Gara-Gara Punya Jenggot, Siswa Cum Laude Ini Gagal Wisuda

Asalasah ~ Semestinya, Andrew Jones sudah memegang ijazah kelulusan dengan predikat summa cum laude bulan lalu pada upacara wisuda di Amite High School, Amite City, Negara Bagian Louisana, Amerika Serikat.

Namun hanya karena penampilannya, siswa yang lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4.0 itu gagal diwisuda bersama teman-temannya di aula sekolah. Karena penampilannya, pihak sekolah mengusirnya dari upacara wisuda.
http://www.asalasah.com/2016/06/gara-gara-punya-jenggot-siswa-cum-laude.html
 
Pihak sekolah yang bernaung di bawah lembaga Tangipahoa Parish School Board tersebut, melarangnya ikut wisuda, tepatnya karena tidak berkenan dengan jenggot yang dimiliki Jones.

Pihak sekolah menyatakan, Jones melanggar kebijakan dress code untuk wisuda. Sementara pengawas sekolah, Mark Kolwe memberi pembelaan, bahwa sedianya Jones sudah diimbau untuk mencukur jenggotnya.

Jelang upacara wisuda, terdapat empat siswa yang datang dengan jenggot di wajahnya. Tiga di antaranya bersedia memangkasnya dengan pencukur yang disediakan pihak sekolah. Tapi tidak dengan Jones yang menolak memangkas janggutnya.

“Kebijakan sekolah tidak membolehkan siswa laki-laki memiliki rambut di wajahnya. Kebijakan ini sudah dijelaskan kepada siswa beebrapa kali jelang wisuda dan dia enggan mematuhinya,” sebut Kolwe, dikutip Daily Mail, Sabtu (18/6/2016).

“Orangtua siswa juga sudah berusaha meyakinkannya untuk bercukur. Tapi dia mengabaikannya dan sudah tugas sekolah untuk menegakkan aturan yang sudah ditetapkan. Sangat disesalkan, siswa seperti Andrew tak bisa ikut upacara wisuda yang hanya terjadi sekali seumur hidup,” imbuhnya.

Masalah ini turut jadi perhatian tokoh setempat, Pendeta Roosevelt Wright III dan anggota parlemen atau DPRD-nya Negara Bagian Louisiana, Katrina Jackson. “Secara tidak adil dia (Andrew Jones) diusir dari hari terpenting dalam hidupnya,” ungkap Jackson.

“Hal yang keliru untuk memaksakan kebijakan kepada seorang pemuda yang sudha bekerja keras mencapai cita-citanya. Siswa memang bertanggung jawab mengikuti aturan. Tapi kita sebagai orang dewasa juga harus mendukung mereka. Sebagai orang dewasa, kita tak bisa memaksakan aturan, tambahnya.

Sebagai bentuk simpati dan perhatiannya, Jackson dan Pendeta Wright III memprakarsai sebuah upacara wisuda istimewa untuk Jones. Wisuda istimewa tersebut akan digelar pada Jumat, 17 Juni 2016 pada pukul 7 malam waktu setempat (Sabtu, 18 Juni) di African-American Heritage Museum di Hammond.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/06/18/18/1418638/gara-gara-jenggot-siswa-cum-laude-gagal-wisuda