Ternyata Puasa Malah Tingkatkan Produktivitas Kerja! Ini Alasannya

Asalasah ~ Jika selama ini Anda menjadikan puasa sebagai alasan kurang fit, produktif dan semangat bekerja bisa dibilang semua anggapan tersebut adalah salah. Yang membuat Anda menjadi tidak produktif saat bekerja di bulan puasa, bukanlah karena puasa namun karena kebiasaan lain yang pada akhirnya membuat Anda tidak produktif.
http://4.bp.blogspot.com/-doe1sAenybk/U7DMYTU5JRI/AAAAAAAAAcs/7jigFLwy5zk/s1600/semangat-kerja_work2.jpg

Dalam artikel berikut ini akan mengupas mengapa pada akhirnya dengan berpuasa saat bekerja justru memberikan Anda kesempatan dan waktu lebih untuk produktif.

1. Bisa karena terbiasa

Di awal bulan puasa mungkin Anda akan merasa lemas dan kehilangan semangat untuk beraktivitas, namun setelah hari-hari berikutnya tubuh Anda kemudian sudah mulai terbiasa dan menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada. Dari sinilah kemudian akan terbentuk mindset yang membuat Anda menjadi lupa dengan keterbatasan yang ada (makan dan minum) dan mulai melakukan kegiatan beradaptasi dengan situasi yang ada. Dengan demikian bisa dipastikan Anda akan bisa menjalankan aktifitas sepanajang hari hingga waktu berbuka tiba.

2. Memperlancar pekerjaan
Bulan puasa juga memungkinkan Anda untuk bekerja lebih cepat dan tentunya lebih lancar dengan menghiarukan semua kebiasaan yang biasanya dilakukan. Apakah itu melihat email terlalu lama karena tubuh merasa lebih segar dengan cemilan yang ada, hingga kebiasaan melihat dan mencari menu makan siang atau restoran mana yang ingin Anda kunjungi saat makan siang nanti. Dengan meghiraukan semua kebiasaan tersebut secara otomatis pekerjaan Anda bisa berjalan lebih lancar dengan fokus dan konsentrasi yang ada.

3. Mengurangi kebiasaan buruk
Jika selama ini Anda termasuk pegawai yang gemar merokok di bulan puasa ini kebiasaan tersebut bisa dikurangi. Dengan demikian waktu Anda di kantor menjadi lebih efisien dengan menghentikan kebiasaan istirahat merokok saat jam kerja. Anda pun terlatih untuk menjaga nafsu dan emosi saat bulan puasa dengan berfokus kepada pekerjaan.

4. Menghemat uang
Puasa saat di kantor juga bisa membuat Anda lebih hemat, mengapa demikian? hal ini tentunya sangat berpengaruh bagi Anda yang gemar jajan, membeli snack hingga kopi yang harganya terbilang tidak murah. Di bulan puasa Anda bisa lebih mengontrol pengeluaran Anda paling tidak selama sebulan dan terhindar dari pengeluaran yang berlebihan dan tidak diperlukan setiap hari.

5. Meningkatkan konsentrasi

Secara alami tubuh dan pikiran Anda bisa jauh lebih fokus saat bulan puasa, hal itu dikarenakan karena berhentinya sementara kebiasaan istirahat, santai dan menikmati makanan saat jam kerja. Dengan demikian waktu Anda bisa diluangkan lebih untuk menyelesaikan tepat waktu anpa ganggunag dan godaan apa pun.

6. Menyehatkan tubuh
Jika selama ini Anda kerap mengkonsumsi makanan yang berlebihan saat bekerja, merokok terlalu banyak dan mengkonsumsi jajanan hingga minuman yang tidak baik untuk kesehatan, maka di bulan puasa tubuh Anda diberikan kesempatan untuk istirahat dan mebersihkan diri. Dengan demikian Anda pun akan merasa lebih ringan, segar dan tentunya sehat.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.suara.com/lifestyle/2016/06/30/191600/5-alasan-puasa-meningkatkan-produktifitas-kerja