5 Daerah Paling Sejuk di Indonesia, Serasa Berada di Eropa

Asalasah ~ Karena negara kita berada di tengah-tengah sehingga berada di garis khatulistiwa, hal ini menjadikan Indonesia memiliki kondisi cuaca cenderung panas. Iklim tersebut sangat menguntungkan masyarakat nusantara karena setiap hari selalu disinari matahari. Berbeda dengan negara-negara di Eropa sana yang cenderung dingin, bahkan jarang terkena sinar matahari.

Meski dilewati khatulistiwa, bukan berarti seluruh wilayah di Indonesia memiliki cuaca yang panas. Ada segelintir tempat yang memiliki suhu dingin layaknya di Eropa. Berikut ini adalah beberapa kota paling dingin di Indonesia.

1. Berastagi (Sumatra Utara)

Berastagi merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Letaknya kurang lebih 66 kilometer di tempuh dengan perjalanan darat dari Medan. Kecamatan ini diapit oleh dua gunung aktif, yakni Sibayak dan Sinabung.

Faktor geografis tersebut ternyata mempengaruhi kondisi suhu di tempat ini. Jika siang hari suhu di Berastagi mencapai 25 derajat, sedang untuk malam hari turun jadi 21 derajat celcius.

2. Lembang (Jawa Barat)
Sejak dulu kawasan Jawa Barat memang terkenal dengan udaranya yang sejuk. Sebagai contohnya adalah Lembang. Berlokasi 1.300 sampai 2.100 mdpl, Lembang menawarkan suhu yang dingin dan cocok bagi anda yang menginginkan tempat dingin.

3. Wonosobo (Jawa Tengah)
Bergeser ke timur, tepatnya di kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kabupaten yang berdiri sejak 1825 ini menjadi kawasan paling dingin di Jawa Tengah. Dengan ketinggian rata-rata 2.000 mdpl, tak mengherankan apabila suhu pada siang hari di tempat ini mencapai 18 derajat celcius. Bahkan ketika malam hari, suhunya akan turun hingga 13 derajat celcius.

4. Waghete (Papua)
Waghete berada di kabupaten Denyai, Papua. Tempat ini menawarkan cuaca dingin dan hampir jarang terkena panas matahari. Terletak di ketinggian 2.200 mdpl, suhu udara di Waghete bisa mencapai 10 derajat ketika malam hari.

Meski menawarkan suhu udara dingin, pemandangan alam yang indah, dan kondisi yang nampak asri, untuk bisa mencapai Waghete perlu usaha keras. Minimnya sarana transportasi untuk menuju Waghete menjadi tantangan tersendiri bagi turis yang ingin berlibur disini.

5. Mulia (Papua)
Masih di Papua, ternyata kota dengan predikat paling dingin se-Indonesia berlokasi disini. Lebih tepatnya di Mulia, kabupaten Puncak Jaya, Papua. Kawasan ini berlokasi di ketinggian 2.448 mdpl. Hal ini membuat suhu di Mulai bisa mencapai 15 sampai 10 derajat celcius.

Sayangnya Mulia dikenal masyarakat sebagai kawasan konflik. Faktor itulah yang membuat turis berpikir dua kali untuk mendatangi kota Mulia.
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.bacatulisan.com/2016/07/5-kota-paling-dingin-di-indonesia.html