Penyebab muntah, efeknya bagi tubuh dan cara pengobatannya

Asalasah ~ Ketika seseorang sakit terkadang juga mengakibatlam muntah  beberapa gejala yang cukup menggangu seperti kepala pusing berlebihan, tidak enek badan, rasa lemas, hingga muntah.

Kenapa kita bisa mengalami muntah? Muntah terjadi karena tubuh sedang bereaksi dengan benda asing yang berusaha masuk ke tubuh sehingga tubuh tidak ingin menyimpan dan berusahah melawan sehingga terjadilah proses muntah.

https://syariel15.files.wordpress.com/2011/07/termuntah.jpg

Alur dari muntah di awali dengan gejala mual yang menyarang perut kemudian disertai dengan keluarnya makanan yang dicerna oleh lambung, makan yang keluar bisa makan yang masih utuh atua hanya sekedar caiaran saja.

Ketika seseorang mengidap suatu penyakit  maka kebiasaan muntah  adalah hal yang wajar saja namun jika berlebihan dapat menyebabkan  masalah pada tubuh hingga dalam masalah yang serius  dapat menyebabkan kematikan karna  kekurangan asupan zat pendukung tubuh, seperti kasus muntah Ber, dan muntah secara terus menerus.


Agar hal ini tidak terjadi, nah dalam artikel kali kita kita akan mengulas mengenai Penyebab muntah serta perawatannya, efek muntah bagi tubuh serta cara mengobati muntah secara alami. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnnya simak ulasan berikut ini.

#Apa itu muntah ?

Muntah adalah perasaan tidak enak diperut yang ditandai dengan rasa mual diperut dilanjutkan dengan keluarnya makanan dan minuman yang berada di dalam perut melalui mulut.
 

#penyebab muntah

Penyebab muntah dan efeknya bagi tubuh serta cara penanganan dan pengobatan dari gejala muntah
Biasanya pada umumnya muntah hanya disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak enek badan seperti sakit, namun ada ternyata ada beberapa penyabab lain seseorang bisa muntah dan mengeluarkan isi perut yang telah ia makan, diantaranya sebagai berikut :
 

1. Gangguan pada saluran pencernaan
Gangguan pada lambung dapat memicu peradangan pada lambung sehingga perut berusaha mengeluarkan isi makanan yang ada.
 

2. Kepala pusing
Kepala pusing sering mengalami pikiran yang berat dan putar -  putar apalagi jika ditandai dengan peradangan selaput otak yang menyababkan rasa mula di perut dan terjadilah muntah.
 

3. Keracunan makanan
Seperti difinisi muntah bahwa tubuh kemasukan benda asing dan tubuh tidak ingin menerima itu dan berusaha mengeluarkannya, pengertian ini sama halnya dengan kejadian keracunan makanan dimana tubuh berusaha keras mengeluarkan racun yang ada ditubuh.
 

4. Alergi terhadap makanan
Sama dalam kasus keracunan makanan, hanya beda keracunan dan alergi, bagi penderita yang alergi dengan makanan laut jika mengkonsumsinya bisa mengalami muntah –muntah.
 

5. Makan berlebih
Jangan disangkat makan secara berlebihan itu sehat dan makian banyak nutrisi dan gizi yang masuk makin banyak manfaat yang didapat, ow, pendapat ini tentu salah.


Tubuh telah memiliki batasan jumlah asupan makanan yang bisa ditampung dalam sekali makana, jika berlebih siap-siap deh muntah. Jadi initnya semua itu perlu keseimbangan dan jangan berlebih-lebihan dalam segala hal apalagi masalah makanan.
 

6. Mabuk kendaraan – makanan dan minunam
Bagi orang yang tidak tebiasa naik bis biasanya akan mabuk, istilah mabuk kendaraan terbagi atas tiga macam :

  • Mabuk laut : naik kapal, marina, perahu, dll
  • Mabuk darat : naik mobil, bis, kereta api, dll
  • Mabuk udara : pesawat terbang, helikopter
Maka dari itu bagi anda yang mabuk menggunakan salah satu dari ketiga hal tersebut lebih baik menggunakan obat anti mabuk kendaraan terlebih dahulu sebelum bepergian.

Selain dari mabuk kendaraan mabuk seperti minum – minuman keraspun dapat memicu muntah.
 

7. Sakit pada tubuh
Sakit pada tubuh dapat memicu muntah-muntah seperti sakit ginjal, sakit perut, sakit usus besar dan lain sebainya.
 

8. Bermain sesuatu hingga perasaan pusing
Kejadian ini pernah saya alami ketika saya bermain geme playstion, karna saya tidak menemukan kode pemecahan tersebut membuat kepala saya pusing berat akhirnya tampa saya sadari terjadi muntah. Hal ini sama indikatornya dengan kepala pusing.

#Tips yang dilakukan ketika terjadi muntah secara berlebihan

Ketika teman anda mengalami muntah apa yang harus dilakukan? Pertolongan pertama pada muntahpun harus anda kuasai, pemahaman tentang cara membantu korban yang sedang muntah dapat anda terapkan ketika hal ini terjadi, langkah-langkahnya sebagai berikut :
 

1. Bantu korban yang muntah dengan mengusap bagian belakang tubuh
Ketika penderita mengalami muntah anda bisa membantu proses muntah yang sedang berjalan dengan menepuk pelan di bagian belakang tubuh korban, hal ini bertujuan agar proses pengeluaran cairan makanan dapat berjalan dengan baik.
 

