Kenapa Perut Sakit Sekali Saat Menstruasi Hari Pertama? Ini Penjelasan Detailnya

Asalasah ~ Nyeri haid/ menstruasi dalam bahasa medis disebut dismenore pada umumnya adalah hal normal di kalangan wanita usia subur. 

Dismenore adalah nyeri haid yang sedemikian hebatnya, sehingga memaksa penderita untuk istirahat dan meninggalkan pekerjaan sehari-hari untuk beberapa jam atau beberapa hari.Nyeri tersebut biasanya diiringi dengan rasa mual, sakit kepala, lemas dan mudah sekali tersinggung.

Penyebab sakit perut saat menstruasi biasanya berpangkal pada mulainya proses menstruasi itu sendiri yang merangsang otot-otot rahim untuk berkontraksi. Kontraksi otot-otot rahim tersebut membuat aliran darah otot-otot rahim menjadi berkurang yang berakibat meningkatnya aktivitas rahim untuk memenuhi kebutuhannya akan aliran darah yang lancar, juga otot-otot rahim yang kekurangan darah tadi akan merangsang ujung-ujung syaraf sehingga terasa nyeri. Nyeri tersebut tidak hanya terasa di rahim, namun juga terasa di bagian-bagian tubuh lain yang mendapatkan persyarafan yang sama dengan rahim. Oleh karena itu, rasa tidak nyaman juga dirasakan di bagian-bagian tubuh yang digunakan untuk buang air besar, buang air kecil, maupun otot-otot dasar panggul dan daerah sekitar tulang belakang sebelah bawah.

Apakah Nyeri Perut Saat Haid Berbahaya ?

Bahaya sakit perut yang tidak tertahankan saat haid ini tergantung tingkat keparahan sakit, apabila sakitnya masih dalam hal wajar banyak dokter yang menyebutkan bahwa itu hal yang wajar.Namun,jika sudah mengganggu aktivitas dan kehidupan sehari-harinya tentu bisa menjadi tanda bahaway yang patut di waspadai.

Dalam keadaan normal lamanya haid berkisar antara 3- 7 hari dan rata-rata berulang setiap 28 hari. Keluhan ini merupakan ginekologi yang paling umum dan banyak dialami wanita.Kendati demikian tidak diketahui secara pasti penyebabnya, beberapa faktor dapat memengaruhi yakni ketidakseimbangan hormon dan faktor psikologis.

Satu Informasi Menyebutkan Bahwa Nyeri Saat Menstruasi Bisa Bikin Wanita Mandul, apakah itu benar ?

Apakah anda mendengar bahwa jika wanita sering mengalami nyeri perut yang hebat pada saat menstruasi hal itu akan mempengaruhi kesuburan wanita dan sulit untuk hamil ? Mari kita bahas lebih lanjut mengenai hal ini . 
 
Banyak wanita yang mengalami sakit saat haid, namun belum tentu itu merupakan ketidaknormalan. Perlu pemeriksaan lebih lanjut apakah sakit saat haid yang anda alami masih normal atau perlu perawatan intensif.

Wajar-wajar saja jika wnita mengalami nyeri haid akibat kontraksi rahim yang meningkat saat menstruasi. Akan tetapi jika nyeri tersebut berlebihan dan terjadi hampir setiap bulan, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah nyeri tersebut hanya nyeri haid biasa ataukan disebabkan karena suatu penyebab lain.

Penyebab nyeri haid berlebihan :

  • Endometriosis (pertumbuhan jaringan endometrium di luar rahim)
  • Adenomiosis
  • Penyakit Kista
  • Miom / fibroid
  • Efek samping pemasangan IUD
  • Penyempitan leher rahim
  • Dll.

Memang pada beberapa penyakit seperti endometriosis, kista dan miom berpotensi menjadi penyebab ketidaksuburan pada wanita terganggu dan menyebabkan sulit untuk hamil.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan ada/tidak nya gangguan-gangguan tersebut terutama jika nyeri yang dialami berlebihan. Sebagai penanganan sementara, kompres hangat pada perut dan punggung bawah, berolahraga teratur dan antinyeri seperti parasetamol / ibuprofen / asam mefenamat dapat digunakan untuk meredakan nyeri yang muncul.
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://apotiknew.blogspot.com/2016/07/penyebab-sakit-perut-tidak-tertahankan.html