Kenapa Kuku Mudah Patah dan bagaimana cara Mengatasinya?

Asalasah ~ Bagi cowok kuku patah mungkin bukanlah hal yang begitu dipikirkan, namun bagi cewek kuku juga merupakan bagian tubuh yang tak luput dari perhatian agar bisa terlihat sempurna. Ya tidak hanya kulit dan rambut saja yang mendapatkan perawatan, kuku juga bagian tubuh wajib yang harus mendapatkan perawatan.

Ada banak cara untuk merawat kuku agar terlihat lebih cantik. Namun masalah besar datang ketika kuku menjadi rapuh dan mudah patah. Kuku yang mudah patah akan sangat mengganggu penampilan, selain bentuknya yang tidak rata, kita juga sangat susah untuk memanjangkan kuku karena harus meratakan panjang kuku yang lain dengan kuku yang patah tersebut.

Nah agar anda tidak dibuat pusing dengan masalah kuku yang sering patah, kami akan memberikan informasi tentang penyebab kuku patah dan cara mengatasinya. Berikut penjelasannya.
Penyebab Kuku Mudah Patah Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kuku sering Patah Dan Cara Mengatasinya

Penyebab kuku mudah patah

1. Kekurangan zat besi

Penyebab pertama kuku mudah patah yaitu karena kuku kekurangan zat besi. Hal ini dikarenakan zat besi selain sangat penting untuk kekuatan tulang juga sangat penting untuk kekuatan kuku. Zat besi merupakan zat yang memproduksi hemoglobin yang merupakan zat untuk kekuatan kuku. Kekurangan zat besi akan menyebabkan kuku mudah patah, tulang keropos, anemia dan lain sebagainya.

2. Kekurangan vitamin B

Selain zat besi, vitamin B juga merupakan mineral penting yang berperan dalam kekuatan kuku juga rambut. Kekurangan vitamin B akan menyebabkan kuku menjadi rapuh dan mudah patah, begitu juga dengan rambut, ramput juga akan mudah patah dan rontok ketika kekurangan vitamin B. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, tentu anda harus memenuhi kebutuhan vitamin B anda.

3. Keadaan kulit dan kuku yang kering

Kondisi kulit yang kering juga akan menyebabkan kuku ikut kering. Hal inilah yang juga menjadi penyebab kuku menjadi mudah patah. Untuk mengatasi hal ini, tentu anda harus menjaga kelembaban kulit dan kuku anda agar tidak kering.

4. Sering mengetik

Sering mengetik, baik di komputer ataupun di ponsel juga menjadi penyebab kuku menjadi mudah patah. Hal tersebut wajar karena kuku bersentuhan langsung dengan permukaan yang keras setiap waktu. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, baiknya anda ubah cara mengetik anda dengan menggunakan jari atau jangan sampai kuku bersentuhan dengan keyboard.

5. Kebiasaan menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Hal ini dikarenakan kuman yang terdapat pada kuku dapat masuk ke dalam tubuh melalui mulut sehingga menyebabkan penyakit. Selain itu kebiasaan menggigigit kuku juga menyebabkan kuku menjadi rapuh dan mudah patah.

6. Bahan kimia

Kuku mudah patah juga bisa disebabkan karena kuku sering terkena bahan kimia. Bahan kimia bisa dari cat kuku yang sering anda gunakan. Nah hal itulah yang membuat kuku menjadi rapuh serta mudah patah.

Kuku mudah patah mungkin juga disebabkan oleh penyakit yang anda derita. Ada beberapa penyakit yang berimbas pada rapuhnya kuku sehingga kuku menjadi mudah patah. Diantara penyakit yang berimbas pada kuku adalah penyakit hipotiroid, fenomena raynaud, penyakit kulit seperti psoriasis, alopesia, areata, gangguan endokrin, malnutrisi atau penyakit jamur.

Cara mengatasi kuku yang mudah patah

Untuk mengatasi kuku yang rapuh dan mudah patah tentunya anda harus menghindari hal-hal yang telah kami disebuhkan diatas. Selain itu anda juga diwajibkan untuk melakukan perawatan agar kuku menjadi lebih kuat. Berikut tips agar kuku menjadi lebih kuat dan dan tak mudah patah
  • - Melakukan perawatan manicure
  • - Mengkonsumsi suplemen magnesium
  • - Penuhi kebutuhan protein yang cukup
  • - Memotong kuku secara teratur dan merata
  • - Hilangkan kebiasaan mengigit kuku
  • - Penuhi kebutuhan nutrisi untuk kuku seperti zat besi, vitamin B dan lain sebagainya
  • - Gunakan pelambab tangan tanpa alkohol, hal ini dikarenakan alkohol menyebabkan kuku kering
  • - Hindari menggunakan kuku untuk menggali atau mengikis sesuatu
  • - Menggunakan sarung tangan ketika harus bersentuhan dnegan produk yang mengandung bahan kimia
  • - Gunakan penguat kuku seminggu sekali, ingat seminggu sekali jangan terlalu sering
  • Demikianlah informasi tentang Penyebab Kuku Mudah Patah Dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.perawatankulitwajah212.com/2016/07/penyebab-kuku-mudah-patah-dan-cara-mengatasinya.html