semua tingkatan di negeri ini telah salah menyatakan kepentingan mereka, dengan anggota dewan tertentu telah mencari pembayaran tunai sebagai imbalan atas jasa mereka.


2. Jepang
Sementara Jepang relatif tidak korup dengan standar global, catatan antikorupsi Portal GAN Integritas yang ada praktik tradisional (dikenal sebagai amakudari) menugaskan pejabat pemerintah pensiun ke atas posisi dalam perusahaan Jepang, bahkan jika mereka tidak memiliki pengalaman yang tepat.

3. Chili
Meskipun menjadi salah satu negara paling korup di OECD, Chili adalah salah satu yang paling korup di Amerika Latin, di mana negara-negara seperti Brazil, Venezuela, dan Paraguay yang penuh dengan suap dan penipuan. Secara keseluruhan, Chili mencetak 70 poin, tiga lebih sedikit dari indeks tahun lalu, yang berarti telah menjadi sedikit lebih korup dalam 12 bulan terakhir.

4. Estonia
Pada tahun 2012, Presiden Estonia, Toomas Hendrik Ilves, membantu melaksanakan tindakan anti korupsi untuk meningkatkan transparansi di sektor publik. Ia telah membantu meningkatkan Indeks Korupsi skor tumbuh 69-70.



5. Prancis
Prancis telah menjadi sedikit kurang korup dalam satu tahun terakhir, mendapatkan satu titik dan mencetak 70 dari 100, dan korupsi tidak secara besar-besaran luas. GAN mencatat bahwa "The KUHP mengkriminalisasi suap aktif dan pasif dan penyuapan pejabat nasional dan asing."

6. Portugal
Dalam sebuah survei Ernst & Young pada bulan Juni 2015, 83 persen dari warga negara Portugis mengatakan bahwa korupsi dan suap yang meluas di negara itu, dan pada tahun 2014, mantan Perdana Menteri Jose Socrates ditahan atas dugaan penggelapan pajak dan pencucian uang. Portugal mencetak 63 poin dalam Indeks Transparansi.

7. Polandia
Scoring 62 poin di Index, Polandia hanya meleset keluar untuk menjadi salah satu dari 10 negara OECD paling korup.

8. Israel

Negara termiskin OECD juga merupakan salah satu yang paling korup, mencetak 61 dari 100 di Indeks Persepsi Korupsi. Pada bulan Mei 2015, mantan Perdana Menteri Ehud Olmert didakwa secara ilegal mengambil lebih dari USD150.000 dari taipan Amerika. Siapa sangka pusat zionist yahudi dunia ini juga rawan korup.


9. Slovenia
Ada beberapa skandal korupsi tingkat tinggi di Slovenia dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya, pada 2013 dan 2014, ada protes massa terhadap Perdana Menteri Janez Janša dan pemimpin oposisi Zoran Janković karena mereka telah dituduh gagal untuk benar menyatakan aset pribadi mereka.


10. Spanyol
Sebelum pemilihan baru-baru ini, PM Spanyol Mariano Rajoy dituduh korupsi oleh tokoh-tokoh oposisi terkemuka, dan hanya minggu ini skandal baru memukul Populer Partai yang berkuasa, ketika 24 orang ditangkap atas tuduhan penyuapan. Secara keseluruhan, Spanyol memperoleh 58 poin dari Transparency International.


11. Republik Ceko
Dalam Persepsi Korupsi terbaru Index, Republik Ceko di 56 poin, naik dari 51 dalam survei tahun lalu. skor tampaknya mencerminkan akhir skandal korupsi politik besar, yang pada tahun 2013 menyebabkan Perdana Menteri Petr Necas dipaksa untuk mengundurkan diri.


12. Korea Selatan
Korupsi adalah masalah besar di Korea Selatan pada tahun 2015, dengan Perdana Menteri Lee Wan-koo dipaksa mengundurkan diri pada bulan April setelah dituduh menerima suap dalam catatan bunuh diri dari seorang pengusaha terkemuka. Korea Selatan mencetak 56 dari 100 pada indeks korupsi.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://economy.okezone.com/read/2016/06/05/320/1406939/ini-18-negara-maju-terkorup?page=3