Cara kreatif Bikin Catatan Sekolah Yang Anti Mainstream

Asalasah ~ Sekarang siswa-siswi udah mulai masuk sekolah lagi, mulai dari Kelompok Bermain, Taman Kanak – Kanak, Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan juga beberapa anak kuliahan. Untuk menyerap pelajaran, tak jarang setiap siswa harus mencatat apa yang guru atau dosen jelaskan. Tapi masalahnya banyak juga yang catatannya tidak rapi atau berantakan kayak ceker ayam. Alhasil bukannya makin paham pas belajar, tapi justru malah pusing baca catatan pelajaran atau catatan kuliah, ujung – ujungnya jadi males belajar.

Cara kreatif Bikin Catatan Sekolah Yang Anti Mainstream

Biar gak males belajar saat baca catatan pelajaran atau catatan kuliah, coba deh tiru pakai cara mencatat pelajaran yang rapi berikut ini !
Buat infografis yang keren dan informatif
Infografis, sesuai namanya yakni berarti informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafis. Infografis berbeda dengan infografik, infografis lebih mengacu ke grafis atau desain grafis, sedangkan infografik lebih menonjolkan info dalam bentuk grafik atau diagram.
Gunakan ilustrasi penunjang catatan
Orang cenderung lebih suka melihat tampilan visual berupa gambar daripada yang hanya tulisan aja. Maka dari itu agar catatan pelajaran atau catatan kuliah kamu makin rapi dan kamu juga jadi suka belajar, nggak males – malesan, coba deh bikin ilustrasi penunjang catatan yang asyik.
Selipin quote – quote yang bikin semangat
The power of words. Jangan sepelein kekuatan dari kata – kata. Coba deh kamu tambahin quote – quote di catatan kamu, quotenya bisa kamu tulis di bagian atas kertas catatanmu atau di bawah, terserah, yang penting gampang kamu lihat dan kamu baca. Asal jangan quote yang bikin baper ya, nanti takutnya kamu malah gak jadi belajar.
Buat infografik dari catatan kamu
Nah, kalau yang tadi berupa infografis, sekarang giliran yang infografik nih. Biasanya materi yang efektif untuk bisa kamu masukkin ke infografik adalah berupa data. Infografik di sini bisa berupa grafik atau diagram. Selain bisa merangkum data – data menjadi grafik atau diagram yang lebih visual, dengan membuat infografik maka catatan kamu bisa lebih ringkas karena hanya menampilkan data yang penting – penting saja, misal angka atau persentase.
Buat catatan kamu lebih berwarna
Oh ya, selain dibuat infografis dan juga diagram, coba deh kamu tambahin warna pada hal – hal yang kamu anggap penting, misalnya di bagian judul kamu bikin pake huruf  yang gede terus dikasih warna yang ceria. Di diagram batang atau diagram lingkaran juga akan makin enak dilihat kalau diberi warna.
Dibuat seperti cerita
Coba deh, kamu mungkin ingat cerita curhatan dari temen kamu, tapi kamu justru lupa daftar belanja dari ibu yang harus kamu beli di pasar. Ya, beberapa orang akan lebih ingat pada catatan yang berbentuk cerita, cirinya adalah catatan tersebut memiliki alur atau istilah sosmednya timeline atau lini masa. Coba aja kamu terapin ke catatan sekolah atau catatan kuliah kamu. Eh tapi, gak semua jenis pelajaran bisa dibuat cerita lho, jadi sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya !
Dibuat komik atau kartun
Seperti halnya cerita, catatan kamu juga bisa kamu selipin kartun atau komik. Bisa yang lucu – lucu walau gak nyambung asal bikin ketawa minimal senyum. Atau yang memang bisa kamu sambungin ke materi pelajaran atau materi kuliah yang lagi kamu catet.
Membuat catatan yang rapi dan cenderung artsy mungkin butuh waktu dan tenaga ekstra. Tapi kalau melihat efek jangka panjangnya yang bisa membuat kamu makin rajin belajar, bisa sukses ngerjain ujian dan bukan gak mungkin catatan kamu dipinjem gebetan, maka sah – sah aja kok, asikin aja lagi !  Belum lagi kalau suatu hari kamu bongkar – bongkar lagi catatan masa sekolah atau kuliah dan nemuin coretan atau kartun – kartun lucu buatan kamu kan bisa bikin kamu ketawa, minimal senyum lah.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://thesosmed.blogspot.co.id/2016/07/catatan-awal-sekolah-suka-berantakan.html