Penyakit Osteomielitis, Penyebab, Gejala dan Pengobatan Infeksi Tulang

Asalasah ~ Osteomielitis atau infeksi tulang merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi yang terjadi pada tulang. Gejala dari Osteomielitis salah satunya adalah adanya  rasa sakit dan nyeri yang terjadi di daerah tulang yang terkena. Infeksi Tulang (Osteomielitis) tergolong  infeksi serius yang membutuhkan pengobatan yang cepat dengan obat antibiotik. Pengobatan dengan jalan operasi biasanya diperlukan jika infeksi menjadi parah atau persisten. Osteomielitis paling umum dapat terjadi  tulang beberapa  panjang di kaki (femur, tibia dan fibula) , tapi bagian tulang lainnya juga dapat terkena, seperti di bagian belakang atau lengan.
http://4.bp.blogspot.com/-2zkZE8GSNA8/UMzcw9U-_HI/AAAAAAAAArw/omraib9NNkA/s1600/ostemyelitis.jpg

Penyebab Infeksi Tulang (Osteomielitis)

Penyebab terjadinya Infeksi pada tulang (Osteomielitis) adalah bakteri yang disebut staphylococcus aureus, yang biasa ditemukan pada kulit atau di hidung. Jika beberapa kuman ( bakteri ) menetap di bagian kecil dari tulang, mereka dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi. Bakteri bisa masuk kedalam tulang melalui aliran darah masuk ketika seseorang cidera. Osteomielitis dapat terjadi pada orang yang baru saja mengalami patah tulang, baru menjalani operasi tulang, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, memiliki kelainan darah, atau menjalani dialisis ginjal. Orang yang memiliki kondisi tersebut lebih berisiko terhadap terjadinya infeksi tulang.

Gejala Infeksi Tulang (Osteomielitis)

Gejala yang terjai pada orang yeng terkena infeksi tulang, secara umum akan merasakan sakit pada tulang serta mengalami demam. Pada Infeksi Tulang akut gejala, demam terjadi secara tiba tiba, area yang mengalami infeksi biasanya akan membengkak serta lembut saat disentuh, kesulitan bergerak, serta adanya pembengkakan kelenjar getah bening di dekat bagian tulang yang mengalami infeksi.

Sementara itu pada penyakit infeksi tulang kronis, gejala yang dapat terlihat adalah nyeri tulang, perasaan lelah yang terjadi secara terus menerus, nanah mengalir dari saluran sinus ( lorong yang berkembang di dekat tulang yang terinfeksi), pembengkakan pada area infeksi, perubahan kulit, keringat berlebihan serta tubuh mengalami panas dingin.

Pengobatan dan Perawatan Pada Infeksi Tulang (Osteomielitis)

Dalam mengatasi Infeksi Tulang (Osteomielitis) biasanya pasien akan segera diberikan obat Antibiotik. Tujuannya adalah untuk menghentikan penyebaran membunuh kuman ( bakteri ) yang sering menyebabkan osteomielitis.

Gejala-gejala dapat menetap cukup cepat setelah pasien mengkonsumsi antibiotik. Penderita mungkin harus minum obat selama 4-6 minggu tetapi, jika Anda memiliki infeksi berat, bisa saja pasien harus mengkonsumsi obat antibiotik hingga dua belas minggu. Hal ini untuk memastikan semua infeksi telah hilang dari tulang.

Untuk mengontrol rasa sakit pasien biasanya akan diberi obat penghilang rasa sakit dan jika pasien memiliki infeksi pada tulang panjang ( seperti tangan atau kaki ) Pasien mungkin dilengkapi dengan belat agar pasien tidak terlalu banyak bergerak yang dapat memperburuk kondisi.

Selain diboati dengan antibiotik, sebagian penderita biasanya memelukan operasi dan bahkan harus diamputasi. Operasi dilakukan jika pada infeksi terdapat abses, hal ini karena adanya abses tersebut perlu dikeringkan. Selain itu, operasi perlu dilakukan jika infeksi menekan atau mengganggu pada struktur penting lainnya.Operasi juga perlu dilakukan pada infeksi tulang  (Osteomielitis) kronis.
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.referensisehat.com/2015/05/gejala-penyebab-mengatasiinfeksi-tulang-osteomielitis.pdf.html