China Wujudkan Bus Besar Berbentuk Terowongan yang Anti Macet

Asalasah ~ Mei lalu, di facebook dan media sosila lainnya heboh beredar kabar bahwa China akan menciptakan Bus Besar Berbentuk Terowongan yang Anti Macet. Rumor tersebut juga diperkuat dengan beredarnya foto-foto konsep bus itu. Ternyata, itu bukan sekedar hayalan, China benar-benar membuat bus canggih ini.
http://www.asalasah.com/2016/08/china-wujudkan-bus-besar-berbentuk.html
Menurut Xinhua News, seperti dilansir The Verge (3/8/2016), bus canggih yang disebut TEB-1 atau Transit Elevated Bus itu mulai melakukan uji coba pertama di kota Qinhuangdao timur, di Provinsi Hubei, pada Selasa (2/8) waktu setempat.


(foto via Bored Panda)

Dalam foto yang beredar di internet menunjukkan bus itu memiliki panjang 72 kaki, lebar 25 kaki dan tinggi kira-kira 16 kaki. TEB-1 mampu menampung 300 penumpang sekaligus dalam satu kali jalan.

Lalu bagaimana cara bus sebesar ini melewati kemacetan?


Bus ini disebut bus mengangkang, di mana lebar badannya melebihi batas jalan, sementara setengah bagian bawah badannya lenggang dan bisa dilalui mobil.

Jadi, ketika beroperasi bus ini akan tetap maju meski jalanan sedang macet parah lantaran roda bagian kiri dan kanannya berada di pingiran jalan dan bagian badannya mengangkang.

Wah, canggih betul ini bus, cocok untuk Jakarta!
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.wowmenariknya.com/2016/08/wow-china-ciptakan-bus-canggih-yang-bisa-melewati-kemacetan.html