Hal Yang Jadi Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur

http://www.asalasah.com/2016/07/hal-yang-jadi-penyebab-siklus.htmlAsalasah ~ Terkadang ada mamah muda yang setelah melahirkan, untuk mencegah kehamilan yang terlalu dekat ia konsumsi obat oral seperti pil kb ataupun dengan melakukan program kb injeksi triwulan atau perbulan. Alih alih agar tak secepatnya hamil lagi, malah yang di dapatkan menstruasi jadi tidak teratur. Kenapa ini bisa terjadi? Sebenarnya apa sih menstruasi itu?

Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh wanita yang terjadi sebagai bentuk persiapan tubuh terhadap kehamilan. Sekitar sebulan sekali, tumbuh lapisan baru (endometrium) pada rahim untuk dibuahi sel telur. 

Ketika tidak ada sel telur yang dibuahi, lapisan rahim tersebut akan luruh. Inilah yang disebut dengan menstruasi. Umumnya, siklus menstruasi terjadi dalam rentang waktu 28 hari, tapi ada juga orang yang mengalami rentang siklus menstruasi selama 21 hari.

Dalam setahun, biasanya menstruasi terjadi sekitar 11 – 13 kali. Bila Anda malah mengalami periode menstruasi lebih atau kurang daripada jumlah tersebut, berarti siklus menstruasi Anda tidak teratur.
Siklus menstruasi yang tidak teratur juga menyebabkan menstruasi terlambat datang atau sama sekali tidak terjadi.

Penyebab Siklus Menstruasi tidak teratur

1. Stres

Saat stres, tubuh akan menurunkan jumlah hormon gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH) yang bisa menyebabkan terlambat haid. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan solusi mengatasi stres agar menstruasi kembali teratur.

2. Sakit

Penyakit adalah penyebab terlambat haid. Anda tidak perlu khawatir karena hal ini biasanya bersifat sementara saja dan siklus menstruasi akan kembali normal saat Anda sembuh. Namun, jika menstruasi tetap tidak teratur padahal Anda sehat, segera hubungi dokter.

3. Perubahan jadwal

Perubahan jadwal kerja bisa menjadi penyebab terlambat haid. Misalnya, Anda biasanya bekerja pada pagi hari lalu berubah menjadi malam hari. Nah, perubahan jam kerja ini bisa membuat terlambat haid.

4. Obat

Metode pengobatan atau obat tertentu juga bisa membuat terlambat haid. Biasanya, ini adalah efek samping dari pengobatan yang sedang Anda jalani tersebut. Nah, Anda bisa berbicara dengan dokter terkait perubahan dan efek samping tersebut.

5. Kegemukan

Terlalu gemuk atau mengarah pada obesitas bisa menjadi salah satu faktor penyebab terlambat haid. Pasalnya, saat berat badan berlebihan, hormon secara otomatis akan menggeser siklus menstruasi Anda atau bahkan menghentikannya.

6. Terlalu kurus

Kekurangan berat badan alias terlalu kurus juga bisa membuat siklus menstruasi tidak teratur hingga terlambat haid. Inilah yang dinamakan amenorrhea.

7. Menopause

Menopause adalah masa di mana Anda tidak akan berovulasi sehingga tidak akan mengalami menstruasi lagi. Menopause pun bisa terjadi lebih cepat karena proses seperti kemoterapi.

8. Kehamilan

Kehamilan adalah penyebab terlambat haid yang paling banyak dialami para wanita. Anda bisa memastikannya dengan melakukan tes kehamilan yang menggunakan urine.

Bila selama ini anda seorang ibu yang punya pengalaman dengan haid yang tidak teratur, maka coba pahami apakah anda punya persoalan dari beberapa penyebab diatas. Jadi sebelum berkonsultasi ke dokter kandungan ada baiknya anda dapat menyelesaikan persoalan tersebut. Jika memang hal yang kemungkinan anda duga menjadi penyebabnya, sudah teratasi namun haid anda belum lancar, barulah pergi ke ahlinya adalah solusi terakhir.
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.wajibbaca.com/2016/07/inilah-8-penyebab-siklus-menstruasi-tak.html