Contoh Simbiosis Mutualisme Di Ekosistem Darat

Asalasah ~ Tahukah anda jika di dunia binatang ternyata juga membantu binantang lainnya yang saling menuntungkan. Seperti burung dengan buaya, zebra dengan burung onta dll. Binatang apa sajakah itu??? Beikut contoh 7 Simbiosis mutualis binatang yang terjadi di daratan :
1. Buaya dan burung plover
Foto Simbiosis mutualisme antara buaya dan burung plover
Seperti yang kita tahu, buaya adalah binatang karnivora yang memakan binatang lain. Dia akan membuka mulutnya lebar-lebar, dan ketika seekor burung plover masuk ke dalam mulutnya, si buaya akan... diam saja membiarkan si burung plover mencari makan di mulutnya sekaligus membersihkan sela-sela gigi si buaya dari sisa-sia makanan. ^_^
2. Honey badger dan burung honeyguide
Foto Simbiosis Mutualisme Honey badger dan burung honeyguide
Burung honeyguide punya satu masalah, sebenarnya dia begitu ingin memakan madu yang ada di dalam sebuah koloni lebah, tetapi dia tidak punya nyali dan kemampuan untuk merampoknya. Maka dia pun bekerjasama dengan Honey badger, si binatang paling berani di dunia. Burung Akan menjadi tour guide bagi honey badger untuk menemukan sarang lebah madu, dan si burung akan mendapatkan keuntungan dari sarang lebah yang diporak-porandakan oleh si honey badger. Seperti yang kita tahu, berkat burung honeyguide ini, manusia bisa 3x lebih cepat dalam menemukan sarang lebah madu loh!!!
3. Burung kuntul dan mamalia darat
Foto Simbiosis mutualisme Burung kuntul dan mamalia darat
Egret atau burung kuntul senang makan kutu atau parasit yang ada di tubuh mamalia darat seperti kerbau, gajah, kudanil, dll. Berkat burung ini, para mamalia menjadi terbebas dari kutu, sementara si burung dapat mengobati rasa laparnya. Selain itu, burung kuntul memiliki kewaspadaan yang lebih dibandingkan dengan mamalia ini. Jadi terkadang, mereka juga menjadi semacam pemberi peringatan ketika ada bahaya.
4. Zebra dan burung oxpecker
Foto simbiosis mutualisme Zebra dan burung oxpecker
Burung Oxpecker bekerja seperti layaknya burung kuntul, tetapi lebih spesialis ke Zebra. Mereka makan kutu dan parasit dari punggung Zebra, serta menjadi alarm akan adanya bahaya yang datang bagi si Zebra. Namun terkadang, kerakusan burung Oxpecker ini justru membuat luka di punggung Zebra, karena mematuk lebih dalam untuk mendapatkan akar parasit untuk dimakan.
5. Zebra dan burung unta
Foto Simbiosis mutualisme Zebra dan Burung Unta
Burung Ocpecker bukanlah satu-satunya satwa yang bekerjasama dengan Zebra. Burung Unta, burung paling besar di dunia juga menjalin kerjasama dengan binatang bergaris-garis ini. Mereka akan saling memperingatkan jika ada bahaya. Burung Onta yang memiliki pendengaran dan penciuman yang buruk, dibantu oleh diperingatkan oleh Zebra yang pendengaran dan penciumannya baik. Sebaliknya, Zebra yang penglihatannya buruk, diperingatkan oleh burung Unta yang memiliki indera penglihatan jauh lebih baik. Keren kan???
6. Burung Pelatuk dan Semut Pohon
Foto Simbiosis Mutualisme Burung Pelatuk dan Semut Pohon
Bisa dibilang ini adalah simbiosis yang paling aneh di dunia. Pada dasarnya burung pelatuk dan semut adalah predator dan mangsanya. Namun ada satu spesies burung pelatuk yang bernama southern rufous woodbecker yang melakukan gencatan senjata ketika bertelur. Si burung akan bertelur di sarang semut pohon, di mana telur-telur tersebut akan dijaga oleh si semut. Sementara si burung pelatuk akan berjaga di luar agar sarang semut tersebut tidak diserang oleh burung lain. Nah loh!!!
7. Semut daging dan Kupu-kupu
Foto Simbiosis Mutualisme Semut daging dan Kupu-kupu
Pada dasarnya semut daging atau meat ant merupakan binatang yang teritorial dan hidup dalam kerjasama sebuah koloni. Mereka memakan bangkai binatang yang mati dan mengusir spesies semut lainnya. Namun ternyata mereka juga dapat bekerjasama dengan spesies lain seperti kupu-kupu dan belalang daun. Semut daging ini akan melindungi kupu-kupu atau belalang dari predator karena kupu-kupu atau belalang enghasilkan sesuatu yang dapat mereka makan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://faunague.blogspot.co.id/2013/06/7-simbiosis-mutualis-binatang-yang.html