Cara Mengatasi Rasa Takut, Khawatir & Cemas Berlebihan

Asalasah ~ Setiap orang yang lahir di bumi pasti memiliki rasa takut, cemas dan khawatir karena hal tersebut merupakan hal yang alami, ya hal tersebut memang fitrah penciptaan manusia. Tapi ternyata orang khawati malah cendrung cerdas lo, coba baca artikel : Ternyata Orang Khawatir Berlebih Cenderung Lebih Cerdas.

Namun jika rasa ketakutan, kecemasan serta rasa khawatir berlebihan tentu saja hal ini akan membatasi diri anda untuk berkembang, tumbuh, berekspresi dan bersosial. Dan jika hal hal ini anda biarkan tentu saja tidak baik untuk kesehatan mental dan gangguan kesehatan umum seperti anxiety disorder (gangguan atau kelainan terhadap rasa takut, cemas dan kekhawatiran berlebihan) serta gangguan bipolar (gangguan kesehatan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrim).
 

Rasa takut, cemas dan khawatir bisa berwujud sebagai contoh berikut ini:

  • Rasa takut kehilangan yang berlebihan, takut berbuat atau mengawali sesuatu, takut gagal, takut dijauhi, takut tidak lolos seleksi atau ujian dll
  • Rasa cemas berlebihan seperti cemas hal buruk terjadi, cemas memikirkan masa depan, cemas hidup susah, cemas terhadap suatu hal dll
  • Rasa khawatir berlebihan seperti khawatir tidak segera mendapat jodoh, khawatir hal hal buruk terjadi, khawatir tentang suatu hal yang belum tentu terjadi dll.

Jika Anda saat ini termasuk orang yang mampu mengendalikan dan mengontrol rasa takut yang muncul dari dalam diri Anda, maka usahakan untuk selalu menjaga kestabilan diri Anda untuk mengontrol itu semua. Namun, jika Anda saat ini adalah salah satu diantara orang yang tidak memiliki kontrol diri dalam mengendalikan dan mengatasi rasa takut, rasa cemas dan rasa kekhawatiran yang berlebihan, maka Anda harus mencari solusi yang tepat untuk menghilangkan dan mengatasi rasa takut yang berlebihan itu, karena dampaknya akan menjadi penghalang bagi Anda dan orang disekitar Anda. Beberapa dampak buruk yang mungkin bisa terjadi pada anda jika anda tidak bisa mengontrol rasa takut, cemas dan kekhawatiran anda adalah sebagai berikut:

Penyesalan dikemudian hari
Ya apa yang anda takutkan, apa yang anda cemaskan dan apa yang anda khawatirkan belum tentu menjadi kenyataan dan jika anda diamkan tentu hal ini akan membatasi anda untuk mengawali atau memulai sesuatu sehingga akhirnya akan ada penyesalan di kemudian hari.

Penurunan kepercayaan diri
Ya tentu saja jika anda selalukhawatir, takut dan cemas berlebihan tentu akan berefek terhadap kepercayaan diri anda, anda akan merasa tidak percaya diri untuk melakukan hal apapun.

Mudah mengeluh, putus asa dan gelisah
Rasa takut, cemas dan kekhawatiran yang berlebihan hanya akan membuat anda selalu merasa gelisah karena anda tidak merasa nyaman dengan diri anda, selalu putus asa karena anda tidak mampu mengontrol diri dan belum siap menghadapi kegagalan dan kesulitan, dan selalu mengeluh jika menemui kesulitan.

Stres
Ya jika anda mengalami hal hal seperti poin diatas tentunya anda akan mudah stres karena anda mudah tertekan, lemah secara emosional dll

Mengalami kegagalan
Rasa cemas, takut dan anda khawatirkan akan menjadi kenyataan (kegagalan) jika anda selalu fokus terhadap rasa itu karena anda tidak akan sanggup memulai hal positif, berusaha bangkit dan hanya mencemaskan hal hal yang belum tentu terjadi dan tentu saja kegagalan akan menanti didepan mata anda.

Tips Efektif Mengatasi Rasa Takut, Cemas & Khawatir

Tips Efektif Mengatasi Rasa Takut, Cemas & Khawatir

Nah jika anda ingin mengatasi rasa takut, cemas dan kekhawatiran anda yang berlebihan berikut adalah beberap tips dan cara untuk mengatasi hal itu:

Mendekatkan diri dan selalu bersyukur
Rasa selalu bersyukur akan selalu membantu anda menghargai dalam segala seusatu yang anda dapatkan dan membantu anda ikhlas dalam menjalani segala cobaan dan kesulitan sehingga anda dapat menjauh dari rasa takut, cemas dan khawatir. Mendekatkan diri kepada Tuhan baik dalam berdoa dan beribadah akan memberi anda kekuatan untuk menjalani setiap liku kehidupan baik yang buruk ataupun yang baik.

