Tujuh Makanan Mengenyangkan untuk Sahur

Asalasah ~ Banyak orang mengira mengonsumsi banyak makanan saat sahur akan membuat tubuh kuat menjalankan ibadah puasa seharian penuh. Padahal, itu adalah anggapan yang salah. Makan berlebihan saat sahur justru dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.
http://www.asalasah.com/2016/06/tujuh-makanan-mengenyangkan-untuk-sahur.html

Yang belum banyak diketahui orang adalah rasa kenyang bukan hanya tergantung dari seberapa banyak porsi makan, tetapi juga pilihan makanannya.

Ternyata ada banyak menu makanan yang jika dikonsumsi saat sahur justru memberikan efek dehidrasi dan kembung saat puasa. Untuk itu, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang membantu menjalankan ibadah puasa.

Berikut ini beberapa makanan ringan paling mengenyangkan untuk sahur dilansir dari Alarabiya.

Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber serat yang dapat memperlambat pelepasan energi dan menjaga Anda tetap merasa kenyang dalam waktu lama. Oatmeal bisa dibuat dengan cepat dan dicampur dengan susu untuk efek yang lebih mengenyangkan. Anda juga dapat sedikit menambahkan madu, buah-buahan kering maupun segar dan biji labu.

Selai kacang dan pisang

Selai kacang merupakan sumber protein yang sangat baik karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Keduanya memiliki efek mengenyangkan yang dapat dimakan bersama dengan roti gandum.

Pisang merupakan sumber pati yang resisten sehingga membantu mengenyangkan perut. Pisang juga dapat membantu mencegah timbulnya rasa lapar di siang hari.

Telur rebus

Telur dianggap sebagai sumber protein dan vitamin D. Meskipun telur dihindari oleh penderita kolesterol tinggi, namun makanan ini tidak menyebabkan kadar kolesterol darah dan lemak jenuh meningkat. Mereka yang menderita kolesterol tinggi diperbolehkan mengonsumsi dua butir telur dalam seminggu.

Semangka dan keju halloumi

Semangka adalah buah yang mengandung banyak air dan baik untuk melembapkan kulit. Kandungan kalorinya pun hanya 40 kalori per cangkir. Mencampur semangka dengan keju halloumi putih dapat memberi efek kenyang yang lama.

Jus buah

Tidak semua jus dapat membantu mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang lama saat berpuasa. Itu karena banyak jus yang mengandung kadar gula yang tinggi dan dapat membuat Anda merasa lapar dan haus.

Untuk itu, Anda dapat mengonsumsi jus yang dicampur dengan biji chia kering, yoghurt atau buah anggur tanpa biji. Seluruhnya dapat mengisi perut Anda selama berpuasa dan menjaga gula darah Anda agar tetap seimbang.

Bubur quinoa

Quinoa adalah sumber protein yang lengkap akan serat dan gluten yang berasal dari gandum. Anda dapat menambahkan santan dengan beberapa potong apel dan kayu manis sebagai menu sahur.

Yogurt

Yogurt bisa menjadi alternatif menu sahur ketika Anda tidak sempat memasak karena batas imsak yang telah tiba. Anda hanya butuh beberapa menit untuk mempersiapkan makanan ini dalam mangkuk. Pastikan untuk memilih topping yang mengenyangkan, seperti buah berry dan granola.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.viva.co.id/ramadan2016/read/782138-tujuh-makanan-ringan-mengenyangkan-untuk-sahur