2. ketika terjadi muntah berikan munuman setelah selesai
Korban yang telah selesai muntah sebaiknya segara diberikan minuman yang hangat-hangat dan manis, seperti minuman teh manis, atua yang lebih simpel dapat menggunakan madu.
 

3. jangan memberikan makanan ketika terjadi muntah terus menerus
Biasanya gejala muntah terjadi 2 sampai 3 kali. Jika hal ini terjadi sebaiknya anda tidak memebirikan makakan apapun pada korban agar proses muntah tidak terjadi lagi.
 

4. istirahatkan korban ketika muntah sudah reda
Jika korban sudah agak mendingan, istirahatkan korban agar kondisi korban merasa lebih tenang dan tidak pusing
 

5. jika muntah disertai darah atau muntah secara terus menerus tampa henti, segara larikan korban kerumah sakit
Ada beberapa jenis muntah yang berbahaya, jika proses muntah disertai dengan gejala seperti muntah berdarah, muntah secara terus menerus, sebaiknya korban harus segara diberikan pertolongan yang lebih akurat.
 

#Cara mengobati muntah secara alami

Biasanya setelah terjadi muntah korban akan mengalami tubuh yang lemas namun lebih terasa enakan, untuk itu penderita perlu di istirahatkan serta anda dapat memberikan racikan herbal untuk mengurangi gejala mutah berikutnya. Langkah-langkahnya sebagia berikut :
 

Ramuan mengatasi muntah (1) – bahan dan alat :
  • 15 gram jehe
  • 20 gram kunyit
  • 2 – 4 buah kapulaga
  • 7 butir cengkeh
  • 15 gram asam jawa
  • Gula aren
  • 400cc air bersih
Cara pembuatan : 
cuci bersih semua bahan yang ada, bagi bahan yang memiliki kulit, kupas kulitnya. Siapkan panci yang telah di isi dengan air sebanyak 400cc, rebus hingga mendidih, ketika air sudah berkurang ½ nya, angkat dan dinginkan setelah itu saring. Cara penggunaanya yaitu dapat dikonsumsi secara rutin hingga muntah-muntah sembuh sebanyak 2 kali sehari.
Ramuan mengatasi muntah (2) – bahan dan alat :
  • Satu setengah jari kencur
  • Garam secukupnya
Cara pembuatan :
Cuci kencur hingga bersih, kupas kulinya. Cara penggunaan langsung konsumsi secara mentah kunyah hingga halus, ampasnya bisa dibuang ataupun bisa langsung ditelan tambahkan sedikit garam agar menambah cita rasa, atau madu bagi yang suka dengan rasa yang manis.

Ramuan mengatasi muntah (3) – bahan dan alat :

  • 1 sendok teh adas
  • 20 gram kencur
  • 1 sendok teh  jinten hitam
  • Gula merah secukupnya
  • 400 cc air bersih
Cara pembuatan :
Siapkan alat dan bahan yang akan diperlukan, cuci bersih bahan terlebih dahulu, selanjutnya tumbuk dengan lesung semua bahan, tidak perlu terlalu lumat. Siapkan panci yang telah berisi air 400cc, masukkan semua bahan dan rebus hingga mendidih hingga airnya berkurang menjadi 200cc. angkat dan dinginkan terlebih dahulu, lalu saring. Cara penggunaan yaitu dapat dikonsumsi 2x sehari setelah makan.
Ramuan mengatasi muntah (4) – bahan dan alat :
  • 1 buah pala
  • 2 sendok teh madu
  • Air panas secukupnya
Cara pembuatan :
Buah pala dikupas, lalu diambil isinya lalu digiling hingga halus. Cara penggunaan seduh dengan air panas tambahkan madu, konsumsi 1x sehari.
Ramuan mengatasi muntah (5) – bahan dan alat :
  • 20 gram temulawak
  • 1 jari kayu manis
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 20 gram temu kunci
  • 400 cc air bersih
Cara pembuatan :
Siapkan alat dan bahan, tumbuk semua bahan hingga halus, rebus semua bahan dengan air sebanyak 400 cc hingga berkurang menjadi 200cc, dinginkan lalu saring. Cara penggunaan minum 2 kali sehari secara rutin.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Penyebab muntah serta perawatannya, efek muntah bagi tubuh serta cara mengobati muntah secara alami.


Memang muntah bukanlah suatu penyakit namun muntah adalah tanda dari suatu penyakit di dalam tubuh.


Samahalnya dengan batuk, muntah juga merupakan sinyal oleh tubuh bahwa tubuh sedang terdapat suatu penyakit baik itu ringan maupun serius.


Agar dapat memastikan hal itu perlu pengecekan melalui rumah sakit terdekat untuk mengetahui kesehatan anda.


Semoga artikel yang singkat ini dapat menamah wawasan dan pengetahuan anda mengenai cara mengatasi muntah yang baik. Sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://maobati.blogspot.co.id/2016/07/penyebab-muntah-dan-efeknya-bagi-tubuh.html