Cukup Tidur Tapi Masih Mudah Ngantuk, Kenapa Ya?

Asalasah ~ Cukup Tidur Tapi Masih Mudah Ngantuk, Kenapa Ya? kalau sering terjadi, Jangan biarkan kondisi seperti itu terjadi pada diri anda. Setelah aktivitas seharian dan tubuh terasa sangat lelah, wajar jika anda merasa letih dan ngantuk berat. Tapi jika tidak ada faktor penyebab yang signifikan sehingga kantuk menyerang anda, mungkin saja ada kondisi medis yang mendasari hal ini.


6 Penyebab Mudah Ngantuk Dan Lelah Meski Tidur Cukup
Rasa kantuk merupakan salah satu sinyal yang dikirim oleh otak, yang mengharuskan tubuh anda untuk beristirahat. Begadang hingga larut malam menjadi pemicu ngantuk berlebihan pada keesokan harinya.

Tapi ngantuk juga dapat disebabkan oleh beberapa hal yang sama sekali berbeda. Bukan disebabkan oleh begadang ataupun kurang tidur.

Jadi, apa penyebab mudah mengantuk dan lelah? Jawabannya tidaklah sama pada setiap orang, karena faktor penyebabnya berhubungan dengan kondisi tubuh dan mungkin ada riwayat penyakit tertentu.

6 Penyebab Mudah Ngantuk Dan Lelah Meski Tidur Cukup

Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Iya kalau rutinitas anda hanya duduk di depan meja kantor sepanjang hari sih tidak terlalu bermasalah. Bagaimana kalau sering menguap terjadi pada seseorang dengan profesi tertentu yang berisiko, seperti pengemudi dan sebagainya. Nah, berikut ini adalah penyebab rasa kantuk meskipun istirahat cukup:

1. Terlalu banyak makan

Jika ingin hidup sehat, makanlah saat lapar dan berhenti sebelum kenyang. Perut yang terlalu kenyang oleh makanan membuat tubuh harus menyediakan insulin dalam jumlah besar, untuk memecah makanan tersebut.

Kondisi ini menyebabkan pankreas menjadi kewalahan, karena harus menghasilkan insulin dalam jumlah banyak. Efeknya adalah timbul rasa kantuk dan lelah.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh secara berlimpah juga berdampak kurangnya oksigen dalam tubuh, sehingga makin mudah saja bagi anda untuk mengantuk.

2. Kurang berolahraga

Rutinitas harian sangat memengaruhi stamina tubuh. Kebiasaan duduk berlama-lama di depan komputer tapi jarang berolahraga, sangatlah buruk bagi kesehatan tubuh anda.

Banyak duduk sedikit gerak akan menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar. Dampaknya adalah distribusi oksigen kurang lancar, sehingga tubuh mudah lelah dan mengantuk.

Jangan duduk terlalu lama, selingi dengan berjalan keluar ruangan selama 30 menit. Lakukan olahraga ringan dan peregangan otot akan sangat membantu untuk melancarkan aliran darah.

3. Tubuh kurang cairan

Gaya hidup modern pada umumnya lebih mengutamakan kesenangan daripada kesehatan. Tubuh anda lebih membutuhkan asupan air putih dibandingkan minuman berkafein maupun soda.

Kekurangan asupan air dapat menyebabkan dehidrasi, yang pada akhirnya mengakibatkan lambatnya metabolisme tubuh dan kecepatan jantung untuk memompa oksigen.

Lebih dari 75% otak tersusun atas air. Dehidrasi akan mengakibatkan sulit konsentrasi, tidak fokus, dan mudah ngantuk.

4. Kurang darah

Mudah mengantuk biasa terjadi pada penderita anemia. Defisiensi zat besi menyebabkan produksi sel darah merah menurun, sehingga jumlah oksigen yang harus diedarkan ke seluruh jaringan dan sel tubuh sangat kurang. Kekurangan asupan oksigen juga terjadi pada bagian kepala, pastinya kondisi ini berakibat mengantuk.

5. Kadar gula darah melonjak

Penderita diabetes memiliki kadar gula yang tinggi dalam darah, dimana glukosa sulit diubah menjadi energi. Kekurangan energi akan berakibat mudah lelah dan kantuk.

Glukosa sulit dipecah menjadi energi pada penderita diabetes tipe-2, disebabkan kesulitan dalam menggunakan insulin. Sedangkan penderita diabetes tipe-1 mengalami kekurangan insulin, yang berakibat metabolisme glukosa tidak berlangsung dengan baik.

Lagi-lagi kekurangan energi menjadi penyebab anda mudah mengantuk. Untuk mengatasinya, silahkan konsultasi dengan dokter untuk mengobati penyakit tersebut.

6. Beban fikiran

Bukan hanya kondisi fisik saja yang dapat menyebabkan mudah menguap, tapi kondisi psikis juga dapat memicu masalah ini. Fikiran yang tidak segar, stres, depresi, kesal, dan penat menjadi faktor pemicu rasa kantuk yang berat.

Impian yang tidak terwujud dan ambisi yang berlebihan dapat membuat seseorang merasa sangat lelah. Jalani saja apa yang mampu anda lakukan. Tidak semua target anda harus terlaksana. Anda sudah berusaha dengan baik, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri. Jaga rasa percaya diri dan tetap berusaha tapi agak santai saja.

Nah, itulah faktor penyebab ngantuk meski tidur cukup. Solusinya dengan mengatasi setiap kondisi medis yang mendasarinya. Jika penyebabnya sudah teratasi, maka tubuh pun lebih bugar dan berenergi. Mungkin kondisi di atas terjadi pada diri anda?

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.kinisehat.com/2016/07/penyebab-mudah-ngantuk-lelah-tidur.html