Inspirasi Cara Menolak Memberi Hutang

Asalasah ~ Ngutang, bukanlah sebuah perbuatan tercela (asalkan kamu bayar tepat waktu) dan bukan juga perbuatan yang memalukan (asalkan gak keseringan). Saat upah dari tetesan peluh mu tak cukup, saat receh di celengan ayam mu tak bisa membantu maka saat itu pula rasanya "minjem duit" adalah saat yang pas. Bujuk rayu pun dilancarkan demi pemulus hasil. Namun jika temen kamu yang terkenal bayar utang nya lama atau bahkan utang kemaren ke kamu aja belum lunas tapi mau minjem lagi, Maka tak salah kamu untuk menolaknya. Nih gue kasih tips-tips nolak proposal pengajuan utang.
1. Tolak dengan Halus
Jika memang kamu sama-sama lagi pas-pasan banget, maka utarakan lah keadaan real financial kamu dengan jelas agar si peminjam mengerti. Tapi jika sebenarnya kamu punya punya simpanan lebih, tapi si peminjam ini ada di blacklist kamu, maka berikanlah alasan-alasan yang logis seperti "maaf bro, gue juga ada keperluan yang butuh biaya agak gede nih" atau "maaf ngga bisa nih, listrik ama ledeng juga gue nunggak 2 bulan" tapi jangan beri alasan berlebihan kaya gini "maaf bro, uang gue ngga tau lenyap kemana padahal kemaren masih ada, digondol beruk ngepet kali ya ?" Dan juga seperti ini "waduh bro, uang gue udah abis bro. Barusan gua pake buat investasi di proyek Hambalang".
2. Pasang muka lebih memelas dari si peminjam
Biasanya orang yang mau minjem duit nih ya, mukanya bakal ke mode memelas. Tak peduli seberapa galak kepribadian asli orang tersebut. Tentu itu sudah menjadi naluri manusia untuk menarik simpati lawan bicara. Nah kalau kamu mau nolak dia, maka kamu harus pasang muka yang lebih memelas lagi dibanding muka melas si peminjam. Maka si peminjam yang alih-alih mengharapkan empati dari kamu malahan kamu yang dapet empati dari dia, bisa juga kamu malahan yang malahan dikasih pinjem duit gara-gara sangat kasiannya sama muka kamu. Eh ?

3. Nomer gue ganti
Kadang ada juga orang yang jaraknya jauh dari kita tapi minjem uang nya sama kita. Nah Biasanya tipe ini ngomongnya lewat sms. Ketika mulai ada pesan masuk dari dia dengan isi "bro, gue minjem duit (lagi) dong ?" Maka langkah yang harus kamu ambil adalah jangan ladenin sms itu biarkan dia lelah sendiri. Dan ketika kalian saling bertemu lalu dia menanyakan "eh lu ko ngga bales-bales sms gue yang kemaren sih ?" Jawab saja "yang mana ? Sorry gue ganti nomer".
4. Nolak pake Multimedia
Ketika teman lo bilang untuk kesekian kalinya "Bro, minjem duit lagi dong".
Biar lebih taktis kamu ngga usah ngomong apa-apa, kamu langsung play saja audio atau video ceramah tentang hukum menunda-nunda membayar hutang atau biar lebih ekstrim putar aja azab bagi orang yang enggan membayar hutang. Ampuh kan ?
Nah sekarang ngga bingung dan takut lagi kan buat nolak temen yang sering minjem duit tapi lama bayarnya ?. Okeh selamat mempraktekan...
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://janganbrisik.blogspot.co.id/2016/02/tips-ngeles-anti-mainstream-buat-nolak.html