Fakta Bayi Baru Lahir Yang harus Kamu Ketahui

7 Fakta Unik Tentang Bayi Yang Baru Dilahirkan
Asalasah ~ Akui saja jika melihat  bayi baru lahir pasti gemes ya sob namun juga diiringi rasa takut, ini kecil banget aman ga ya dipegang.! mungil dan lucu tentunya. Tapi, dibalik itu semua, ternyata bayi yang baru lahir memiliki keunikan tersendiri dibandingkan orang dewasa.

Berikut adalah 7 Fakta Bayi Baru Lahir Yang harus Kamu Ketahui:

Beberapa fakta tersebut memang agak terdengar aneh, namun hal itu nyata adanya.

1. Bayi memiliki struktur tukang yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Terdengar aneh ya sob jika kita melihat dari sisi fisik bayi yang mungil. Mana mungkin bayi sekecil itu justru memiliki tulang yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Faktanya, Bayi yang baru lahir memiliki struktur tulang yang berjumlah 300 dalam tubuhnya, sedangkan orang dewasa hanya memiliki 206 tulang saja. Perbedaan tersebut terjadi karena beberapa tulang pada bayi akan menyatu seiring dengan pertumbuhan tubuhnya.

2. Tidak memiliki air mata saat menangis.

Pernah gak, sobat asalasah melihat air mata pada bayi yang baru lahir? Ternyata bayi yang baru lahir tidak mengeluarkan air mata pada saat menangis. Hal ini biasa terjadi pada bayi yang berusia dibawah 12 minggu. Penyebabnya adalah belum berkembangnya secara saluran air mata pada bayi.

3. Indera Perasa pada bayi baru lahir

Bayi yang baru dilahirkan ternyata memiliki indera perasa yang lebih baik dari orang dewasa. Bayi dapat merasakan berbagai jenis rasa seperti manis, pahit, ataupun pedas. Tapi uniknya, bayi yang baru lahir tidak dapat merasakan rasa asin.

4. Bayi baru lahir tidak memiliki tulang rawan

Mungkin buat sobat yang sudah bekeluarga pernah melihat proses kelahiran bayi ya. dimana kita bisa melihat kepala bayi bisa lentur pada saat keluar dari mulut rahim. Hal tersebut terjadi karena bayi belum memiliki beberapa tulang rawan seperti tempurung kepala ataupun tempurung pada lutut. Tulang rawan tersebut akan tumbuh seiring berkembanya usia bayi.

5. Bayi baru lahir menghasilkan susu

Kasus ini terjadi pada beberapa bayi, baik laki-laki maupun perempuan. Penyebabnya adalah kandungan hormon pada bayi yang cukup tinggi saat ia berada dalam rahim. Namur air susu yang dihasilkan juga masil dalam kadar yang sedikit ya sob dan tentu saja hal ini normal terjadi dalam hitungan hari.

6. Rambut Halus pada bayi yang baru lahir

Ibu-ibu yang sudah pernah hamil, mungkin pernah ya merasakan gatal di seluruh tubuh pada saat hamil. Rasa gatal tersebut dikarenakan adanya proses pertumbuhan bulu halus pada tubuh bayi yang disebut Lanugo.

Lanugo sendiri berfungsi untuk mengatur suhu tubuh bayi pada saat berada dalam kandungan.

7. Menstruasi pada bayi perempuan.

Sebenarnya menstruasi yang dimaksud tidak seperti haid pada orang dewasa. Hanya saja pada bayi perempuan biasanya mengeluarkan darah pada saat buang air. Penyebabnya adalah, tingginya kadar hormon esterogen yang dimiliki bayi perempuan pada saat dalam kandungan.

Itu tadi ya, 7 Fakta Bayi Baru Lahir Yang harus Kamu Ketahui, semoga bisa menjadi pengetahuan buat sobat. Jika sobat merasa artikel saya ini bermanfaat, silahkan sobat share.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://lanjutshare.blogspot.co.id/2016/07/7-fakta-unik-tentang-bayi-yang-baru.html#.V4Qqe6LB2Uk