Kenali penyebab dari rasa takut yang Anda alami
Cari tahu apa yang membuat anda takut, cemas atau khawatir. Setelah anda mengetahui kecemasan, ketautan dan kekhawatiran anda maka carilah solusi tersebut agar anda terhindar dari hal itu sebagai contoh saja jika anda takut tidak lulus ujian kenapa anda tidak rajin belajar agar anda lulus ujian? Jika anda cemas terhadap masa depan anda yang suram kenapa tidak mulai bekerja keras dari sekarang agar hidup anda dimasa mendatang lebih mapan? Jika anda khawatir diputus sama pacar anda, kenapa tidak mulai dari sekarang anda memperbaiki hubungan anda toh kalaupun anda tetap diputus pacar anda banyak jutaan wanita yang lebih baik kok diluar sana.
 
Menilai segala sesuatunya dari sisi positif
Seperti yang saya jelaskan pada poin teratas bahwa rasa takut, cemas dan khawatir hanya akan membatasi anda dari bersikap positif, membatasi diri, berkembang ,bersosial dll. Nah daripada anda memikirkan segala sesuatu yang belum semuanya terjadi pada hidup anda kenapa anda tidak berpikir dan bertindak positif mulai dari sekarang agar apa yang anda takutkan, cemaskan, khawatirkan tidak benar-benar terjadi.

Menghindari segala macam bentuk tekanan perasaan dan gangguan psikis
Menghindari segala bentuk tekanan bisa anda lakukan dengan melakukan hal hal positif yang bisa anda lakukan untuk menghindarkan anda dari bentuk tekanan baik mental atau psikis. Sebagai contoh jika anda takut diomeli guru gara gara selalu datang terlambat maka usahakan selalu bangun lebih pagi agar anda tidak diomeli, jika anda cemas dimarahi bos gara gara anda takut tidak mencapai target yang diinginkan perusahaan maka usahakan berpikir dan bekerja lebih keras agar target anda tercapai dsb.

Tidak mudah menyerah dan selalu berani untuk mencoba
Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, semua orang yang terbukti sukses di semua bidang yang ia geluti pasti pernah mengalami kegagalan. Jika anda hanya mencemaskan, menakuti, mengkhawatirkan, berkeluh kesah, putus asa, kegagalan anda dan tidak berusaha untuk bangkit kapan anda akan sukses dan memperbaiki kegagalan anda?

Tingkatkan rasa percaya diri pada diri Anda
Rasa percaya diri adalah hal utama bagaimana anda sukses. Perusahaan bonafit akan menyukai karyawannya yang memiliki kepercayaan diri tinggi, persahabatan akan berlangsung baik jika anda percaya diri, kesuksesan finansial akan diraih jika anda percaya diri untuk mencarinya bahkan dalam percintaan seorang wanita lebih menyukai pria yang penuh percaya diri, jadi jangan sampai ketakutan, kecemasan dan kekhawatiran anda membatasi kepercayaan diri anda.

Jangan pernah terbawa akan sesuatu yang mengarah pada hal negatif
Jangan mengikuti arus yang membawa anda ke hal negatif, jika anda melakukan hal hal negatif maka akan timbul kecemasan, ketakutan dan kekhawatiran. Jika anda selalu berjalan dan berpikir tentang segala hal yang positif apa lagi yang harus anda takutkan, cemaskan atau anda khawatirkan?

Tingkatkan kemampuan dan wawasan pada diri Anda
Dengan selalu belajar, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan akan membuat anda lebih smart, pandai, mengetahui banyak hal dan semakin meningkatkan kepercayaan diri.

Berpikri sebelum berbicara atau melakukan sesuatu
Dengan berpikir matang sebelum anda berbicara, memutuskan atau bertindak akan menghindarkan anda dari perbuatan salah sehingga anda tidak perlu takut, cemas atau khawatir.

Selalu rileks
Jika anda merasa nyaman, pikiran damai dan tenang kenapa anda harus takut, cemas atau khawatir. Cobalah berlatih metode yoga, meditasi, tai chi atau teknik relaksasi lain yang membuat pikiran anda damai dan tenang selain bermanfaat untuk kesehatan anda secara umum. Hindari stres dan cukup beristirahat.

Bersosial
Banyak teman, keluarga terkasih, rekan atau sahabat yang pengertian tentu akan membuat anda lebih bahagia dan menghindari ketakutan, kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan karena semua orang yang anda kasihi semua ada disamping anda yang akan siap membantu, berkomunikasi dan mendampingi anda jika anda mendapatkan kesulitan.

nah mungkin itu dulu yang dapat saya sampaikan tentang tips mengatasi rasa takut, cemas dan khawatir yang berlebihan. Tentu banyak lagi faktor yang bisa membantu anda dalam mengatasi hal ini, untuk itu jika anda memiliki pengalaman seputar mengatasi rasa cemas khawatir dan ketakutan berlebihan silahkan tambahkan di komentar.
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://sharetipsdancara.blogspot.co.id/2015/08/tips-efektif-mengatasi-rasa-takut-cemas.html