Pengobatan Tonsilitis Akut atau Amandel

Asalasah ~ Assalamualaikum.
Saya ingin berbagi dengan tuan dan puan para pembaca tentang suatu penyakit yang sering terjadi pada kita terutama kepada anak-anak yang disebut Tonsilitis Akut atau Radang Amandel. Sebelum kita bercerita lebih jauh mari kita tinjau terlebih dahulu apa itu organ yang disebut amandel.
Apa itu Tonsil?

http://www.asalasah.com/2016/07/pengobatan-tonsilitis-akut-atau-amandel.html

Tonsil adalah sejenis jaringan limfoid yang merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh. Jaringan limfoid ini terdiri dari sejenis sel disebut limfosit yang penting untuk bertindak melawan penyakit. Ada 3 jenis tonsil yang ada di rongga mulut: -
1. Adenoids - tonsil yang terletak di belakang hidung2. Lingual tonsils - amandel di belakang lidah3. Palatine tonsils - amandel di tenggorokan yang kita bicarakan.

Apa itu radang amandel atau tonsilitis?
Jaringan limfoid adalah bagian dari sistem kelenjar limfatik seluruh tubuh dan daerah usus yang bisa membengkak jika ada infeksi. Misalnya kelenjar limfatik di leher, bisa membengkak jika ada jankitan di dalam mulut misalnya. Pembengkakan ini adalah reaksi terhadap infeksi untuk menghasilkan lebih banyak sel untukmelawan penyakit.
Jadi ketika ada infeksi di dalam tenggorokan, sebagai salah satu sistem limfatik, amandel ini akan menjadi bengkak dan menjadi radang yang disebut tonsilitis atau radang amandel.

Apa penyebab dan gejala radang amandel?


Tonsilitis dapat disebabkan oleh infeksi virus atau infeksi bakteri di dalam tenggorokan. Infeksi bakteri seperti streptokokus dapat menyebabkan amandel bengkak dan bernanah. Infeksi virus seperti Epstein Barr Virus, adenovirus atau measles bisa juga menyebabkan pembengkakan amandel juga.
Antara gejala radang amandel adalah: -1. Sakit tenggorokan yang kadang2 parah2. Tidak dapat menelan atau sakit saat menelan3. Demam yang kadang2 sangat tinggi4. Sakit kepala dan sakit-sakit badan5. Suara serak atau hilang suara6. Kadang-kadang ada pembengkakan pada leher.7. Mulut berbau busuk8. Mendengkur waktu tidur
Gambar menunjukkan gambar tonsil yang bengkak dan kadang-kadang tumbuh keputihan seperti nanah pada tonsil.
Komplikasi Radang AmandelRadang amandel biasanya terjadi di dalam usia 3 tahun ke atas. Anak-anak berusia 2 tahun ke bawah biasanya jarang terkena amandel ini meskipun tidak terkecuali. Paling sering adalah berumur di dalam lingkungan 5-15 tahun.
Yang sering menjadi masalah bagi ibu-bapa adalah anak yang sering demam akibat tonsilitis. Adakalanya setiap 2 bulan ibu dan ayah akan datang ke klinik karena masalah ini. Ini melibatkan biaya obat dan waktu.
Karena usia yang sering terkena adalah dari golongan usia sekolah, ada anak-anak yang terpaksa mengambil cuti panjang dari sekolah karena masalah ini. Ini menyebabkan anak-anak tertinggal di dalam mata pelajaran dan menyebabkan hasil pemeriksaan tidak beberapa memuaskan. Anak yang sering sakit akan merasa rendah diri dan pertumbuhannya juga bisa terganggu.
Tonsilitis kebanyakan tidak berbahaya. Ada kasus terisolasi infeksi bakteri yang menyebabkan septikemia atau kuman yang menyebar ke dalam pembuluh darah. Ada juga yang mengaitkan infeksi amandel ini dengan penyakit Acute glomerulonephritis (sejenis infeksi ginjal) dan rheumatic fever (penyakit bawaan sejenis bakteri yang dapat menyebabkan masalah jantung).
"Sleep apneoa" atau penyakit berhenti bernapas saat tidur bisa disebabkan oleh pembekakan tonsil yang sangat besar sehingga mengganggu pernapasan. Biasanya dikaitkan dengan tidur mendengkur dan kesulitan bernafas saat tidur.
Perawatan Radang Tonsil.
Pada umumnya, saya cuma memberi obat lozenges atau hisap untuk meredakan nyeri. Thymol gargle atau Difflam gargle juga dapat diberikan untuk mengurangi peradangan dengan cara berkumur (bagi anak-anak yang bisa). Saya juga pernah tersandung dengan teman dokter yang memberikan peptidase atau papase untuk mengurangi pembengkakan tonsil tetapi bagaimana effektifnya saya pun tidak pasti.


Ada juga yang memberi obat tahan sakit seperti parasetamol atau ibuprofen untuk tujuan menahan sakit.
Obat antibiotik akan diberikan jika amandel itu disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya antibiotik yang diberi adalah dari jenis penicillin seperti amoxycillin atau ampisilin. Kadang-kadang saya juga memberi antibiotik dari jenis cephalosporin atau eritromisin. Saya sangat jarang memberi antibiotik bertenaga nuklir seperti Zithromycin atau Augmentin karena saya menerapkan prinsip memberi antibiotik yang sederhana dahulu sebelum memberi yang kuat.Pembedahan membuang tonsil atau tonsillectomy adalah jalan terakhir untuk menghindari radang amandel dari berulang-ulang. Ada pendapat ahli yang menyatakan bahwa membuang tonsil dapat mengurangi sedikit sistem pertahanan tubuh. Oleh hal yang demikian, pembuangan tonsil perlu dilakukan secara berhati-hati.
Untuk tujuan itu, Anda harus berkonsultasi dengan spesialis THT untuk ahli memutuskan membuang tonsil. Spesialis THT memiliki aturan dan perkara2 yang perlu diteliti sebelum operasi dilaksanakan dan pasien harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu seperti infeksi amandel yang sering seperti 3 episode infeksi setahun selama 3 tahun berturut-turut dan beberapa kriteria lainnya. Pembedahan adalah singkat dan biasanya anak-anak cuma duduk selama 2-3 hari di dalam kamar sebelum diizinkan pulang setelah operasi jika tidak demam dan tidak ada pendarahan.
Salam ...


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://drazwan.blogspot.co.id/2008/05/acute-tonsilitis-dan-perawatannya.html