Pesawat yang Mendarat Secara Vertikal (VTOL) Vertical Take-Off and Landing

Asalasah ~ VTOL (singkatan dari Vertical Take-Off and Landing) adalah metode lepas landas dan mendarat secara vertikal. Pesawat dengan metode ini dirancang untuk digunakan tanpa memerlukan ruangan atau area yang cukup besar bagi lepas landas dan mendarat. Pesawat yang memiliki kemampuan ini umumnya adalah pesawat helikopter ataupun pesawat jet yang dirancang kusus yang umumnya digunakan oleh militer seperti Harrier, Yak-38 Yak-141 ataupun pesawat tempur JSF.

 
BAE-McDonell-Douglas AV8B
 
Selain jenis pesawat di atas ada pula pesawat yang menggunakan sistem tilt-rotor artinya dalam posisi lepas landas dan mendarat posisi baling baling rotor diubah arahnya ke atas sedangkan untuk terbang secara normal posisi rotor diubah arahnya menghadap kedepan laiknya pesawat turbo propeler biasa. Model pesawat ini adalah VH-22 Osprey milik AL Amerika Serikat.

Pada pesawat tempur, karena ketika lepas landas dalam operasi militer membawa persenjataan seperti rudal, roket dan bom yang menambah berat beban pesawat, maka ketika lepas landas dibantu oleh media peluncuran yang dinamakan Sky jump (papan luncur) dengan memanfaatkan luncuran pesawat ke udara serta daya dorong mesin. Sehingga bisa dikatagorikan psawat berkemampuan STOVL (Short take off and Vertical landing). Peralatan Sky Jump ini umumnya dijumpai pada kapal induk bertipe STOVL. Sedangkan pada pesawat Rusia (Yak-38) selain dikatagorikan STOVL juga dapat dikatagorikan sebagai pesawat berkemampuan VTOL sejati karena mesin yang digunakan berdaya dorong lebih besar dibandingkan Harrier.

Beberapa jenis pesawat jet canggih yang take off/landing vertikal antara lain :

1. Harrier
http://2.bp.blogspot.com/-jBevMpPPPE0/TZaohgjXSXI/AAAAAAAAAHo/MKv9cYnd4fg/s1600/h2.jpg
Harrier Jump Jet, secara resmi disebut sebagai “Harrier” atau informal sebagai “the Jump Jet”, adalah pesawat yang dirancang militer Inggris jet mampu Vertical/Short Takeoff and Landing (V/STOL) melalui dorong vector. Keluarga Harrier adalah hanya benar-benar sukses dari jenis dari sekian banyak desain yang muncul pada tahun 1960.

Ada empat versi utama dari keluarga Harrier: Hawker Siddeley Harrier, British Aerospace Sea Harrier, Boeing / BAE Systems AV-8B Harrier II , dan BAE Systems / Boeing Harrier II. Hawker Siddeley Harrier adalah versi generasi pertama dan juga dikenal sebagai AV-8A Harrier. Sea Harrier adalah sebuah pertahanan udara tempur angkatan laut. AV-8B dan BAE Harrier II adalah varian pesawat Harrier generasi kedua Amerika Serikat dan Inggris. Lihat videonya disini.

2. Yakolev YAK 38
Jenis pesawat tempur Yak-38 Forger merupakan pesawwat generasi pertama yang dioerasikan dikapal induk. Kelebihan Yak-38 adalah kemampuannya mendarat secara vertical (VTOL) sehingga sangat cocok berpangkalan dikapal induk. Tak hanya Rusia yang mengoperasikannya, Argentina yang pernah terlibat perang dengan Inggris juga mengoperasikan sejumlah Yak-38 dikapal induk Agostino Neto. Sebagai pengaman, Yak 38 sudah dilengkapi kursi pelontar. Selama dioperasikan, kasus ejection berlangsung sampai 31 kali dan semua pilotnya selamat.
 
https://2.bp.blogspot.com/-Ni0hoYKECoQ/VykEdbrihOI/AAAAAAAAo7U/p3ItCp83wLcemlzKncJ6sMqTvnHRRB1AwCLcB/s1600/k-Yakovlev%2BYak-38%2BForger%2B04.JPG
Persenjataan yang dimiliki Yak-38 untuk masa itu (1973-1987) termasuk sederhana seperti senapan mesin yang merupakan pinjaman dari Mig-21, ASP-PDF 21, rudal udara ke udara tipe ringan R-60 (AA-8 Aphid), rudal berbasis radio control Kh-23 (AS-7 Kerry), sejumlah roket dan bom seberat 500 kg.
 
3. Yakolev YAK 141
Yakovlev Yak-141 Freestyle
 
Yakovlev Yak-141 (pihak NATO menyebutnya dengan kode Freestyle), juga dikenal sebagai Yak-41, adalah pesawat tempur supersonik VTOL (Vertical Take Off and Landing)dari Uni Soviet. Penerbangan konvensional pertamanya berlangsung di Zhukovskii pada tanggal 9 Maret 1987, dengan pilot uji bernama Sinitsyn. Dia membuat penerbangan melayang (Hovering) pertama pada 29 Desember 1989. Serangkaian percobaan demi percobaan dilakukan oleh pesawat ini dan akhirnya pesawat inipun tidak masuk tahap produksi.Meskipun pengembangan dan proses produksinya tidak dilanjutkan lagi, tapi jet tempur Yak-141 dianggap sebagai pesawat berkecepatan supersonik pertama di dunia yang telah mengaplikasikan teknologi VTOL. Dan konon, berkat kerjasama dengan Biro Desain Yakovlev, pihak Lockheed Martin berhasil menggunakan teknologi VTOL pada pesawat siluman F-35 pada proyek JSF.
 
4. F-35 Lightning II
F-35 Lightning-1.jpg
F-35 Lightning II adalah hasil pengembangan dari pesawat X-35 dalam program Joint Strike Fighter. Pesawat ini adalah pesawat tempur berkursi tunggal, bermesin tunggal, yang dapat melakukan banyak fungsi, antara lain pertempuran udara-ke-udara, dukungan udara jarak dekat, dan pengeboman taktis. Pengembangan pesawat ini dibiayai oleh Amerika Serikat, Britania Raya dan beberapa negara lainnya. Pesawat ini dikembangkan dan diproduksi oleh industri kedirgantaraan yang dipimpin oleh Lockheed Martin serta dua rekan utamanya, BAE Systems dan Northrop Grumman. Pesawat demonstrasi pertama kali terbang pada tahun 2000, dan pesawat versi produksi pertama kali terbang pada 15 Desember 2006. Lihat videonya disini.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://junaricko.blogspot.co.id/2014/10/vertical-take-off-and-landing.html